Home » Bunga Flamboyan: Ciri, Menanam, Merawat, Jenis dan Manfaat

Bunga Flamboyan: Ciri, Menanam, Merawat, Jenis dan Manfaat

Bunga Flamboyan (Delonix Regia) merupakan tanaman yang dikenal mempunyai keindahan dengan batang kokoh. Tanaman yang satu ini juga cocok untuk dirawat di kebun Anda karena mempunyai banyak manfaat, termasuk bunganya sangat cantik.

Penanaman flamboyan di kebun Anda memang membutuhkan waktu agar bisa bertumbuh dengan baik. Berikut ini adalah ulasan bagaimana cara menanam flamboyan di kebun Anda dengan baik.

Bunga Flamboyan: Ciri-Ciri dan Klasifikasi

Bunga Flamboyan Ciri-Ciri dan Klasifikasi

Bunga Flamboyan (Delonix Regia) adalah tanaman pelindung yang bisa membantu membuat teduh taman Anda. Tanaman yang satu ini tumbuh menjulang tinggi dengan warna sangat canti terutama ketika bunganya sedang mekar bersamaan.

Makna Bunga Flamboyan sendiri adalah disebut layaknya kobaran api karena warnanya yang merah menyala. Tanaman yang satu ini dapat tumbuh di 4 musim sekaligus, sehingga sangat cocok untuk ditanam di kebun Anda.

Nama umumBunga flamboyan
Nama Latin Bunga FlamboyanDelonix Regia
Keluarga / FamilyFabaceae
Tipe tanamanTanaman Pelindung
Ukuran tanaman2 - 4 meter
Lebar tanaman0,5 - 1,5 centimeter
CahayaMembutuhkan banyak sinar matahari
AirAir yang dibutuhkan sedang
HamaUlat, siput, dan serangga
ToksisitasAlergi dan kerusakan hati

Macam Jenis Bunga Flamboyan

Bunga Flamboyan melambangkan kecemerlangan dan kesegaran ditunjukkan dengan warnanya yang indah. Ada beberapa jenis bunga flamboyan yang wajib Anda ketahui, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Bunga Flamboyan Ungu

Jenis pertama dari tanaman yang satu ini adalah Bunga Flamboyan ungu dengan perpaduan warna sangat cantik. Warna dasar flamboyan yang satu ini adalah ungu dan akan terlihat sangat mempesona pada saat daun pohonnya bergugurang.

2. Bunga Flamboyan Kuning

Bunga Flamboyan kuning mempunyai warna yang cemerlang, sehingga cocok untuk dirawat karena bisa membuat kebun Anda lebih bersinar. Pohon Flamboyan kuning juga termasuk tanaman hias yang cantik.

3. Bunga Flamboyan Putih

Bagi Anda yang menginginkan tanaman dengan warna kalem dan tidak terlalu mencolok, maka Bunga Flamboyan putih adalah pilihannya. Bunga ini mempunyai warna dasar putih yang menyejukkan.

4. Bunga Flamboyan Pink

Satu lagi jenis Bunga Flamboyan yang bisa dirawat di kebun, yaitu warna putih. Bunga Flamboyan pink ini cukup meneduhkan karena warnanya tidak terlalu mencolok.

Kondisi Menumbuhkan Bunga Flamboyan

Setelah memahami makna Bunga Flamboyan, maka Anda harus tahu hal yang diperlukan untuk menanamnya. Berikut ini adalah ulasan mengenai apa saja kondisi yang harus diperhatikan pada saat akan menanam flamboyan di kebun.

  1. Kapan harus menanam Bunga Flamboyan?

Filosofi Bunga Flamboyan yang membawa kecemerlangan sangat cocok untuk tanaman ini karena bisa tumbuh di musim kemarau dan penghujan. Bunga ini akan tetap mekar dan cantik, meskipun musimnya sudah berganti.

  1. Berapa Lama Bunga Flamboyan Bisa Tumbuh?

Flamboyan memerlukan waktu sekitar beberapa minggu agar bisa tumbuh di kebun. Sementara apabila Anda hanya menunggunya menjadi kecambah, maka cukup membutuhkan waktu sekitar satu minggu saja.

  1. Persiapan Menanam Bunga Flamboyan

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum menanam Bunga Flamboyan tentu saja adalah bibitnya. Anda bisa menyiapkan bibit ini dari mulai bentuk biji atau membeli flamboyan yang masih berukuran kecil.

Persiapan berikutnya adalah media tanam, karena flamboyan dapat bertambah tinggi dan besar. Jangan lupa untuk mempersiapkan pupuk sebagai sumber nutrisi dari tanaman ini.

Cara Menanam Bunga Flamboyan?

Cara Menanam Bunga Flamboyan

Anda harus melalui beberapa tahapan saat akan menanam Bunga Flamboyan mulai dari bijinya. Simak ulasan berikut ini mengenai cara menanam dan menumbuhkan flamboyan di kebun mulai dari bijinya.

  1. Persiapkan biji flamboyan yang akan ditanam
  2. Rendam biji flamboyan selama 24 jam dengan air hangat hingga bagian luarnya terkelupas
  3. Alternatif lain apabila tidak bisa merendam biji flamboyan selama 24 jam adalah mengamplasnya. Proses amplas ini hanya perlu dilakukan selama beberapa detik saja
  4. Tanam biji flamboyan di dalam pot atau polybag, namun jangan terlalu dalam agar tidak menyulitkan proses pertumbuhannya
  5. Biji flamboyan akan berkecambah dengan waktu mulai dari 4 hingga 6 hari setelah penanaman
  6. Siram kecambah Bunga Flamboyan ini secara rutin agar cepat besar

Merawat Bunga Flamboyan

Setelah mengetahui bagaimana cara menanam flamboyan, maka penting untuk memahami panduan perawatannya. Lalu, bagaimana panduan perawatan Bunga Flamboyan yang benar agar tetap hidup? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Kebutuhan cahaya matahari

Bunga Flamboyan termasuk dalam kategori yang membutuhkan intensitas cahaya tinggi karena termasuk tanaman pelindung. Anda bisa menanam flamboyan di lahan yang bisa terkena cahaya matahari di pagi hari.

Kebutuhan Air

Anda bisa memenuhi kebutuhan air tanaman ini dengan cara menyiramnya secara rutin pada masa awal pertumbuhannya. Sementara penyiraman hanya perlu dilakukan seperlunya saat flamboyan bertumbuh besar.

Suhu Tanaman yang Sesuai

Bunga yang satu ini tidak ini tidak bisa hidup di suhu terlalu rendah, seperti saat musim dingin. Flamboyan akan mengalami pembusukan karena terhambatnya pernapasan pada akar pada saat suhu sedang rendah.

Kelembaban

Kelembaban tanah yang dibutuhkan untuk pertumbuhan flamboyan adalah pada PH mulai dari 5,6 hingga 6,0. Tanaman ini bisa tumbuh subur pada tanah dengan iklim tropis.

Tanah

Flamboyan dapat langsung ditanam di media tanah yang luas atau menggunakan polybag terlebih dahulu. Tanaman ini cukup mudah tumbuh asalkan Anda tidak terlalu memadatkan tanah.

Mulsa

Mulsa yang dibutuhkan pada Bunga Flamboyan adalah berupa plastik atau kertas untuk menutupi bagian atas tanaman pada saat mulai bertumbuh. Tujuannya adalah agar tanaman ini tidak mudah busuk.

Perawatan Saat Musim dingin

Perawatan yang dibutuhkan pada saat musim dingin adalah melindunginya dengan plastik. Hal ini dilakukan untuk mencegah resiko pembusukan pada akar tanaman flamboyan.

Pemangkasan

Apabila sudah tumbuh besar, Pohon Flamboyan juga tetap memerlukan pemangkasan pada batangnya. Pemangkasan batang ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan kedepannya agar lebih cantik.

Pemangkasan Bunga

Perawatan berupa pemangkasan bunga ini diperlukan pada saat tumbuhan tersebut sudah mekar agar lebih tertata rapi. Hal ini akan membuat flamboyan di kebun Anda akan terlihat lebih indah.

Pupuk

Pemupukan untuk tanaman pelindung yang satu ini perlu dilakukan secara pada masa pertumbuhan. Tanaman ini bisa dipupuk berkala 2 atau 3 bulan sekali.

Makanan

Kebutuhan makanan dan nutrisi bunga ini berupa pupuk, air, serta intensitas cahaya matahari yang rutin. Anda bisa memenuhi kebutuhan tanaman tersebut dengan perawatan secara berkala.

Perkembangbiakan

Perkembangbiakan flamboyan bisa dimulai dengan cara membudidayakannya mulai dari biji. Apabila ingin menanamnya di kebun, maka bisa dimulai dari bibitnya terlebih dahulu.

Hama & penyakit

Jenis hama yang kadangkala menyerang Pohon Flamboyan antara lain adalah kutu daun dan kutu air. Anda bisa mengatasinya dengan cara menggunakan produk insektisida dengan kandungan piretrin.

Manfaat Bunga Flamboyan di Taman Anda

foto bunga flamboyan dan gambar

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan apabila merawat tanaman ini di kebun Anda. Berikut ini adalah daftar manfaat yang akan didapatkan dengan menanam Bunga Flamboyan di kebun.

  • Tempat untuk berteduh
  • Tanaman hias berukuran besar
  • Mengurangi pencemaran udara terutama jika rumah Anda berada di daerah perkotaan
  • Obat malaria
  • Membantu menjaga kesehatan mata
  • Menyembuhka luka
  • Terapi bagi penderita diabetes

Apakah Bunga Flamboyan Beracun?

Pemanfaatan flamboyan bagi manusia mempunyai efek samping, namun tidak beracun. Efek samping dari pemanfaatan flamboyan bagi manusia ini antara lain adalah mempercepat pembuangan air dan garam yang dikeluarkan melalui urin.

Kesimpulan

Bunga Flamboyan adalah tanaman pelindung dengan berbagai manfaat yang bisa tumbuh dengan cantik. Menanamnya di kebun akan membuat sekitar terlihat cemerlang serta bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan.

Baca Juga Artikel Serupa:

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar