Home » 15 Bonsai Tanaman Liar untuk Hiasan Taman Berkelas

15 Bonsai Tanaman Liar untuk Hiasan Taman Berkelas

Tahukan Anda bahwa bonsai tanaman liar adalah sesuatu yang sangat mungkin? Selama ini kita semua tahu bahwa bonsai dijual dengan harga yang sangat tinggi. Beberapa faktor juga membuat hasil kreasi tersebut semakin mahal.

Oleh karena itu, kami akan menunjukkan beberapa tanaman liar yang bisa dijadikan tanaman hias berbentuk bonsai. Memang memerlukan keterampilan. Tapi tidak ada yang tidak mungkin, kan? Simak uraian berikut tentang bonsai tanaman liar.

Tentang Bonsai

macam-macam bonsan tanaman liar

Apa itu bonsai? Bisa dibilang bonsai adalah kolaborasi antara tanaman dan seni yang berjalan dengan baik.

Tanaman ini dikerdilkan sehingga bisa muat di dalam pot kecil dan menjadi tanaman hias yang cantik. Kesenian ini berasal dari Cina yang kemudian mendunia.

Tidak sembarang orang bisa membonsai atau merawatnya. Orang tersebut harus memiliki hubungan dan pemahaman yang baik baik tentang alam. Bahkan mengkerdilkan tanaman harus mempertimbangkan harmoni.

Bonsai Tanaman Liar

Di bawah ini kami telah membuat daftar tumbuhan liar yang bisa Anda sulap menjadi bonsai hias berkelas untuk rumah Anda. Apabila Anda memiliki keterampilan tersebut, bukan tidak mungkin bahwa hal ini akan menjadi sumber pundi-pundi ekonomi Anda.

1. Santigi

Pohon Santigi adalah penghasil kayu yang disebut dengan Stigi. Tanaman ini tumbuh bebas dan liar di pesisir pantai Indonesia. Anda akan mudah menemukan tanaman ini di area yang penuh dengan batu dan juga berpasir kering.

Tanaman ini bisa menahan air asin dengan baik dan bisa hidup hingga ratusan tahun. Santigi sangat populer di kalangan pegiat bonsai karena mudah dibentuk dan tidak memerlukan perawatan yang merepotkan.

2. Anting Putri

Anting Putri adalah tanaman liar yang bisa Anda temukan di dataran tinggi. Seringkali keberadaannya disalah artikan sebagai pohon untuk kayu bakar biasa.

Padahal, apabila Anda telah mengubahnya menjadi tanaman kerdil, harga tanaman bonsai Anting Putri bisa cukup mahal.

Tanaman ini semakin indah ketika bunganya bermekaran. Aroma bunga yang putih cantik dan wangi semerbak menjadikan tanaman yang satu ini menjadi favorit banyak penggiat bonsai tanaman liar.

3. Serut Merah

bonsai serut merah

Bonsai Serut Merah atau Pitaloka adalah tanaman unik lain yang perlu Anda cek keberadaannya. Daunnya hijau dan merah sehingga sangat cantik untuk bonsai.

Selain memang tanamannya sudah indah, ketika diubah menjadi bonsai tanaman ini akan semakin estetik. Anda bisa meletakkannya di sudut rumah.

4. Kamelia

Pada umumnya, Kamelia digunakan banyak pemilik rumah untuk pagar. Namun Anda sekarang bisa menjadikannya tanaman hias dengan harga fantastis.

Manfaatkan kemampuan Anda membuat bonsai dari kamelia yang bisa Anda temukan di pagar-pagar rumah tetangga. Bonsai Kamelia terlihat indah apalagi ketika bunganya mulai tumbuh. Penasaran? Anda bisa cek di toko-toko tanaman hias untuk melihat yang sudah jadi.

5. Delima

Tidak hanya tanaman berkayu dan berbunga saja yang bisa disulap menjadi bonsai cantik, namun tanaman berbuah yang satu ini juga bisa menjadi tanaman kerdil yang eksotik.

Anda bisa mendapatkan yang sudah jadi di toko tanaman hias. Namun apabila tertantang untuk membuatnya sendiri, akan tidak mudah mencari pohon delima liar saat ini.

6. Kemuning

Bonsai tanaman liar berikutnya adalah kemuning. Dengan aroma harum yang semerbak dan ranting yang mendukung, Anda bisa meletakkannya di pot dangkal dan menjadikannya hiasan di rumah.

Anda bisa menemukan Kemuning di mana-mana, bahkan beberapa tumbuh liar di pinggir jalan. Apabila sudah menua, beberapa sisi pohon ini akan menipis dan menjadi keropos meskipun diameternya semakin besar.

Ketika bunganya mekar atau menunjukkan buah, tampilan bonsai yang satu ini sangat cantik dan tidak tertandingi.

7. Jambu Biji

Ya, Jambu Biji bisa menjadi tanaman bonsai meskipun kedengarannya aneh. Meskipun tanaman yang satu ini tidak masuk kategori tanaman liar, namun Anda bisa membuat bonsai yang cantik dan indah dengan pohon Jambu Klutuk ini.

Anda bisa membentuknya menjadi bonsai yang elegan, baik tanpa daun maupun dengan beberapa helai daun.

8. Hokianti

Hokianti ini sebenarnya memiliki nama beken Fukien Tea atau Ehretia microphylla. Tidak jarang tanaman liar yang satu ini disebut gulma dan dibabat habis oleh pemilik tanah. Anda mungkin juga menemukannya merambat di pagar rumah.

Namun, tanaman ini bisa menjadi sumber pemasukan tambahan yang bisa Anda miliki. Karena hidup di negara tropis, Hokianti tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Dan dengan sedikit sentuhan seni dan keahlian, Anda akan menghasilkan bonsai tanaman liar yang cantik, anggun, dan unik dari Hokianti.

9. Kacapiring

Pernah dengar tumbuhan bernama Kacapiring? Tanaman ini juga populer dengan nama Gardenia atau Cape Jasmine.

Kacapiring dapat ditemukan dengan mudah di alam liar di Indonesia. Untuk membuat bonsai dari tanaman liar yang satu ini, Anda memang harus kreatif.

Namun mengingat beberapa jenis melati tidak tumbuh dengan pohon yang tinggi, Gardenia atau Kacapiring ini akan menjadi kandidat yang pas untuk bonsai.

Daunnya pun cukup rapat sehingga akan seru untuk membentuk tanaman ini menjadi kerdil dan berada di pot untuk hiasan rumah.

10. Waru

Bicara soal bonsai tanaman liar, Waru adalah salah satu pohon liar yang bisa Anda ubah menjadi pinus yang cantik.

Ya, benar, waru yang dimaksud adalah yang di pinggir jalan atau yang ada di pinggir sungai. Pohon ini di tangan yang tepat bisa menjadi masterpiece yang menawan, bahkan bisa menjuarai lomba.

Namun memang diperlukan kemampuan dan ketelatenan untuk membuatnya. Dan apabila Anda memiliki keahlian itu, jangan disia-siakan, ya.

11. Pinus

bonsai pinus

Bonsai Pinus juga merupakan bonsai tanaman liar yang cukup populer. Sama seperti cemara, beberapa pecinta pinus menjadikan tanaman ini indah dalam bentuk kerdil.

Tapi pastikan Anda memilih jenis pinus yang tepat untuk rumah Anda. Pada dasarnya, pinus memiliki beberapa jenis dan setiap jenisnya memerlukan lingkungan tinggal yang berbeda.

Maka dari itu, pastikan pinus liar yang Anda pilih bisa bertahan hidup di iklim yang ada di rumah Anda.

12. Asam Jawa

Anda bisa membuat pohon bonsai kecil dari Asam Jawa. Pohon yang satu ini bisa dibilang tanaman liar karena sangat mudah ditemukan di hutan, atau bahkan di perkebunan orang.

Cara memperbanyak tanaman ini juga relatif mudah. Anda hanya perlu mencangkok batang pohon yang sudah besar saja. Prosesnya yang mudah dan bentuknya yang fleksibel membuat tanaman yang satu ini populer di kalangan pecinta bonsai.

13. Bougenville

bonsai Bougenville

Bicara soal jenis bonsai berbunga, Bougenville adalah salah satu yang perlu Anda pertimbangkan. Apabila ditanam di tanah biasa, Bougenville sangat mudah tumbuh. Bahkan Anda tidak perlu memberikan perawatan khusus.

Oleh karena itu, tanaman ini sangat diminati banyak pegiat bonsai. Anda bisa menemukan tanaman ini hampir di mana-mana. Bahkan Bougenville sering ditanam di trotoar karena kemampuannya menyerap debu sangat baik.

Apabila menjadi bonsai, Bougenville akan telrihat sangat cantik apalagi ketika bunganya sedang bermekaran.

14. Beringin

Beringin bukan lagu nama pohon yang asing di telinga kita semua. Pada umumnya pohonnya sangat besar, lebat, dan rimbun. Bahkan ciri khasnya adalah akar gantung yang membuat tanaman ini mudah sekali ditemukan bahkan dari kejauhan.

Anda bisa membuat bonsai beringin agar tampilan rumah Anda semakin mewah. Selain itu, rumah akan makin unik mengingat tanaman yang satu ini aslinya cukup besar.

15. Cemara

Bonsai tanaman liar yang bisa Anda coba berikutnya adalah cemara. Seperti yang kita tahu, pohon ini memiliki ukuran yang sangat besar dan mudah sekali ditemukan di dataran tinggi.

Anda bisa menjadikan tanaman ini penghias rumah Anda dan meletakkannya di pot dengan cantik. Apabila di pasaran, harganya bisa mencapai lebih dari 30 juta rupiah. Berminat membuatnya?

Akhir Kata

Begitulah beberapa jenis tanaman liar yang bisa Anda sulap jadi bonsai. Seperti penjelasan sebelumnya, diperlukan keterampilan khusus untuk membuat bonsai. Selain itu, Anda juga harus paham cara perawatannya.

Semoga setelah membaca daftar bonsai tanaman liar di atas Anda semakin terinspirasi untuk memelihara tanaman hias dan bonsai, ya. Semakin menyatu dengan alam semakin baik, bukan?

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar