Home » Bagian Bunga Melati dan Fungsinya (Struktur dengan Gambar)

Bagian Bunga Melati dan Fungsinya (Struktur dengan Gambar)

Bunga melati tentunya bukan sesuatu yang asing untuk kita semua, ya. Namun apakah Anda sudah tahu bagian-bagian bunga melati yang super harum itu? Di artikel ini, kita bisa bersama-sama belajar tentang bagian dan fungsi dari bagian tersebut untuk bunga melati.

Bagian-Bagian Bunga Melati dan Fungsinya

Seperti mahluk hidup lain pada umumnya, bunga juga memiliki bagian-bagian yang berfungsi sebagai organ. Lalu apa saja bagian-bagian bunga melati dan fungsinya?

Secara umum, bunga melati yang sempurna memiliki dua golongan bagian, yaitu:

  1. Bagian Fertil, yang secara langsung mempengaruhi proses perkembangbiakan dan pembuahan pada bunga. Organ yang masuk kategori ini adalah kepala putik dan benang sari.
  2. Bagian Steril, yaitu bagian yang fungsinya adalah sebagai hiasan dan tidak mempengaruhi penyerbukan dan pembuahan. Bagian bunga yang steril antara lain tangkai, daun, dasar bunga, kelopak tangkai bunga, dan daun mahkota.

Di bagian ini, Anda bisa mencari tahu fungsi-fungsi bagian-bagian bunga melati putih yang sudah disebutkan di atas. Baik bagian steril maupun fertil memiliki peran penting untuk bunga tersebut.

1. Kepala Putik

Kepala putik ini memiliki deskripsi sebagai alat reproduksi betina dari bunga. Tanpa adanya bagian yang satu ini, bunga melati tidak bisa berkembang biak. Kepala putik juga disebut sebagai gynoecium.

Bagian bunga yang satu ini terletak di tengah bunga, bersama tiga organ lainnya yaitu tangkai putik dan ovarium

2. Benang Sari

Bunga yang sempurna memiliki dua organ reproduksi, yaitu benang sari dan kepala putih. Apabila kepala putik adalah sebagai organ betina, benang sari adalah kelamin jantan bunga.

Struktur dan fungsi benang sari adalah,

  • Anter, menyimpan serbuk sari.
  • Serbuk sari, yang fungsinya adalah untuk penyerbukan.
  • Filamen, membantu proses reproduksi.

Bagian-bagian bunga melati dan penyerbukannya biasanya bekerja dengan bantuan elemen lain, seperti angin, air, atau serangga. Oleh karena itu, serbuk sari biasanya menempel di kepala putik bunga lainnya.

3. Kelopak Bunga

Kelopak bunga ini bisa dibilang sebagai struktur bunga melati yang paling luar. Bagian ini juga disebut sebagai calyx, yang warnanya kecoklatan atau hijau seperti daun.

Fungsi kelopak bunga ini adalah untuk melindungi mahkota apalagi ketika kuncup. Nantinya bagian ini akan membuka ketika bunga sudah mekar.

Pada dasarnya kelopak bunga ini adalah daun.

4. Mahkota Bunga

Nah, mahkota bunga ini adalah yang paling mudah dilihat dari bunga melati. Bahkan beberapa bunga lain memiliki mahkota bunga yang sangat mencolok dan berukuran besar sehingga serangga mau mendekat.

Tentu saja, tujuannya adalah mempercepat penyerbukan. Bagian bunga yang satu ini juga melindungi kepala putik dan benang sari. Pada umumnya, petal atau mahkota bunga ini berjumlah lima helai.

5. Tangkai Putik

Apabila ada yang bertanggungjawab menghubungkan kepala putik dengan ovarium, tangkai putik lah namanya. Bagian ini juga berfungsi menyangga kepala putik agar tetap pada posisinya secara tegak dan aman.

Tangkai putik ini punya serbuk sari yang penting untuk proses pembuahan. Tanpa bagian yang satu ini, melati tidak akan berkembang biak.

6. Bakal Buah

Bakal buah ini masih merupakan bagian dari putik. Namun bagian yang satu ini memiliki peranan yang sangat penting, sehingga berhak menjadi satu komponen tersendiri.

Bagian melati yang satu ini memiliki sel telur, serta menjadi tempat pembuahan. Di bakal buah ini lah terjadi peleburan sel telur jantan dan betina sehingga terbentuklah bakal buah.

7. Bakal Biji

Bakal biji dan bakal buah adalah dua hal yang berbeda. Pada umumnya, bagian ini hanya ada di tumbuhan berbiji.

Namun pada bunga melati dan bunga-bunga lainnya, bakal biji ini berfungsi menjadi tempat sel-sel telur bertemu. Maka dari itu letaknya adalah di dalam bakal buah.

8. Daun Pelindung

Secara morfologi, daun pelindung ini tidak selalu ada di semua bunga. Namun apabila ada, bagian yang satu ini berfungsi menjadi tempat melekatnya mahkota bunga.

Selain itu, kuncup bunga akan tumbuh di bagian ini juga. Daun pelindung ini adalah seperti daun tapi berada di dasar bunga.

9. Dasar Bunga

Nah, dasar bunga sendiri berperan untuk menjaga mahkota dan bagian lainnya untuk tetap kokoh di tempatnya meskipun terkena angin. Bagian ini merupakan pondasi penting yang ada setelah tangkai bunga.

10. Tangkai Bunga

Tangkai bunga memiliki peran mirip dasar bunga. Fungsi utamanya adalah menyokong seluruh bagian bunga dengan kuat. Selain itu, bagian ini pula yang menghubungkan bunga dan ranting.

Ukuran tangkai bunga tidak ada yang sama, sesuai dengan jenis bunganya sendiri. Bahkan ada beberapa tanaman yang tangkainya majemuk atau merambat.

Penutup

Begitulah beberapa bagian-bagian bunga melati dan serta fungsinya. Tanpa organ-organ tersebut, bunga melati tidak akan bisa berkembang bias, begitu juga dengan bunga-bunga lainnya.

Namun tentu saja, beda tanaman beda juga cara berkembang biaknya. Apabila Anda berencana menanam bunga melati, bagian-bagian melati ini sangat penting untuk dipahami, lho.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar