Home » Bunga Torenia: Cara Menanam dan Merawatnya di Kebun Anda

Bunga Torenia: Cara Menanam dan Merawatnya di Kebun Anda

Bunga Torenia memiliki bunga indah yang sedap dipandang mata. Bunga ini biasanya mekar dan bersemi dalam semua musim. Anda hanya perlu menjaganya di tempat yang teduh dan sejuk.

Apabila Anda tertarik dengan Torenia atau yang populer dengan sebutan Kembang Telang, artikel ini akan membahas segala sesuatu terkait tanaman berbunga yang satu ini. Agar enak dipandang mata, tanam bunga ini di pot gantung di teras rumah Anda.

Nama umumTorenia; Wishbone; Kembang Telang; Mata Kucing
Nama botaniClitoria ternatea
KeluargaFabaceae
Tipe tanamanTanaman merambat, penutup tanah
Ukuran tanaman (panjang)30 cm – 50 cm
Lebar tanaman2 cm tangkainya
Waktu berbungaSepanjang tahun
Warna bungaPutih, magenta, biru keunguan, kuning, pink
CahayaPartial shade, matahari tidak langsung
AirSedang; mati ketika terlalu kering dan busuk bila tergenang air
HamaKutu daun, tungau, laba-laba, ulat, belalang
PenyakitBotrytis, jamur
ToksisitasTidak beracun

Apa Itu Bunga Torenia?

Bunga Torenia adalah tanaman berbunga yang tumbuhnya merambat dan mudah sekali ditemukan di alam liar. Nama latinnya adalah Clitoria ternatea dan merupakan anggota tanaman berjenis polong-polongan.

Tanaman ini merupakan native Asia tropis, meskipun sekarang sudah mudah sekali ditemukan di berbagai belahan dunia.

Di Indonesia sendiri, bunga yang satu ini memiliki berbagai nama. Seringkali, banyak orang menyebutnya Kembang Telang, Mata Kucing, Wishbone, bunga Badut, dan lain sebagainya.

Manfaat yang ditawarkan bunga ini tidak main-main untuk kesehatan. Meskipun begitu, konsumsinya tidak bisa berlebihan karena malah mengakibatkan efek samping yang kurang menyenangkan.

Di Thailand, misalnya, Torenia biru digunakan sebagai minuman penyegar yang disebut dengan nam dok anchan. Sedangkan di Malaysia, ekstrak mahkota bunga ini berguna untuk mewarnai ketan.

Indonesia juga punya cara lain untuk memanfaatkan Kembang Telang warna putih. Biasanya Anda akan menemukannya sebagai wedang telang dan nasi telang.

Jenis-Jenis Bunga Torenia

Genus dimana Torenia bernaung sebenarnya terdiri dari 15 spesies bunga yang berbeda. Namun yang populer ada tiga.

1. Torenia fournieri

Tanaman yang satu ini berjenis tahunan dan biasanya tumbuh sangat rapat. Tingginya bisa mencapai 40 cm dan lebarnya pun sekitar 25 cm. Anda bisa menanam Torenia yang satu ini di tempat yang tidak mendapatkan matahari langsung.

Warna bunganya biasanya ungu kebiruan dan kadang ungu pekat dan kuning di bagian dalamnya. Namun tentu saja, warnanya tidak terbatas pada yang disebutkan.

2. Torenia Asiatica

Jenis Torenia yang satu ini berwarna ungu cantik yang semakin ke bawah semakin gelap. Ini adalah Kembang Telang yang tumbuhnya merambat, sehingga Anda bisa memanfaatkannya untuk tanaman gantung di pagar.

Torenia Asiatica menyukai area outdoor dan cuaca yang panas. Oleh karena itu, memiliki tanaman ini ketika musim kemarau adalah pilihan yang tepat karena pekarangan Anda akan cantik ketika tanaman ini berbunga.

3. Torenia crustacean

Tanaman yang satu ini tergolong sebagai tanaman herbal. Habitat aslinya di Asia namun sekarang juga bisa tumbuh subur di iklim tropis hingga hangat di seluruh belahan dunia.

Jenis Torenia yang ini menyukai tempat terbuka yang lembab, sehingga memang lebih sering ditemukan di pinggir sungai, pinggir jalan, dan lapangan bahkan di taman terbuka.

Agar jenis bunga ini tumbuh dengan sehat dan subur, Anda bisa mengkondisikan tanah yang lembab dan kaya nutrisi.

Kondisi Menanam Bunga Torenia

Bunga Torenia kuning dan warna lainnya sebenarnya sangat mudah tumbuh. Bahkan Anda tidak perlu mengalokasikan waktu dan perawatan khusus agar tanaman ini tumbuh dengan baik.

Kapan Harus Menanam Bunga Torenia?

Menanam bunga yang satu ini sebenarnya tidak perlu waktu khusus. Anda hanya perlu menyiapkan apa yang diperlukan bunga ini dan menentukan akan menanam dari benih atau biji.

Mengingat bunga ini tumbuh sepanjang tahun, kapan saja akan menjadi waktu yang tepat untuk menanam Torenia.

Berapa Lama Bunga Torenia Bisa Tumbuh?

Biasanya tanaman ini sudah mulai berkecambah di hari ke-10 setelah persemaian. Dan paling lama di minggu ke-12 bunganya mulai keluar.

Yang terpenting adalah siapkan area yang teduh namun masih terkena sinar matahari yang cukup agar tanaman ini tumbuh subur.

Persiapan Menanam Bunga Torenia

Sebelum menanam bunga Torenia ungu, Anda hanya perlu menyiapkan biji atau benih, sesuai keinginan Anda. Selain itu, gunakan juga media tanam yang siap pakai.

Anda bisa menanamnya langsung di tanah atau meletakkannya di pot. Apabila memang lahan di rumah terbatas, menggunakan pot gantung akan menjadi pilihan yang tepat.

Bagaimana Cara Menanam dan Menumbuhkan Bunga Torenia?

Meskipun bunga Torenia bisa dimakan, Anda perlu tahu cara menanamnya dulu, bukan? Berikut ini adalah cara-caranya.

Menanam Bunga Torenia dari Biji

  • Biji Torenia tersedia di toko bunga. Namun Anda bisa mendapatkannya dengan mengumpulkan bunga yang gugur dan mengering. Anda akan dengan mudah mengambil bijinya di sana
  • Gunakan humus atau tanah yang sudah dicampur kompos. Namun kami sarankan untuk menggunakan media tanam yang siap pakai saja.
  • Basahi media tanam hingga lembab.
  • Anda bisa langsung menaburkan biji di atas media, tidak perlu ditanam. Pastikan tidak ada yang menempel antar biji.
  • Semprot biji-biji yang ada di atas media tanam tersebut dengan pelan selama dua kali setiap hari agar media tanam tetap lembab. Namun jangan sampai tergenang, ya.
  • Letakkan pot atau media tanam di tempat yang teduh namun masih terkena sinar matahari.
  • Apabila tanaman sudah tumbuh agak tinggi, biasanya setelah satu bulan, Anda bisa pindah ke wadah yang lebih besar.

Agar bunganya banyak, Anda bisa pruning pucuk daun pertamanya. Dan setelah memahami cara menanam, Anda bisa memperbanyak dengan memecah tanaman yang kecil-kecil.

Panduan untuk Merawat Bunga Torenia

Apabila Anda sudah menanam bunga Torenia pink dengan mengikut cara di atas, saatnya Anda merawat tanaman tersebut. Ikuti panduan di bawah ini agar tanaman tumbuh dengan baik.

Kebutuhan Cahaya Matahari

Kembang Telang mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan. Namun lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan tanaman ini memang yang mendapatkan sinar matahari, namun secara tidak langsung.

Oleh karena itu, apabila cuaca sedang sangat terik, sebaiknya Anda memindahkannya dengan segera ke tempat yang teduh. Hal ini tentu tidak mungkin apabila Anda menjadikan Torenia sebagai tanaman penutup tanah.

Kebutuhan Air

Bunga yang satu ini tidak terlalu menyukai air namun juga tidak bisa kekeringan. Pastikan tanah sekitarnya tetap lembab, namun tidak tergenang. Penting sekali untuk memastikan bahwa media tanamnya memiliki daya serap yang baik.

Torenia yang terlalu banyak mendapatkan air akan busuk, sedangkan apabila kekeringan maka bunganya akan layu dan mati.

Suhu Tanaman yang Sesuai

Bunga ini cocok dengan suhu iklim tropis pada umumnya. Namun apabila Anda benar-benar memperhatikan tanaman ini, suhu idealnya adalah 17 hingga 23 derajat Celcius. Namun memang mereka suka udara yang sejuk.

Kelembaban

Torenia sangat menyukai kelembaban namun tidak terlalu menyukai tempat yang terlalu lembab. Akarnya perlu dijaga agar tetap dingin dan kering.

Tanah

Mengingat tanaman ini mudah tumbuh di mana saja, Torenia tidak rewel perihal faktor yang satu ini. Namun Anda bisa menyediakan tanah dengan keasaman antara 6 hingga 6.5, sehingga tanah liat menjadi media tanam yang sangat baik.

Mulsa

Kami menyarankan untuk menggunakan mulsa plastik. Kegunaannya adalah untuk mengobati tanaman Torenia yang sedang diserang kutu putih.

Keberadaan mulsa plastik ini akan memantulkan cahaya matahari ke bawah daun, di mana kutu putih bersarang. Namun apabila Torenia Anda sehat-sehat saja, mulsa tidak terlalu diperlukan.

Perawatan Saat Musim Dingin

Bunga Torenia putih sebenarnya bisa mentoleransi suhu yang dingin, mengingat mereka tidak suka terlalu lama ada di lingkungan yang panas dan sangat lembab atau sangat kering.

Selama tempat tinggal Anda tidak bersalju maka Anda tidak perlu khawatir. Salju akan membunuh tanaman ini dengan sangat mudah dan masif.

Pemangkasan (Batang)

Pemangkasan batang sebetulnya tidak diperlukan. Namun jika tanaman terlihat kurang sehat dan kecil-kecil, Anda bisa memotong batangnya hingga setengah.

Pemangkasan Bunga

Rutin memetik bunganya akan membuat tanaman ini lebih cepat tumbuh. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memetik bunganya ketika sudah bermekaran.

Pupuk

Anda tidak perlu memberikan pupuk apapun untuk tanaman ini. Namun jika memang ingin memberikan booster, Anda bisa menggunakan kompos yang serbaguna sekali setiap bulannya.

Atau, Anda bisa menggunakan NPK dengan kadar P yang lebih tinggi dibandingkan kadar dua unsur lainnya.

Perkembangbiakan

Tanaman ini sangat mudah untuk dikembangbiakkan. Bahkan biji-bijinya bisa Anda kumpulkan dari bunga yang mengering. Cara lain adalah dengan memecah anak-anak dari induknya.

Hama & penyakit

Ada beberapa hama dan penyakit yang umum menyerang tanaman ini, di antaranya adalah:

  • Botrytis, jamur abu-abu yang bisa dihilangkan dengan memotong bagian yang terjangkit.
  • Jamur tepung yang terlihat seperti tepung di daun tanaman, sehingga Anda perlu memangkas area yang terjangkit dan menyemprot fungisida.

Hama yang merusak Torenia biasanya adalah kutu daun, semut dan whitefly. Anda bisa menggunakan insektisida untuk mengusir mereka semua. Beberapa orang menyemprotkan air sabun untuk membunuh hama tersebut.

Manfaat Merawat Bunga Torenia di Kebun Anda

  • Memperbaiki daya ingat
  • Meredakan gangguan kecemasan
  • Meringankan gejala depresi
  • Memberikan segudang antioksidan
  • Menyembuhkan luka
  • Mengatasi inflamasi
  • Menyehatkan jantung
  • Mengatasi gejala diabetes
  • Mengatasi masalah paru-paru

Apakah Bunga Torenia Beracun?

Secara umum, Torenia atau bunga Telang tidak beracun untuk manusia karena bisa dimakan. Beberapa masakan, seperti salad dan pasta sering menambahkan bunga di atasnya sebagai taburan. Rasanya pun juga lezat.

Beberapa orang juga mengolah bunganya menjadi teh untuk meringankan berbagai gejala penyakit yang disebutkan di atas karena khasiat yang tidak main-main.

Namun memang sebaiknya konsumsi bunga yang satu ini perlu moderasi. Efek sampingnya adalah mual hingga diare.

Kesimpulan

Torenia yang berwarna cantik tentunya bisa Anda jadikan sebagai hiasan di rumah Anda. Dan ketika bunganya bersemi, Anda bisa menjadikannya sebagai sesuatu yang edible.

Selama Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan untuk menumbuhkan bunga ini, tidak akan sulit untuk menjaganya tetap sehat. Dan begitulah kira-kira segala sesuatu yang perlu Anda ketahui tentang bunga Torenia.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar