Home » Mengenal Jenis Bunga Keladi dan Keunikannya

Mengenal Jenis Bunga Keladi dan Keunikannya

Apakah Anda pernah mendengar mengenai bunga keladi? Jenis bunga keladi ini ternyata sangat beragam dan memiliki keunikan tersendiri. Mulai dari warna hingga bentuknya sangat beragam dan biasa digunakan sebagai tanaman hias.

Bunga Keladi atau Caladium beberapa saat lalu cukup populer di Indonesia dan bahkan sempat di viral karena warnanya yang unik. Apakah Anda sudah tahu jenis bunga keladi dan namanya? Jika belum, simak ulasan bunga keladi berikut ini.

Jenis Keladi dan Karakteristiknya

Membahas tentang jenis keladi sebenarnya sangat banyak dan memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Mulai dari keladi hias berwarna merah hingga paduan beberapa warna ada, simak ulasan berikut dan ketahui perbedaannya.

1. Bunga Keladi Bicolor

Jenis keladi yang pertama adalah keladi bicolor, untuk bunga yang satu ini biasa juga dikenal dengan nama keladi merah. Hal ini dikarenakan bunga keladi bicolor memiliki bentuk daun yang cukup unik dan memiliki warna yang cantik.

Warna dasar bunga keladi merah adalah hijau dengan kombinasi warna merah cerah. Untuk warna merah pada bunga keladi ini biasanya mengikuti bentuk tulang daun, sehingga memiliki corak yang sangat menarik.

2. Jenis Keladi Tikus

Selanjutnya ada bunga keladi tikus, bunga ini bisa tumbuh hingga 25-30 cm. Selain itu, bunga keladi tikus lebih menyukai lingkungan yang lembab dan sedikit terkena sinar matahari. Keladi tikus memiliki bentuk daun bulat lancip pada bagian ujung dan berwarna hijau.

Bagi Anda yang membutuhkan tanaman hias di dalam ruangan dan mudah perawatannya, maka keladi tikus bisa menjadi pilihan yang tepat. Sebab, bunga ini bisa ditanam di dalam botol yang berisi air tanpa menggunakan tanah.

3. Bunga Keladi Hibrida 

Berikutnya ada jenis bunga keladi mahal dengan harga mencapai 4 jutaan, yaitu keladi hibrida. Untuk jenis keladi ini memiliki bentuk daun seperti kerucut dan pada bagian pangkal daunnya seperti kuping.

Bentuk tanaman yang sangat unik dan menarik ini membuatnya cukup diminati pecinta tanaman hias. Selain dapat membuat suasana rumah menjadi lebih indah, tanaman ini juga sangat mudah dalam hal perawatannya.

4. Jenis Keladi Thailand 

Selanjutnya ada bunga keladi Thailand yang cukup berbeda dengan jenis bunga keladi hibrida. Keladi Thailand ini memiliki warna merah yang cukup cerah dengan corak yang sangat cantik, sehingga tidak heran jika harganya cukup mahal.

Jika dibandingkan dengan jenis keladi lainnya, bunga ini memang memiliki banyak peminat. Bahkan Anda bisa mendapatkan bunga ini di beberapa e-commerce dengan harga sekitar 1 jutaan. 

5. Keladi Red Kujang 

Jika membahas bunga keladi viral 2020, maka bunga keladi red kujang adalah salah satunya. Bunga ini memiliki bentuk yang mirip dengan senjata kujang khas dari daerah Jawa Barat. Selain itu, untuk warnanya juga sangat cerah dan memiliki corak unik.

Karena keunikannya bunga ini memiliki harga yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 jutaan. Bagaimana cukup mahal bukan? Namun hal ini setara dengan kualitasnya sebagai tanaman hias yang sangat indah dan menarik.

6. Bunga Keladi Blackjack

Berikutnya adalah bunga keladi blackjack, jenis bunga keladi ini mampu tumbuh hingga ketinggian sekitar 2 meter. Untuk warna bunga keladi blackjak, warna dominan bunga ini adalah hijau gelap. 

7. Jenis Keladi Tengkorak

Jenis bunga keladi tengkorak merupakan salah satu jenis keladi yang memiliki bentuk unik. Karakteristik dari bunga ini adalah memiliki tulang daun yang bergelombang pada bagian tepi daun, serta pada bagian tengahnya menyerupai rusuk manusia.

Maka dari itu, bunga ini disebut sebagai jenis keladi tengkorak. Selanjutnya untuk warna dominan keladi tengkorak biasanya berwarna hijau tuan, serta memiliki tulang daun yang terlihat jelas berwarna putih.

8. Keladi Tengkorak Hijau

Berikutnya jenis keladi tengkorak hijau, meskipun namanya sama dengan keladi tengkorak tetapi ada beberapa perbedaannya. Bunga keladi jenis ini memiliki bentuk daun seperti tengkorak, namun tidak sejelas varietas tengkorak sebelumnya.

Bentuk daunnya lebih oval dan tidak terlalu bergelombang seperti keladi tengkorak. Selain itu, maksimal ketinggiannya hanya mencapai 1 hingga 1,5 meter saja.

9. Bunga Keladi Kuping Kelinci

Jenis bunga keladi selanjutnya adalah keladi kuping kelinci. Bunga keladi ini memiliki bentuk dau seperti telinga kelinci dan pada bagian bawahnya memiliki warna hijau sedikit keunguan. Ukuran daun keladi kuping kelinci ini termasuk cukup kecil.

10. Keladi Kuping Jerapah

Bunga keladi kuping jerapah memiliki keunikan tersendiri, yaitu pada lekukan daunnya. Jenis keladi ini mampu tumbuh hingga 1 hingga 1,5 meter dan memiliki warna yang cukup tegas. Ketika Anda menanam bunga ini, sebaiknya tempatkan di tempat yang teduh.

11. Bunga Keladi Corong

Bunga keladi memang memiliki jenis yang sangat beragam, selanjunya adalah keladi corong. Selain itu, bungai ini ini juga biasa dikenal sebagai tanaman liar, karena memang sering ditemukan tumbuh di tepi rawa.

Bunga ini memiliki daun yang menyerupai sebuah corong air dan mampu tumbuh hingga 1,5 meter. Kemudian untuk bentuk tangkainya dominan berwarna coklat kehitaman.

12. Bunga Keladi Polka Green

Terakhir, bunga keladi Polka Green yang merupakan salah satu jenis keladi hias dengan warna yang cukup unik. Bunga ini memiliki perpaduan corak warna hitam, putih, dan merah dengan warna dasar hijau.

Warna bunga keladi memang sangat beragam dan ketika dijadikan tanaman hias, maka akan memberikan kesan keindahan tersendiri. Oleh karena itu, ketahui jenis bunga keladi dan pilih mana bunga keladi yang paling Anda suka.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar