Home » Apa Manfaat Bunga Mawar untuk Tubuh dan Kesehatan?

Apa Manfaat Bunga Mawar untuk Tubuh dan Kesehatan?

Bunga mawar memiliki deskripsi sebagai tanda cinta. Hingga saat ini ada berbagai jenis mawar yang juga memiliki berbagai warna berbeda.

Selain untuk fungsi dekoratif, bunga mawar punya segudang manfaat untuk tubuh manusia. Bahkan saat ini beberapa pihak membuat olahan dari bunga mawar sehingga menjadi bahan yang edible. Tapi, apa manfaat bunga mawar?

Di artikel ini, Anda akan menemukan segudang manfaat bunga mawar yang mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Simak baik-baik ulasannya, ya.

Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan

Manfaat Bunga Mawar untuk Kecantikan

Bunga mawar seringkali diasosiasikan dengan natural remedy untuk masalah kulit wajah, salah satunya adalah rose water untuk wajah berjerawat. Namun masih banyak lagi manfaat yang Anda dapatkan dari bunga mawar.

1. Mengobati Jerawat

Kegunaan bunga mawar untuk kulit dan kecantikan adalah untuk mengobat jerawat. Cara ini sangat cocok apabila Anda punya kulit yang sensitif dan tidak bisa sembarangan menggunakan produk kecantikan.

Untuk yang satu ini, Anda hanya perlu menyemprotkan air mawar dua kali sehari. Kelopak bunga mawar sangat kaya akan etanol fenil, yaitu senyawa yang menyetop pertumbuhan jerawat.

2. Menjaga Kelembaban Wajah

Selain itu, apabila Anda seringkali berurusan dengan kulit kering, jangan khawatir karena air mawar akan menyelamatkan Anda dari kondisi tersebut.

Biasanya kulit kering cenderung mudah berjerawat dan iritasi. Selain itu, kondisi ini juga menjadikan garis-garis halus muncul lebih cepat.

Oleh karena itu, jadikan air mawar sebagai face mist ataupun toner Anda. Kandungan antioksidan pada kelopaknya akan membantu melembabkan wajah secara alami.

3. Mencerahkan Warna Bibir

Bicara soal apa manfaat bunga mawar untuk kecantikan, bunga mawar dikenal dapat mencerahkan warna bibir yang gelap. Caranya pun mudah.

Anda hanya perlu mengumpulkan kelopak bunga mawar segar yang dihaluskan lalu dicampur dengan satu sendok susu dan satu sendok madu. Setelah semua campuran menjadi pasta, Anda bisa mengoleskannya ke bibir.

Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air setelahnya. Selain memberikan kesan bibir yang merah merona, campuran ini melembabkan kondisi bibir Anda., mengingat mawar terkenal sebagai pelembab alami.

4. Mengatasi Peradangan

Apa manfaat bunga mawar untuk kulit selain yang disebutkan di atas? Tanaman ini mampu meredakan peradangan pada kulit.

Tidak hanya melawan bakteri, kelopaknya mengandung senyawa yang menjaga kulit tetap calm dan sehat secara alami. Oleh karena itu, bunga berduri ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit tanpa efek samping.

5. Menghambat Aging

Meskipun menua adalah hal yang pasti, jangan biarkan hal tersebut datang lebih cepat. Merawat kulit wajah Anda dengan bunga mawar akan menjauhkan Anda dari penuaan dini. Yang Anda perlukan adalah rutin menggunakan air mawar sehari dua kali.

Manfaat Mawar untuk Kesehatan

Manfaat Mawar untuk Kesehatan

Tidak hanya untuk kecantikan, bunga ini punya segudang manfaat untuk kesehatan. Beberapa orang menggunakan ros kering untuk dijadikan minuman. Selengkapnya ada di bawah ini.

1. Memperbaiki Sistem Pencernaan

Menurut penelitian, bunga mawar dapat memperbaiki sistem pencernaan manusia. Dengan mengkonsumsi mawar secara rutin, proses pembuangan limbah pencernaan akan berlangsung lebih baik dan lancar, memperkuat pencernaan, serta merawat mukosa lambung.

Tidak jarang bunga yang satu ini digunakan untuk obat pencahar alami yang mengatasi sembelit. Selain itu, mawar juga berguna untuk membuang racun yang ada di tubuh.

Dalam hal ini, Anda bisa mencampur segenggam kelopak mawar dengan 50 ml air, lalu blender hingga halus. Setelahnya, campurkan air mawar tersebut ke minuman Anda setiap pagi ketika perut masih kosong.

2. Mengatasi Sakit Kepala

Minyak esensial mawar cukup efektif meredakan sakit kepala melalui aromanya. Selain itu, menurut penelitian aroma mawar ini mampu memperbaiki mood dan meredakan gejala kecemasan.

Anda bisa mencampurkan beberapa kelopak bunga mawar ke air panas yang akan Anda gunakan untuk mandi. Lalu, diamkan campuran tersebut selama beberapa saat hingga aromanya keluar.

Campuran bunga mawar dan air hangat akan membuat Anda lebih rileks setelah mandi.

3. Mengurangi Nafsu Makan

Ada sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa meminum teh mawar dapat mengurangi nafsu makan berlebih. Hal ini disebabkan oleh efek diuretik yang dimiliki bunga mawar.

Anda hanya perlu minum dua cangkir bunga mawar sehari untuk merasakan khasiatnya. Selain itu, minum teh mawar secara rutin akan membuang racun dalam tubuh, yang tentu saja memberikan banyak hal positif untuk Anda.

4. Memperbaiki Sistem Imun

Seperti yang kita tahu, bunga mawar memiliki segudang antioksidan penting untuk tubuh manusia. Salah satu antioksidan yang terkandung di bunga mawar ini berguna untuk meningkatkan sistem imun manusia.

Selain itu, kelopak bunga mawar ini mengandung vitamin C yang akan menjaga tubuh Anda tetap fit. Untuk menikmati khasiat bunga mawar yang satu ini, Anda bisa mengkonsumsi teh mawar secara rutin.

5. Bagus untuk Mata

Kelopak bunga mawar ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk obat tetes mata alami. Anda bisa membuat air mawar untuk merasakan khasiatnya.

Selain bisa mengatasi mata kering, air mawar ini juga bisa mengatasi iritasi mata. Bahkan menurut riset, air mawar ini membantu penyembuhan setelah operasi mata dan treatment lainnya.

Manfaat Lain Bunga Mawar

Selain untuk kesehatan dan kecantikan, bunga mawar juga masih punya segudang hal menarik yang Anda perlu tahu. Berikut adalah manfaat lain dari bunga mawar serta beberapa fun fact.

1. Bunga Hias

Apa manfaat bunga mawar ungu? Sebagian besar orang memanfaatkan bunga ini untuk hiasan. Bunga mawar yang wangi berasal dari kalangan Rosa glauca dan Rosa rubiginosa.

2. Bunga Potong

Bunga mawar hanya tumbuh subur dengan cepat di negara dengan iklim tertentu, namun keberadaannya sekarang selalu ready di setiap negara.

Negara yang beriklim sedang biasanya memanfaatkan green house untuk membiakkan bunga mawar. Namun di negara yang iklimnya cenderung hangat, mawar dibudidayakan di tempat yang tertutup sehingga bebas hama dan tidak terganggu cuaca.

3. Minyak Wangi

Parfum dan wewangian adalah manfaat lain dari bunga mawar. Namun memang hanya jenis mawar tertentu yang ekstraknya bermanfaat untuk parfum.

Misalnya, Iran, Jerman, dan Bulgaria menggunakan Rosa x damascena Trigintipetala untuk parfum, sedangkan negara lainnya menggunakan spesies yang lebih umum, Rosa x centifolia.

Dibutuhkan sekitar 2.000 bunga mawar untuk membuat 1 gram minyak mawar.

4. Produk Makanan dan Minuman

Selain untuk teh, mawar juga bisa disulap menjadi makanan. Ada beberapa jenis mawar yang menghasilkan buah. Jenis-jenis tersebut bernama rose haw, rose hep, maupun rose hip. Selain untuk dekorasi, buahnya bisa diolah menjadi sup, selai, marmalade, dan jeli.

Apabila air mawar populer dengn apa manfaat bunga mawar untuk wajah, beberapa negara di Timur Tengah dan Asia Selatan menggunakannya untuk sajian kuliner. Beberapa makanan seperti Turkish delight, gumdrops, kanafeh, dan baklava memasukkan air mawar sebagai salah satu bahannya.

Penutup

Jadi seperti itulah berbagai manfaat mawar untuk manusia. Selain untuk sesuatu yang bersifat dekoratif dan wewangian, Anda bisa mengonsumsi mawar juga, bukan? Semoga ada informasi yang bisa diambil, ya, setelah mengetahui apa manfaat bunga mawar.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar