Home » 13+ Jenis Tanaman Hias Daun: Sejuk Buat Rumah!

13+ Jenis Tanaman Hias Daun: Sejuk Buat Rumah!

Ada banyak jenis tanaman hias daun yang membuat rumah Anda menjadi sejuk. Meskipun tidak berbunga, tanaman berdaun ini akan mempercantik rumah Anda baik untuk indoor maupun outdoor.

Di bawah ini, kami telah menyiapkan beberapa jenis tanaman hias yang berdaun namun tidak berbunga. Hampir semuanya mudah dirawat dan cocok untuk berbagai musim, lho.

Jenis Tanaman Hias Daun beserta Nama Latinnya

Sebelum mulai ke nama-namanya, mungkin Anda perlu mengerti definisi dari tanaman ini. Jenis tanaman hias daun adalah tanaman hias yang terdiri dari dedaunan.

Yang membuat tanaman ini menarik adalah bentuk dan warna daunnya yang menawan. Beberapa di antaranya bahkan ada yang dijual dengan harga jutaan, lho. Namun ada juga yang harganya terjangkau namun indah.

1. Daun Suplir

Tanaman hias yang satu ini sangat mudah ditemukan di pedesaan. Sekarang pun setiap rumah bisa menanamnya dengan mudah.

Karakteristiknya adalah daun bulat kecil dan warnanya tegas. Tanaman ini sangat mudah dibudidayakan dan tidak suka terpapar matahari langsung. Oleh karena itu, Anda harus meletakkannya di tempat yang rindang.

2. Sirih Gading

Sirih Gading adalah tanaman yang mudah sekali tumbuh di mana saja. Anda bisa membiarkannya merambat di tanah, meletakkannya di dalam pot gantung, atau menaruhnya di dalam vas berisi air tanah.

Warnanya hijau kekuningan, lebih banyak kuningnya. Masyarakat Tionghoa menganggap tanaman ini memiliki hoki. Dan tentu saja, kehadirannya membantu menetralisir polutan di udara sekitarnya.

3. Gelombang Cinta

Daun dari tanaman ini sangat cantik, seperti gelombang yang ujungnya berbentuk lancip. Bahkan ada jenis yang bisa tumbuh sangat besar dan dihargai jutaan rupiah, lho.

Warna daunnya cenderung hijau tua hingga kehitaman. Mungkin karena bisa tumbuh sampai sangat lebar dan besar, tanaman ini sangat digemari para pecinta tanaman pada saat itu.

Saat ini Gelombang Cinta masih digemari, namun harganya sudah jauh lebih murah dan terjangkau. Tanaman ini tidak bisa terpapar matahari langsung dan butuh kelembaban.

4. Begonia rex

Tanaman yang satu ini disebut Begonia rex karena memiliki warna yang cantik dan daunnya berbentuk seperti kelopak bunga. Tanaman ini tidak membutuhkan banyak cahaya langsung sehingga Anda bisa menjadikannya dekorasi di dalam rumah.

Warna yang keluar dari tanaman ini adalah perpaduan dari hijau, ungu, dan silver; sangat cantik. Pastikan tanahnya selalu lembab namun memiliki drainase yang bagus, ya.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya adalah tanaman hias yang bermanfaat. Selain bisa menjadi tanaman hias yang mempercantik ruangan dan taman, Anda bisa memanfaatkan gel-nya untuk berbagai kepentingan.

Tanaman ini bisa disiram sekali dalam tiga minggu. Yang penting ketika menyiram Anda memberinya air yang cukup banyak.

6. Spider Plant

Tanaman yang satu ini mudah tumbuh di mana saja. Daunnya seperti tidak pernah mati dan selalu melimpah.

Anda bisa menanamnya di tanah, di pot, maupun digantung begitu saja. Dan sebaiknya, tanaman ini tidak terpapar sinar matahari langsung. Pastikan tanah tempat lembab namun jangan lembek agar tidak busuk.

Manfaat dari Spider Plant adalah kemampuannya dalam menyaring polusi di dalam ruangan. Selain itu, tanaman ini juga jago menyerap aroma tidak sedap.

7. Lidah Mertua

Lidah Mertua atau Pedang-Pedangan atau Sansevieria ini adalah tanaman berdaun keras yang cukup favorit di kalangan pemilik rumah. Cara merawatnya sangat mudah bahkan tidak memerlukan banyak air.

Tanaman ini bisa berada di tempat teduh, terang, maupun yang banyak sinar matahari. Namun pastikan tanamannya tidak terpapar matahari langsung, ya.

Lidah Mertua hanya perlu disiram beberapa kali dalam satu minggu. Bahkan sebaiknya Anda tidak memberinya terlalu banyak air agar tidak busuk.

8. English Ivy

Apabila Anda mencari tumbuhan yang mudah tumbuh dan kuat, English Ivy bisa menjadi pilihan yang tepat. Tanaman ini suka tempat yang teduh sehingga cocok apabila diletakkan di dalam rumah.

Anda perlu menyiram tanaman ini setiap hari namun dengan air secukupnya saja. Pastikan tanah tetap lembab agar tanaman ini terus tumbuh dengan baik.

9. Philodendron

Philodendron adalah jenis tanaman yang bisa tumbuh subur di iklim tropis. Anda bisa meletakkannya di luar maupun di dalam ruangan.

Namun pada dasarnya, tanaman ini suka sekali dengan sinar matahari dan lingkungan lembab. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan mataharinya cukup, ya.

Tanaman ini tidak hanya mempercantik rumah Anda namun juga berguna untuk lingkungan. Kemampuannya menyerap partikel debu dan polutan lainnya sangat membantu membersihkan udara di sekitar Anda.

10. Kaktus

Tanaman yang satu ini cukup tahan dengan sinar matahari. Bahkan beberapa di antaranya tidak bisa kena hujan sama sekali.

Ada kaktus yang tumbuh besar dan tinggi. Namun beberapa kaktus juga cocok untuk diletakkan di pot.

11. Monstera

Monstera yang masuk dalam keluarga Araceae ini banyak dicari oleh pecinta tanaman hias. Bentuk daunnya yang berlubang membuat tanaman ini unik dan menarik. Pertumbuhannya bisa cukup besar dan lebar.

12. Aglaonema

Tanaman berdaun ini mudah tumbuh di hutan hujan tropis. Apabila berniat memiliki tanaman ini, pastika udara dan kelembabannya tepat. Aglaonema tidak membutuhkan cahaya matahari yang banyak.

13. Tanduk Rusa

Platycerium atau Tanduk Rusa adalah jenis tanaman hias daun tebal yang tahan segala musim. Daunnya berjuntaian sehingga terlihat indah dan karismatik.

Tanaman ini hanya perlu disiram seminggu sekali saja. Bahkan Tanduk Rusa bisa tahan terhadap kekeringan, sehingga Anda bisa meletakkannya di dalam rumah selama beberapa hari untuk hiasan.

14. Kuping Gajah

Kuping Gajah atau Anthurium crystallinum adalah jenis tanaman daun yang cukup populer. Daunnya cukup tebal dan lebar, namun memberikan kesan teduh dan sejuk.

Tanaman yang satu ini tidak bisa kena cahaya matahari langsung karena daunnya mudah kuning. Namun pastikan Kuping Gajah mendapatkan cahaya dan air yang cukup, ya.

15. Kalatea

Tanaman daun yang satu ini memiliki warna kombinasi hijau putih dan merah hati. Oleh karena itu, keberadaannya bisa mencerahkan seisi rumah.

Tanaman ini bisa diletakkan di taman luar maupun di dalam rumah. Namun jangan biarkan daunnya terpapar sinar matahari langsung karena akan membuat daunnya gosong.

Kalatea perlu Anda siram setiap hari namun tidak boleh menggenang dan tidak bisa kekeringan. Oleh karena itu, pastikan media tanamnya memiliki drainase yang baik.

16. Palem Kuning

Seperti namanya, jenis tanaman hias daun panjang ini memiliki warna hijau kekuningan. Batang tanaman bernama Areca palm ini sendiri berwarna kuning cerah.

Meletakkan tanaman ini di pekarangan rumah akan membuat energi semakin ceria. Palem Kuning suka matahari agar warnanya tetap mencolok dan indah. Tanaman ini juga mampu membersihkan udara sekitar, lho.

17. Siklok

Siklok adalah jenis tanaman hias daun outdoor yang cocok untuk pekarangan di luar. Bentuk daunnya seperti pedang dan daun pinggirnya berwarna hijau kekuningan.

Pemilik nama latin Agave attenuate ini dijual dengan harga yang terjangkau. Siklok adalah tanaman yang tahan panas karena membutuhkan cahaya penuh sepanjang hari.

Agar tetap hidup sehat dan baik, Anda bisa menyiraminya sekali sehari dengan air sekadarnya. Pemberian kompos juga bisa Anda lakukan satu bulan sekali saja.

18. Kadaka

Kadaka merupakan tanaman hias berdaun yang akan cantik apabila diletakkan di taman Anda. Beberapa daerah juga menyebut tanaman ini sebagai sarang burung.

Tanaman dengan nama latin Asplenium scolopendrium ini memiliki daun yang tampak mengkilap, seperti dilapisi lilin. Kadaka termasuk dalam tumbuhan paku.

19. Walisongo

Tanaman ini memiliki nama latin Schafflera Dianne. Daunnya bisa mencapai ukuran yang besar dan warnanya hijau mengkilap. Satu tangkai dari tanaman ini memiliki hingga 12 anak daun.

Namun karena dalam satu pohon biasanya lebih banyak yang memiliki 9 anak daun, maka tanaman ini disebut sebagai Walisongo. Selain itu, Anda akan sering menemukan tanaman ini outdoor karena perlu sinar matahari yang banyak.

20. Zamia

Zamia adalah tanaman berikutnya yang memiliki daun majemuk. Pemilik nama latin Ficus pumila ini bisa tumbuh hingga tinggi 100 cm.

Karena tanaman ini tidak membutuhkan air, Anda bisa meletakkannya di dalam rumah dengan aman. Zamia bisa tahan udara kering yang sangat ekstrim. Di dalam ruangan ber-AC tanaman ini bisa hidup baik-baik saja hingga 4 minggu.

Meskipun begitu, sebaiknya Anda juga rutin mengeluarkan tanaman ini agar terkena sinar matahari dan berfotosintesis.

21. Pucuk Merah

Apabila Anda mencari tanaman yang cocok untuk pekarangan rumah, Pucuk Merah ini adalah pilihan yang cocok.

Tanaman ini hanya berupa daun yang berwarna merah hijau. Warna kemerahan tersebut akan muncul ketika tanaman terkena matahari yang cukup.

Tidak hanya cantik, tanaman yang bernama Syzygium paniculatum ini menyerap polusi dengan baik, lho. Oleh karena itu, mungkin Anda banyak menemui tanaman ini di trotoar perkotaan.

22. Keladi

Daun Keladi memiliki banyak sekali jenis. Namun jenis satu dan lainnya sangatlah unik dan menarik untuk dipandang mata.

Bentuknya seperti hati dan motif setiap spesies berbeda-beda. Daunnya terlihat mengkilap karena dilapisi oleh zat lilin.

Pastikan tanaman ini berada di tempat yang sejuk dan teduh karena keladi hanya butuh sedikit cahaya. Kebutuhan airnya pun hanya secukupnya, yang penting tanah tetap lembab.

Penutup

Begitulah beberapa jenis tanaman hias daun yang bisa Anda gunakan untuk menghias rumah. Selain tampilannya yang indah dan menyegarkan, beberapa di antaranya juga ampuh menyerap polutan, sehingga udara di rumah tetap sejuk dan segar.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar