Home » Bunga Lili (Lilium): Cara Menanam Dan Merawat

Bunga Lili (Lilium): Cara Menanam Dan Merawat

Apakah Anda sedang mencari bunga untuk mempercantik ruangan? Salah satu bunga yang bisa menjadi pilihan terbaik, yaitu bunga Lili. Bunga ini memiliki warna dan bentuk yang cantik, sehingga sangat cocok digunakan sebagai hiasan di ruang tamu, kamar, dan ruangan kantor.

Selain itu, bunga ini juga memiliki jenis yang sangat banyak dengan ciri khas yang berbeda-beda. Maka dari itu, Anda bisa memilih jenis bunga mana yang menurut Anda paling cantik dan sesuai dengan selera Anda.

Apa Itu Bunga Lili?

Apa Itu Bunga Lili

Bunga Lili adalah bunga yang tumbuh dan berkembang dari umbi dan memiliki karakteristik kelopak bunga yang lebar seperti terompet, serta memiliki putik menyerupai korek api. Warna daunnya sangat hijau dan memiliki tangkai dengan bentuk ramping memanjang.

Nama ilmiah bunga lili adalah Lilium dan untuk nama botani misalnya bunga lili putih, maka nama botaninya adalah Madonna lily. Sedangkan untuk nama umum bunga ini juga biasa disebut sebagai bunga Lili.

Sebagian besar bunga Lili tumbuh di negara Eropa dan Asia, tanaman ini dapat menyesuaikan diri di berbagai macam habitat. Bunga Lili biasanya akan tumbuh di kawasan pegunungan, di rerumputan, dan beberapa diantaranya mampu hidup di rawa.

Pada dasarnya bunga Lili ini lebih cocok hidup di tanah yang memiliki kandungan kadar asam yang seimbang. Bunga lili juga sering dikenal sebagai bunga musim panas dan saat bunga ini mekar, maka akan menebarkan aroma yang sangat wangi.

Bunga Lili: Fakta Singkat

Nama umumBunga Lili
Nama Ilmiah Bunga LiliLilium
Keluarga/FamilyLiliaceae
Tipe tanamanTanaman hias
Ukuran tanaman60-80 cm
Lebar tanaman11-13 cm
waktu berbunga1 tahun sekali
Warna bungaputih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, dan hampir hitam
CahayaMembutuhkan cahaya sedang
AirMembutuhkan air sedang
HamaTungau umbi, siput , ulat, uret, dan kutu kebul
PenyakitBotrytis, Fusarium, Rhizoctonia dan Fitium
ToksisitasBerbahaya untuk hewan peliharaan seperti kucing

Jenis Bunga Lili

Di Indonesia bunga Lili lebih dikenal dengan nama bunga bakung, bunga ini melambangan keindahan. Kemudian untuk tipe atau jenis bunga Lili ini sangat banyak, apabila Anda belum mengetahuinya maka simak ulasan berikut ini.

lili-lilium-stargazer
  • King Pete – King Pete merupakan salah satu jenis bunga bakung yang sudah menerima penghargaan dari Royal Cultural Societ, yaitu Award of Garden Merit pada tahun 2002. Bunga lili kuning ini memiliki kelopak bunga yang lebar dan memiliki inti lebih gelap dengan bintik-bintik coklat.
  • Black Out – Selanjutnya bunga lili merah tua atau disebut Black Out, bunga ini dapat tumbuh hingga 60-90 cm dengan batang ramping dan setiap batangnya memiliki 4-5 bunga. Black Out biasanya akan mekar pada awal pertengahan musim panas.
  • Arabian Knight – Bunga Lili Arabian Knight, bunga ini memiliki aroma yang sangat wangi dan mempesona dengan warna keemasan. Kelopak bunga ini melengkung menghadap ke bawah seperti turban turki dan setiap tangkainya mampu menumbuhkan sekitar 50 bunga.
  • Martagon ‘Album’ – Martagon Album merupakan bunga lili air yang mudah tumbuh, serta mampu menumbuhkan 40 bunga putih polos dengan lebar 5 cm. Kelopak bunga jenis ini biasanya menghadap ke bawah melengkung seperti bunga sebelumnya.
  • Madonna – Bunga lili putih atau biasa disebut Madonna ini sudah berkembang selama berabad-abad. Kelopak bunga ini mampu tumbuh hingga 6-8 cm. Bentuk bunga Lili Madonna ini seperti terompet berwarna putih dan memiliki serbuk sari berwarna kuning cerah.
  • Lili Kanada – Selanjutnya bunga Lili Kanada, bunga ini memiliki warna yang unik yaitu gradasi warna kuning ke oranye, serta memiliki bintik hitam di bagian dalam. Kelopak bunga Lili Kanada menghadap kebawah dan tangkainnya mampu tumbuh sekitar 20 bunga.
  • White American / Eastern Lily – White American atau Eastern Lili, bunga ini memiliki warna putih bersih. Bunga lili putih artinya kemurnian, bunga ini memiliki tangkai yang melengkung dan memiliki putik bunga berwarna kuning.
  • Brindisi – Brindisi atau bunga lili pink, memiliki warna yang sangat lembut dan memiliki putik berwarna pink sedikit gelap. Kelopak bunga Brindisi ini menghadap ke atas dan setiap tangkainya mampu tumbuh sekitar 7 bunga.

Kondisi Tumbuh untuk Bunga Lili

Dalam menanam bunga lili, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan:

Kapan Harus Menanam Bunga Lili?

Waktu terbaik untuk menanam bunga lili adalah saat musim gugur atau di awal musim dingin. Hal ini dilakukan agar bunga dapat mekar saat musim semi atau pada akhir tahun. Namun, pada umumnya bunga lili akan mekar pada musim semi.

Berapa Lama Bunga Lili Bisa Tumbuh?

Ketika Anda menanam bunga Lili, dalam jangka waktu beberapa minggu saja bunga ini sudah mulai tumbuh. Hal ini dikarenakan bunga ini memiliki kemampuan tumbuh yang sangat cepat. Di satu tempat bunga Lili mampu tumbuh dan berkembang selama 10 tahun.

Persiapan Menanam Bunga Lili

Sebelum menanam bunga Lili, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Beberapa hal yang harus dipersiapkan yaitu : lokasi menanam bunga, benih bunga lili, cangkul untuk menggali tanah, mulsa, pupuk, dan air.

Bagaimana Cara Menanam Bunga Matahari dan Menumbuhkan di Taman?

menanam bibit lily

Untuk menanam bunga Lili terdapat beberapa cara yang harus Anda ketahui sebelum melakukannya. Dengan cara penanaman yang benar, maka bunga akan tumbuh dengan sehat. Berikut beberapa cara menanam dan menumbuhkan bunga Lili.

  1. Menanam Umbi Lili

    Siapkan umbi lili yang siap ditanam dan tidak memiliki tunik atau lapisan luar umbi yang melindunginya saat terjadi kekeringan. Apabila umbi lili tidak segera ditanam, maka sebaiknya simpan di tempat yang dingin dan gelap.

  2. Mencari Tempat Ideal untuk Menanam

    Carilah tempat yang ideal untuk menanam bunga Lili, yaitu seperti tempat yang memiliki drainase yang baik dan mendapatkan sinar matahari. Apabila lokasinya tidak sesuai, maka bunga ini bisa terinfeksi jamur botrytis.

  3. Menggali Lubang untuk Menanam

    Ketika menggali lubang untuk menanam umbi lili, sebaiknya Anda membuat lubang dengan kedalaman sekitar 10-15 cm. Akan tetapi, semakin dalam Anda menanamnya maka akan semakin baik, sehingga bunga lili dapat tumbuh dengan kuat.

  4. Memberi Mulsa

    Dalam proses penanaman umbi lili, jangan lupa memberinya mulsa yang berguna untuk melindungi akar bunga Lili dari suhu udara yang dingin.

  5. Memberikan Pupuk

    Ketika semua proses penanaman bunga Lili sudah selesai, maka Anda harus menambahkan pupuk sesuai dengan takaran. Apabila terlalu banyak memberikan pupuk, hal ini juga tidak baik dan bisa menyebabkan pembusukan pada umbi.

  6. Memberikan Air pada Tanaman

    Setelah pupuk dimasukkan, maka tutup kembali umbi dengan tanah hingga tertutup rapat. Jangan lupa sirami umbi lili yang baru ditanam dengan air, hingga tanah menjadi basah. Namun dalam hal ini jangan berlebihan, cukup sampai tanah menjadi basah saja.

Bagaimana Cara Merawat Bunga Lili?

Cara Merawat Bunga Lili

Beberapa panduan yang perlu Anda patuhi dalam merawat bunga lili yaitu sebagai berikut:

Kebutuhan Cahaya Matahari

Dalam perawatan bunga bakung atau lili, sebaiknya Anda menanamnya di tempat yang memiliki cahaya sedang sehingga bunga dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Kebutuhan Air

Kebutuhan air dari tanaman ini cukup banyak. Hal ini karena bunga lili menyukai tanah yang lembab. Jadi pastikan rajin menyiram bunga lili setiap hari.

Suhu Tanaman yang Sesuai

Suhu tanaman yang sesuai dengan bunga lili ini sekitar 13-17°C, sehingga kondisi tanah cukup lembab. Untuk menanam bunga lili ini bisa langsung di tanah atau di pot/polybag, yang terpenting tanahnya lembab dan berair.

Kelembapan

Jangan lupa untuk menambahkan mulsa untuk menjaga kelembaban tanah tetap terjaga. Karena pada dasarnya akar bunga lili harus lembab, sehingga dapat tumbuh dengan baik.

Tanah

Bunga bakung membutuhkan tanah yang selalu terjaga kelembapannya. Jadi pastikan Anda memastikan tanah dalam keadaan lembap atau basah bagi bunga. Jangan membiarkannya sampai terlalu kering agar tidak mati.

Menambahkan Mulsa

Mulsa yang bisa Anda gunakan yaitu jerami atau berbagai tanaman hijau lainnya untuk menutupi tanah dari bunga lili untuk menjaga kelembapannya.

Perawatan Saat Musim Dingin

Saat Anda menanam umbi lili di musim dingin, maka sebaiknya Anda menutupinya dengan jerami atau tanaman hijau. Hal ini dilakukan agar umbi lili tidak membeku dan tetap bisa tumbuh.

Pemangkasan Batang dan Bunga

Ketika musim berbunga tiba, maka sebaiknya Anda melakukan pemangkasan tangkai bunga lili dan sisakan paling tidak 3 batang.

Pupuk

Bagi bunga lili, Anda bisa memberikan pupuk saat akar mulai tumbuh dan sekali lagi yaitu sebulan dari pemberian pupuk pertama.

Makanan

Pastikan untuk selalu menjaga kebutuhan nutrisi dari bunga lili terpenuhi. Meliputi kebutuhan cahaya, air, pupuk, dan keebutuhan lainnya. Hal ini agar tanaman ini bisa tumbuh dan mekar dengan baik.

Perkembangbiakan

Bunga lili pada umumnya berkembang secara vegetatif menggunakan umbi lapis. Umbi lili yang sudah matang akan menghasilkan sebuah tunas dan bisa berkembang menjadi tumbuhan baru.

Hama & Penyakit

Dalam perawatan bunga lili Anda wajib waspada terhadap beberapa hama seperti Tungau umbi, siput , ulat, uret, dan kutu kebul. Selain itu, ada beberapa penyakit yang dapat menyerang bunga bakung yaitu Botrytis, Fusarium, Rhizoctonia dan Fitium.

Manfaat Bunga Lili di Taman Anda

manfaat bunga lili oranye

Merawat bunga lili tentunya bisa memberikan beberapa manfaat. Beberapa manfaat tersebut yaitu:

  • Meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan
  • Menyerap racun yang ada di udara
  • Menjadikan tidur lebih nyenyak
  • Menyerap spora jamur berbahaya
  • Menyerap ion positif
  • Baik untuk pasien kanker

Apakah Bunga Lili Beracun?

Baik itu bunga lili bangkok atau bunga lili jenis lainnya ini dapat membahayakan kesehatan kucing. Ketika hewan peliharaan Anda, terutama kucing memakan sedikit bagian bunga ini, maka dapat menyebabkan gagal ginjal dan kematian pada hewan tersebut.

Kesimpulan

Bunga lili atau juga sering disebut bunga bakung ini memang sangat cantik dan memiliki aroma yang wangi. Selain itu, bunga lili juga memiliki banyak jenis dengan karakteristik yang berbeda-beda. Meskipun begitu, bunga lili sangat berbahaya bagi hewan peliharaan, seperti kucing.

Baca Juga Artikel Kami Tentang Menanam dan Merawat Aneka Tanaman:

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar