Home » Pohon Sisir: Bisa Disulap Menjadi Bonsai yang Cantik!

Pohon Sisir: Bisa Disulap Menjadi Bonsai yang Cantik!

Apabila Anda adalah seorang pegiat bonsai, tentu nama Pohon Sisir tidak asing lagi di telinga Anda. Tanaman yang biasa disebut Sisir Kaliage ini memiliki berbagai fakta menarik yang penting untuk Anda ketahui.

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan menjelaskan hal-hal menarik tentang Sisir Kaliage. Simak penjelasan kami di bawah ini dan dapatkan informasi penting, terutama untuk Anda para pecinta bonsai!

Apa Itu Pohon Sisir?

pohon sisir

Tanaman ini memiliki nama ilmiah Cudrania cochinchinensis atau Maclura cochinchinensis adalah tanaman yang berjenis semak. Tanaman ini berada di keluarga Moraceae.

Meskipun Sisir Kaliage cukup populer di Cina, nyatanya tanaman ini juga tumbuh di berbagai negara di Asia Timur hingga Myanmar, Malaysia, Indonesia, dan Australia.

Akan sangat mudah menemukan tanaman ini di hutan tropis. Tidak hanya memiliki batang dan daun yang mudah dikenali, buah pohon sisir pun cukup unik. Bentuknya kecil dan berwarna jingga serta bisa dimakan.

Bahkan diketahui buahnya yang manis tersebut pernah menjadi makanan tradisional suku Aborigin. Secara umum, pohon ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Bentuk batangnya eksentrik dan seperti terdiri dari bilah-bilah kecil memanjang.
  • Daun di setiap pohonnya sangat rimbun meskipun helainya kompak dan kecil.
  • Pegiat bonsai menyukai tanaman ini karena mudah sekali dibentuk dengan berbagai metode.
  • Meskipun menyukai area hutan tropis, Sisir Kaliage bisa beradaptasi dengan baik di berbagai media tanam. Pertumbuhannya pun relatif cepat.

Walaupun pertumbuhannya bisa dibilang cepat, ternyata perlu sekitar 10 tahun agar batangnya bisa mencapai diameter 10 cm. Dan apabila berada di dataran rendah, tanaman ini akan tumbuh lebat seperti semak-belukar pada umumnya.

Tanaman ini memiliki beberapa jenis, yang terlihat mirip satu sama lain. Varian tanaman Sisir di antaranya adalah,

  • Maclura chochinsinensis
  • Cudrania javanensis
  • Maclura Pomifera
  • Maclura tinctoria

Lalu bagaimana cara mengenali tanaman yang satu ini di alam liar? Baca lebih lanjut penjelasan kami tentang Sisir Kaliage di bawah ini.

Ciri-ciri Pohon Sisir

Seperti penjelasan sebelumnya pohon sisir adalah tanaman liar. Keberadaannya menjadi buruan para pegiat bonsai, bahkan di akhir tahun 88 hingga 90-an tanaman ini menjadi primadona bonsai Indonesia.

Hingga saat ini, tanaman yang satu ini mudah sekali dijumpai di perbukitan maupun persawahan. Kenali anatomi ciri-ciri pohon sisir di alam liar berikut ini apabila Anda berniat untuk membuat bonsai yang maha cantik.

Daun tanaman Sisir

Daun pohon sisir memiliki bentuk yang membujur lalu membulat seperti telur. Pada umumnya, daun ini memiliki panjang 8 cm dan lebar 3 cm.

Tentu saja ukuran di atas bisa bervariasi, tergantung habitatnya. Seperti penjelasan sebelumnya, tanaman ini akan berbentuk seperti semak belukar yang padat.

Bunga tanaman Sisir

Kamu juga sudah menjelaskan sebelumnya bahwa tanaman Sisir atau Kaliage ini pernah menjadi primadona bonsai di Indonesia. Meskipun pohonnya bisa besar, pohon yang masih berusia muda ukuranya cukup mungil.

Hal ini juga terjadi pada bunga dari tanaman ini. Diameter bunga Sisi jantan hanya mencapai 1 cm, bahkan lebih kecil. Sedangkan bunga betina rata-rata berdiameter 1 cm dan warnanya kuning terang.

Buah tanaman Sisir

Tanaman yang satu ini juga memiliki bentuk buah yang khas. Ukurannya bisa mencapai 5 cm, cukup besar untuk pohon yang masih muda.

Buah ini biasanya berwarna jingga kemerahan lalu berubah kecokelatan apabila sudah siap untuk dimakan. Tanaman ini masuk musim berbuah di bulan April hingga Mei.

Akan sangat mudah berburu tanaman ini di bulan-bulan tersebut karena banyak ciri khas yang bisa Anda lihat dengan mata telanjang. Tidak hanya di dataran tinggi, Anda bisa menemukan tanaman ini di laut dan area pesisir.

Bagaimana bentuknya di alam liar?

Ciri-ciri di atas yang kami sebutkan dapat mewakili pohon Sisir secara umum. Namun kami tidak akan bosan untuk menegaskan bahwa tanaman ini memiliki bentuk berbeda tergantung tempat tumbuhnya.

Mengingat tanaman Sisir mampu beradaptasi di mana saja dengan mudah, Anda perlu tahu juga bagaimana tampilannya di alam liar.

Tanaman ini terlihat seperti semak-semak pada umumnya dengan daun yang padat, apalagi ketika tanaman ini tumbuh di dataran rendah. Tingginya pun bisa mencapai 5 meter.

Tidak hanya bentuk daun yang khas, namun juga batangnya memiliki cabang melengkung atau kadang juda lurus sepanjang 3 cm, dan sebagian besar berduri ketika sudah tua.

Kenapa bonsai Sisir sangat populer?

Sebenarnya tanaman ini memiliki segudang kebaikan untuk kesehatan manusia. Sudah lama tanaman Sisir digunakan sebagai salah satu obat herbal. Namun kamu akan membahasnya di sub-bab berikutnya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, tanaman Sisir sangat populer di kalangan pegiat bonsai bahkan pernah menjadi primadona di kancah per-bonsai-an Indonesia. Tentu saja hal ini beralasan. Di antaranya adalah,

  • Akar dan batang tanaman ini memilik warna yang unik dan indah.
  • Akarnya kokoh dan kuat namun juga cantik ketika telah menjadi bonsai.
  • Batangnya terlihat kuat dan memiliki otot, apalagi jika tanaman ini diperoleh langsung dari alam.
  • Tunas baru mudah muncul meskipun Anda memindahkannya di pot.
  • Karakter batangnya mudah sekali dibentuk menggunakan berbagai metode maupun berbagai macam gaya. Namun juga tidak mudah patah.
  • Daunnya tergolong panjang, namun mudah dibuat kerdil.

Namun seperti tanaman pada umumnya, tanaman Sisir juga memiliki “pantangan” yang bisa membuatnya mudah mati. Hama yang sering menyerang adalah ulat kayu.

Apabila hama ini sudah menginvasi tanaman ini, maka daunnya akan mulai menguning satu per satu dan tidak lama kemudian pohon akan mati. Oleh karena itu, tanaman ini memang lebih awet ketika ada di alam.

Cara Menanam Bakal Bonsai Sisir

Apakah Anda tertarik menggunakan tanaman Sisir untuk bonsai di rumah Anda? Tentu saja Anda bisa beli yang sudah jadi di toko tanaman hias terdekat. Namun jika Anda ingin mencobanya sendiri dari awal, Anda bisa memulainya dengan menanam bakalnya.

Untuk menanam bakalnya, pastikan Anda memilih jenis tanaman yang sehat dan bagus. Lalu ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Siapkan media tanam dan kompos dengan perbandingan 2:2.
  • Kemudian, campurkan keduanya ke pot yang sudah Anda siapkan. Isi pot hingga penuh ¼ bagian lalu masukkan bakal bonsai yang sudah siap.
  • Timbun batang tersebut hingga pot terisi penuh.
  • Anda bisa menyisihkan tanaman tersebut selama 10 hari, kurang lebih. Pastikan Anda meletakkannya di tempat yang teduh dan sejuk serta tidak terpapar matahari langsung.

Setelah 10 hari, Anda bisa menaburkan bubuk pestisida ke permukaan tanah untuk menghindari berbagai hama dan penyakit yang mungkin menyerang tanaman ini.

Kegunaan dan Manfaat Tanaman Sisir

Selain untuk tanaman hias, tanaman Sisir juga memiliki segudang manfaat yang bisa Anda manfaatkan. Di antaranya adalah,

  • Ekstraknya berguna untuk menyembuhkan berbagai penyakit pencernaan dan organ dalam.
  • Akarnya mengandung antioksidan penting untuk tubuh.
  • Daun yang masih muda bisa dikonsumsi mentah-mentah.
  • Kayunya bisa meredakan demam.
  • Bisa menghasilkan pewarna alami untuk tekstil.

Akhir Kata

Tanaman Sisir masih menjadi salah satu jenis pohon yang populer untuk tanaman hias terutama setelah menjadi bonsai. Harga pohon Sisir yang sudah menjadi bonsai pun bervariasi, mulai dari 35 ribu rupiah hingga jutaan, tergantung dari tingkat kesulitannya.

Oleh karena itu, apabila Anda memang pegiat bonsai, tidak ada salahnya untuk menjadikan tanaman yang satu ini sebagai bonsai karena nilai ekonomisnya. Demikian penjelasan panjang tentang pohon Sisir yang perlu Anda tahu. Semoga bermanfaat.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar