Home » Mengenal Berbagai Jenis Pohon Cemara

Mengenal Berbagai Jenis Pohon Cemara

Selama ini kita hanya mengetahui bentuk pohon cemara tanpa tahu nama ilmiah dan jenisnya. Padahal, setidaknya ada 16 jenis pohon cemara yang saat ini tersebar di dunia.

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan membahas berbagai jenis pohon yang identik dengan perayaan Natal ini. Selain itu, Anda juga menemukan berbagai fungsi yang menguntungkan dari pohon yang satu ini.

KingdomPlantae
DivisionMagnoliophyta
ClassMagnoliopsida
OrdoFagales
FamilyCasuarinaceae

Apa Itu Pohon Cemara?

Pohon cemara bisa dikatakan sebagai salah satu pohon spesial yang tumbuh di dunia ini. Selain fungsi estetisnya, pohon yang satu ini juga memberikan segudang manfaat untuk lingkungan sekitarnya.

Selama ini kita semua mengasosiasikan pohon cemara dengan hiasan Natal yang menyenangkan dan menggembirakan. Dan tentu saja, Anda bisa menjadikan pohon yang satu ini sebagai hiasan di taman ataupun di dalam rumah.

Pohon cemara adalah tumbuhan yang daunnya selalu hijau, sehingga tanaman ini disebut sebagai evergreen. Bahkan tanaman ini nyaris tidak pernah mengering serta bukan tipe yang mudah rontok.

Tanaman ini juga sering disandingkan dengan tusam atau pohon pinus. Rantingnya yang beruas dan dan terlihat seperti jarum ini juga berbuah mirip seperti pinus.

Yang membedakan cemara dengan pinus adalah familinya. Cemara bukanlah anggota Gymnospermae. Tumbuhan ini memiliki bunga jantan dan betina, yang bunga betinanya terlihat kecil kemerahan seperti rambut.

Ciri-ciri Pohon Cemara

Baik jenis pohon cemara untuk Natal maupun untuk yang lain, tanaman yang satu ini memiliki karakteristik yang unik. Hal ini pula yang membuat pohon ini berbeda dari tumbuhan lainnya. Ciri-ciri pohon cemara adalah sebagai berikut:

  • Pohon tumbuh menjulang dan bentuknya kerucut, semakin mengecil di puncak.
  • Daunnya ramping dan runcing. Hal ini membuat penguapan bisa diminimalisir dan mencegahnya jarang kering.
  • Warna daunnya cenderung hijau gelap, namun ada juga yang terang.
  • Kulit kayu cemara bertekstur halus dan berwarna coklat kehijauan. Namun warnanya akan berubah setelah mengalami keretakan.
  • Kulit kayu cemara yang sudah dewasa akan menjadi coklat gelap dan menebal, diiringi banyak retakan. Kulit yang tebal ini membuat cemara bisa bertahan di berbagai cuaca.
  • Buah yang tumbuh di pohon cemara adalah runjung cemara. Ini merupakan organ reproduksi tanaman ini.
  • Cabang pohon yang tumbuh berdekatan membuat pohon ini terlihat seperti lingkaran. Padahal bentuk tumbuhnya adalah spiral karena makin atas cabanya makin pendek.

Jenis-jenis Cemara yang Ada di Seluruh Dunia

Seperti penjelasan sebelumnya, ada sekitar 16 jenis cemara yang masih ada saat ini. Semuanya memiliki tampilan yang cantik dan estetik, sedangkan fungsinya pun banyak sekali.

1. Cemara Angin

Cemara angin ini adalah jenis pohon cemara untuk bonsai yang paling populer. Tanaman ini memerlukan matahari sepanjang hari dan juga asupan air yang cukup. Oleh karena itu, sebaiknya Anda selalu menyiram tanaman ini dengan baik dan sering. 

Di tanah, Cemara Angin bisa tumbuh hingga 5 meter tingginya. Karakternya adalah memiliki daun yang tipis dan lembut. Oleh karena itu, pemandangan akan tampak indah ketika angin meniup pohon ini.

Apabila Anda ingin menanam cemara yang satu ini namun lahan Anda terbatas, jangan ragu untuk memanfaatkan bonsai, ya.

2. Cemara Buaya

Jenis cemara berikutnya yang sangat digandrungi oleh banyak pegiat bonsai adalah Cemara Buaya. Karakteristik cemara yang satu ini adalah batangnya yang bisa tumbuh menyamping. Selain itu, tampilannya bisa asimetris.

Awalnya cemara ini banyak ditemukan di Amerika Utara. Dan apabila sudah jadi bonsai, tampilannya akan seperti pohon purba yang super cantik. Seperti cemara pada umumnya, asupan matahari sangat penting untuk tanaman ini.

3. Cemara Kipas

Cemara Kipas atau Thuja occidentalis adalah cempara yang bentuk daunnya seperti cakar ayam. Berasal dari daratan Eropa, tanaman ini populer untuk menghiasi taman.

Pohon yang satu ini akan tumbuh subur tanpa masalah di lingkungan yang lembab. Oleh karena itu, hutan basah maupun rawa-rawa bisa menjadi tempat yang cocok untuk tanamn ini.

4. Cemara Pensil

Cupressus sempervirens adalah pohon cemara yang bentuknya seperti pensil. Tanaman ini ditemukan di Mediterania dan hingga saat ini identik dengan pohon Natal.

Beberapa orang pun menyebut pohon ini dengan nama drama tree karena pohonnya akan membungkuk apabila angin menerpa, meskipun sepoi-sepoi.

5. Cemara Norfolk

Cemara Norfolk ini adalah jenis yang unik. Jenis yang satu ini juga sering disebut dengan bintang pinus.

Ditemukan di Pulau Norfolk, pohon ini memiliki banyak cabang yang simetris. Bahkan cabangya itu berbentuj seperti jarum tumpul. Pohon ini bisa menjulang sangat tinggi. 

Apabila dibiarkan tinggi dan tidak dipangkas, cabang-cabang di bawahnya akan kering dan berubah kecoklatan. Tidak lama kemudian, pasti berguguran.

6. Cemara Udang

Jenis pohon Cemara Udang ini asli dari Indonesia. Batangnya besar dan kulit batangnya hitam kasar. Selain itu, daun-daunnya berbentuk seperti jarum. Batangnya, seperti nama jenisnya, melengkung seperti udang.

Casuarina equisetifolia ini sangat cantik apabila diletakkan di pot dan menjadi bonsai. Mengingat tanaman ini pohonnya besar dan tebal, banyak pegiat bonsai yang tertantang untuk membuatnya menjadi sekecil mungkin.

7. Cemara Rentes

Tanaman yang satu ini memiliki daun yang lebat dan runcing. Batangnya sendiri tumbuh suka-suka ke segala arah. Namun hal itu membuat Cemara Rentes terlihat estetik dan unik. Cemara ini mengeluarkan aroma cemara yang khas, lho.

8. Cemara Arizona

Seperti namanya, cemara yang satu ini dulunya ditemukan di Arizona. Namun ada juga yang tumbuh di Texas bagian barat dan juga California bagian selatan.

Daunnya berwarna hijau semi kelabu dan batangnya coklat penuh serat. Pohon jenis yang satu ini sangat kuat menahan angin kencang sekalipun.

9. Cemara Wangi

Cemara Wangi bisa tumbuh di tanah hingga 10 meter. Oleh karena itu, pohon ini sangat cocok untuk peneduh.

Seperti cemara pada umumnya, pohon ini kuat untuk hidup di berbagai iklim dan ketinggian. Cemara Wangi juga mengeluarkan aroma khas cemara yang cukup semerbak. Maka dari itu, jangan ragu untuk menjadikannya warga di taman Anda.

10. Cemara Kinoki

Pernahkan Anda melihat pohon cemara yang tumbuh mungil di pot? Cemara Kinoki ini adalah salah satunya.

Jenis pohon cemara hias ini tumbuhnya menyamping, sehingga tidak tinggi seperti saudara-saudaranya yang lain. Karena ukurannya mini, banyak pegiat tanaman hias menggunakannya sebagai border.

11. Cemara Perak

Hal yang membuat pohon yang satu ini unik adalah warna daunnya yang keperakan ketika diterpa cahaya matahari. Cemara Perak akan cocok menjadi penghuni taman di rumah Anda.

12. Cemara Laut

Anda bisa menemukan pohon cemara yang satu ini berjajar di area pesisir. Cabangnya banyak dan halus. Ukuran batangnya pun kurus dan ramping, sehingga tidak masalah meskipun diterpa angin laut. Namun daunnya mudah sekali rontok.

13. Cemara Chinese Golden Tree

Apabila cemara pada umumnya berwarna hijau muda hingga tua, jenis yang satu ini berbeda. Daunnya berwarna kekuningan.

Meskipun begitu, pohon tersebut masih sangat sehat. Anda pun tidak perlu khawatir kalau daunnya gugur. Chinese Golden Tree ini memang unik dan cantik.

14. Cemara Embun

Cemara yang satu ini mendapatkan namanya karena bentuknya yang menyerupai embun. Selain itu, daunnya pun berwarna hijau muda yang menuju ke putih, seperti terkenal embun. Ini juga menjadi cemara yang cocok untuk hidup di pot.

15. Cemara Lilin atau Pecut

Cemara yang satu ini bisa tumbuh hingga 15 meter. Oleh karena itu pohonnya cocok untuk meneduhkan jalan-jalan yang gersang.

Bentuknya mengerucut seperti lilin yang menyala atau pecut. Tentu saja, Anda bisa menanamnya di rumah untuk peneduh.

16. Cemara Pua

Cemara Pua adalah jenis cemara yang dianugerahkan daun seperti tanduk rusa. Hal ini terjadi sepanjang tahun sehingga pohon ini tidak memiliki musim khusus untuk tumbuh dan berkmbang. Warna daunnya hijau tua dan cukup mudah untuk dirawat.

Kesimpulan

Menanam cemara mungkin memang bukan pilihan semua orang, apalagi jika pohonnya tumbuh membesar sedangkan lahan yang ada di rumah terbatas. Namun pohon cemara sangat apik untuk dekorasi taman dan rumah.

Setelah memahami berbagai jenis pohon cemara, Anda bisa memilih salah satu dan menanamnya di rumah. Cemara bonsai juga pilihan yang menarik, lho, untuk mempercantik rumah Anda.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar