Home » Cara Menanam Bunga Bougenville di Rumah Anda

Cara Menanam Bunga Bougenville di Rumah Anda

Cara menanam bunga Bougenville di rumah Anda sebenarnya bukan hal yang sulit, kok. Tidak heran, kan, bunga yang satu ini banyak Anda temukan berderet cantik di pot-pot yang ada di trotoar.

Apabila Anda sudah tahu cara menanamnya, bunga ini cukup mudah untuk tumbuh. Jadi untuk cara menanam lebih detailnya, cek pembahasan berikut sampai akhir.

Cara Menanam Bunga Bougenville

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menanam bunga Bougenville. Selain melalui batang, stek, dan sambung pucuk, ada juga metode menggunakan benih. Simak selengkapnya berikut ini.

Menanam  Bougenville Melalui Benih

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menanam bunga yang satu ini adalah dengan menggunakan benih.

Tentu saja Anda bisa langsung membeli benih berkualitas dari penjual bunga langganan. Namun Anda pun bisa melakukan metode pembenihan sendiri.

Agar bunga Anda ini berkembang biak dengan benih, ikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Cari indukan bunga bougenville yang berkualitas dan dewasa. Sangat penting untuk memastikan bahwa bunga tersebut sudah dewasa karena mempengaruhi kualitas benih.
  • Setelahnya, potong bunga yang Anda pilih.
  • Nah, Anda perlu menjemur bunga di bawah terik matahari selama seharian atau hingga bunga tersebut merontokkan bijinya.
  • Kalau Anda sudah melihat bijinya, itu bisa dijadikan benih untuk ditanam.
  • Lakukan penyemaian dengan menggunakan campuran media tanam yang tepat, yaitu tanah, sekam padi, dan pupuk kandang 1:1:1.
  • Tanam benih yang Anda miliki tadi di media tanam sekitar 7 cm dalamnya, lalu siram secukupnya saja.

Selesai. Biasanya setelah 7 hari akan muncul pohon kecilnya. Selain itu, bunga bougenville ini memerlukan media tanam berongga dan berpori sehingga air cepat bablas.

Oleh karena itu, Anda bisa mencampurkan medianya dengan pasir malang secukupnya. Cara di atas juga cocok apabila Anda memilih cara menanam bunga bougenville di pot.

Menanam Bougenville Melalui Batang

Cara menanam bunga bougenville daris stek batang dianggap sebagai cara yang paling mudah dibandingkan cara lainnya. Begini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  • Pilih batang bunga yang sudah dewasa. Penting sekali memastikan usia kedewasaan bougenville apabila Anda akan membiakkannya.
  • Setelahnya, potong batang yang sudah dipilih dengan cara menyerong, sehingga bagian potongannya meruncing.
  • Kemudian, tancapkan batang yang sudah dipotong di media tanam yang sudah Anda siapkan.
  • Pastikan media tanam yang Anda gunakan cukup subur dengan kadar pH yang tinggi. 
  • Tancapkan batang tersebut sedalam 5 cm.

Menanam dengan cara ini akan lebih mudah apabila Anda menggunakan polybag. Selain itu, penanaman akan berjalan dengan baik apabila dilakukan di pagi hari atau malam hari. 

Meskipun bougenville menyukai matahari, menanamnya di siang hari bukan keputusan yang tepat.

Selain itu, cara yang sama juga bisa Anda terapkan untuk tanam bonsai bunga kertas.

Menanam Bougenville Melalui Sambung Pucuk

Cara menanam bunga Bougenville dari batang dengan teknik sambung pucuk ini cocok untuk Anda yang suka bereksperimen.

Pada dasarnya, bunga yang satu ini hanya tumbuh dengan satu warna meskipun bunganya cukup lebat. Anda bisa menjadikannya berbunga lebih dari satu warna.

  • Tentukan dahan yang pucuknya akan Anda sambung. Anda bisa menggunakan tanaman hasil stek maupun cangkok cabang pada umumnya.
  • Agar hasil maksimal, pilih cabang yang warnanya masih kehijauan. Tidak seperti mencari biji bunga kertas, teknik sambung pucuk akan lebih mudah berhasil apabila dahan masih agak muda.
  • Pilih pucuk bougenville lainnya, yang warna bunga atau daunnya berbeda dari yang akan disambung. Jangan lupa untuk memastikan bahwa cabang ini masih cenderung muda.
  • Selain itu, akan lebih baik jika diameternya seukuran dengan yang akan disambung.
  • Potong cabang bawah lalu belah tengahnya sedikit. Lakukan hal serupa untuk cabang yang akan disambung.
  • Kemudian, selipkan kedua cabang yang tengahnya sudah diiris sedikit atau dibelah tadi sehingga keduanya saling menempel dengan baik.
  • Agar tidak bergeser, ikat sambungannya dengan tali namun pastikan tidak terlalu ketat. Jaringan pada cabang tersebut masih perlu bernapas, bukan?
  • Bungkus sambungan dengan plastik untuk meminimalisir penguapan dan kelembaban tetap terjaga.
  • Untuk sementara waktu, letakkan pot sambung pucuk ini di tempat yang teduh dan terlindung dari tiupan angin.

Teknik yang satu ini lumayan rumit daripada yang lain-lainnya. Namun apabila berhasil, cara menanam bunga bougenville agar cepat berbunga yang satu ini akan menghasilkan aneka warna yang cantik.

Merawat Bunga Bougenville

Apabila Anda sudah berhasil menanam bunga ini dan bunganya tumbuh dengan lebat dan menyenangkan, Anda perlu memahami cara merawatnya.

Tanaman yang Suka Matahari

Bougenville adalah bunga yang suka matahari. Bahkan bunga ini tidak akan masalah untuk berada di bawah terik.

Sebaiknya letakkan bunga ini di luar ruangan sehingga bisa mendapatkan matahari setidak 6 jam selama sehari.

Media Tanam yang Tepat

Seperti tanaman lainnya, Anda perlu memikirkan media tanam dan tanahnya. Bougenville menyukai tanah yang berongga dan berpasir. Bahkan pertumbuhannya bisa terhambat apabila tanahnya tidak bisa menyerap air dengan baik.

Siram Seperlunya

Air adalah salah satu tips agar berbunga lebat. Tanaman ini tetap memerlukan air, namun tidak banyak. 

Setelah ditanam, Anda perlu menyiramnya selama beberapa hari. Namun ketika sudah tumbuh, Anda bisa menyiraminya seminggu sekali saja.

Tidak Perlu Pupuk

Bunga bougenville adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan sendirinya. Pada dasarnya, tanaman ini sama sekali tidak butuh pupuk.

Namun jika Anda ingin memastikan nutrisinya, kompos akan berguna untuk tanah tempat menanam bougenville.

Hawa Dingin adalah Masalah

Seperti penjelasan sebelumnya, bunga ini suka sinar matahari. Selain itu, bougenville tidak terlalu suka berada di lingkungan dengan suhu di bawah 30 derajat Celcius.

Dan bunga ini tidak akan berbunga lebat apabila Anda memberinya terlalu banyak air. Oleh karena itu, ketika musim hujan tiba, Anda sama sekali tidak perlu menyiraminya.

Penutup

Begitulah beberapa informasi yang Anda perlu tahu tentang cara menanam bunga bougenville di rumah Anda. Jenis yang mana yang paling Anda sukai? Selamat mencoba, ya.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar