Home » Pohon Trengguli (Cassia Javanica): Cara Menanam dan Merawat

Pohon Trengguli (Cassia Javanica): Cara Menanam dan Merawat

Pohon trengguli (Cassia Javanica) adalah salah satu tanaman hias yang memiliki bunga cantik berwarna merah mudah. Nama latin trengguli wanggang adalah , tanaman ini juga biasa dikenal sebagai bobondelan dan Pohon Tengguli. Pohon Trengguli yang terkenal memiliki bunga yang indah dan mempesona.

Bobondelan merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman ini biasanya tumbuh di tempat terbuka seperti hutan. Pohon bobondelan biasanya tumbuh di ketinggian sekitar 400 mdpl, yaitu di tanah vulkanik, tanah berpasir, dan tanah berkapur.

Perlu Anda ketahui, tanaman ini sudah lama dibudidayakan dan bisa Anda temukan di Tiongkok Selatan, Thailand, dan Indochina. Pohon bobondelan biasanya ditanam di sisi jalan dan wilayah taman, karena memang pohon ini sangat rindang dan memiliki bunga yang sangat indah.

Nama umumTrengguli wanggang, Bobondelan
Nama Botani / Nama LatinCassia javanica L
Keluarga/FamilyFabaceae
Tipe tanamanPohon Tanaman Pelindung, Tanaman naungan
Ukuran tanaman3 - 20 meter
Lebar tanaman5 - 15 meter
CahayaMembutuhkan banyak sinar matahari
AirAir yang dibutuhkan sedang
HamaUlat, siput, uret, dan serangga
PenyakitJamur
ToksisitasDiare

Jenis-Jenis Dari Cassia (Pohon Trengguli)

Sebagai tanaman hias, manfaat pohon trengguli juga sangat banyak. Selain memiliki batang yang sangat kuat dan awet, daun dan beberapa bagian trengguli juga dapat digunakan sebagai obat. Untuk itu, ketahui beberapa jenis tanaman trengguli seperti berikut.

  1. Cassia Acutifolia / Cassia Angustifolia – Cassia acutifolia dengan nama latin senna alexandrina merupakan tanaman semak asli dari Mesir. Tanaman ini memiliki ketinggian maksimal 2 meter dan memiliki bunga berwarna kuning.
  2. Cassia Bersayap – Berikutnya cassia bersayap dengan nama latin senna alata. Tanaman asli dari Meksiko bisa tumbuh 1 – 4 meter dan ciri-ciri pohon trengguli ini memiliki bunga berwarna kuning dengan ukuran cukup besar.
  3. Cassia Auriculata – Nama latin tanaman ini adalah senna auriculata yang berasal dari India dan Sri Lanka. Tanaman ini mampu tumbuh hingga 2-3 meter dan memiliki daun paripinnate berwarna hijau.
  4. Cassia Corymbosa – Cassia corymbosa dengan nama latin senna corymbosa asli dari Amerika Serikat. Tanaman ini bisa tumbuh hingga 2,5 meter dan memiliki bunga berwarna kuning.
  5. Cassia Didymobotrya – Cassia Didymobotrya atau dengan nama latin senna didymobotrya, biasa dikenal dengan nama pohon kandil. Tumbuhan ini berasal dari Afrika dengan tinggi maksimal sekitar 3-9 meter.
  6. Fistula Cassia – Tanaman ini juga biasa dikenal dengan nama golden shower, pohon trengguli ini berasal dari Mesir. Tanaman ini bisa tumbuh sekitar 6 – 20 meter dan memiliki bunga yang indah dan aromatik.
  7. Cassia Grandis – Cassia Grandis atau biasa dikenal dengan nama carao, canandonga, atau cimarrona ini berasal dari Amerika dan bisa tumbuh hingga 30 m. Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah muda.
  8. Cassia Javanica – Cassia javanica merupakan pohon yang berasal dari Indonesia dan bisa tumbuh hingga 25 meter. Selain itu, tanaman ini juga memiliki bunga berwarna merah muda yang sangat cantik.
  9. Cassia Obovata – Cassia obovata dengan nama latin senna italica yang berasal dari Afrika ini memiliki ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini bisa dibuat bonsai trengguli dan bunganya berwarna kuning.
  10. Cassia Obtusifolia – Kemudian cassia obtusifolia dengan nama latin senna obtusifolia adalah tanaman herba monokarpik yang berasal dari Asia, Afrika, Oceania, dan Amerika. Tingginya sekitar 20 cm hingga 2 meter.
  11. Cassia Occidentalis – Tanaman dengan nama latin Senna occidentalis ini bisa tumbuh antara 40 cm hingga 1,2 m. Pohon asam trengguli ini memiliki bunga berwarna kuning dan baunya tidak sedap.
  12. Cassia Spectabilis – Nama latin tanaman ini adalah Senna spectabilis yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini bisa tumbuh antara 2 sampai 15 meter dan memiliki bunga berwarna kuning.
Jenis Dari Cassia Javanica (Pohon Trengguli)

Kondisi Penanaman Pohon Trengguli (Cassia Javanica)

Apabila Anda ingin menanam tanaman trengguli atau bobondelan, sebaiknya Anda menanamnya pada saat musim semi. Sebenarnya tanaman ini tergolong mudah untuk ditanam dan bisa menyesuaikan dengan habitat baru dengan mudah.

Waktu yang dibutuhkan pohon trengguli Thailand untuk tumbuh ini bisa dikatakan sangat cepat, jika dibandingkan tanaman lainnya. Karena hanya dalam beberapa tahun saja, pohon sudah tumbuh cukup besar dan sudah bisa berbunga.

Sebelum Anda mulai menanam pohon bobondelan atau trengguli ini, sebaiknya lakukan beberapa persiapan terlebih dahulu. Diantaranya yaitu mempersiapkan biji trengguli yang akan digunakan sebagai bibit, lahan menanam, air, dan pupuk untuk menanam.

Bagaimana Cara Menanam Pohon Trengguli (Cassia Javanica)?

Cara menanam pohon trengguli bisa dikatakan sangat mudah dan tidak membutuhkan proses yang sulit. Karena pada dasarnya tanaman ini mudah beradaptasi di berbagai kondisi, meskipun bukan berada di habitat aslinya. Beberapa cara menanam trengguli yaitu sebagai berikut.

  1. Menyiapkan Bibit Trengguli

    Untuk menanam trengguli atau bobondelan, Anda harus menyiapkan bibit yang berkualitas. Bibit yang digunakan untuk menanam pohon ini berupa biji, karena tanaman ini berkembangbiak secara generatif. Maka, pastikan Anda menyiapkan biji trengguli yang berkualitas.

  2. Menyiapkan Lahan untuk Menanam

    Jangan lupa untuk menyiapkan lahan untuk menanam pohon trengguli. Lahan yang dibutuhkan untuk menanam trengguli jika di habitat aslinya adalah di kawasan beriklim sejuk seperti pegunungan dengan suhu sekitar 10° C.

    Namun, karena tanaman ini mudah beradaptasi maka Anda bisa menanamnya di daerah beriklim tropis. Hal yang terpenting adalah lahan yang digunakan berada di tempat terbuka dan mendapatkan cukup sinar matahari.

  3. Membuat Lubang untuk Menanam

    Setelah bibit dan lahan sudah siap, maka sekarang waktunya menyiapkan lubang untuk menanam. Buatlah lubang menggunakan cangkul atau sejenisnya dengan kedalaman sekitar 20 cm.

    Semakin dalam lubang yang dibuat, maka kekuatan cengkraman akar tanaman akan semakin kuat saat tumbuh. Apabila lubang sudah siap masukkan biji trengguli dan timbun lagi dengan tanah. Jangan lupa membuat parit kecil di sekeliling lubang agar air dapat meresap dengan baik.

  4. Memberikan Pupuk Organik

    Supaya pohon dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal, maka jangan lupa memberikan pupuk organik berkualitas. Pupuk yang digunakan berupa pupuk kompos atau kandang.

  5. Penyiraman Air

    Selain menyiapkan pupuk organik, Anda juga wajib menyiapkan air untuk menyirami tanaman setiap hari. Air yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu banyak, hanya sekedar agar tanah menjadi lembab dan jangan berlebihan dalam penyiraman.

    Selain melakukan penanaman trengguli dari bibit berupa biji, Anda juga bisa menanamnya dari bibit pohon yang sudah cukup besar. Untuk mendapatkannya Anda bisa membelinya di tempat jual bibit pohon trengguli terdekat.

Cara Menanam Cassia Javanica(Pohon Trengguli)

Panduan untuk Merawat Pohon Trengguli (Cassia Javanica)

Bagi Anda yang memiliki pohon bobondelan, maka Anda harus tahu cara merawat tanaman ini dengan baik. Berikut beberapa panduan perawatan trengguli atau bobondelan yang perlu diperhatikan.

Kebutuhan Cahaya Matahari

Untuk mendukung pertumbuhan tanaman trengguli, pastikan Anda menanamnya di tempat yang terbuka. Karena pada dasarnya tanaman ini membutuhkan sinar matahari cukup banyak. Dengan asupan cahaya matahari yang cukup, maka trengguli akan cepat tumbuh besar.

Kebutuhan Air

Kemudian untuk asupan kebutuhan akan air, tanaman bobondelan atau trengguli ini terbilang sedang. Untuk penyiraman bisa Anda lakukan setiap hari, namun jangan berlebihan hanya sekedar agar tanah menjadi lembab saja.

Suhu Tanaman yang Sesuai

Pada habitat aslinya, tanaman trengguli ini berada di pegunungan dengan suhu sekitar 10° C. Akan tetapi, tanaman ini juga bisa Anda tanam di tempat yang panas. Karena trengguli adalah tanaman yang mudah beradaptasi dan bisa tumbuh dengan baik di berbagai tempat.

Kelembaban

Selanjutnya untuk tingkat kelembaban yang dibutuhkan tanaman ini adalah sedang. Dalam perawatannya Anda hanya perlu menyirami tanaman secara rutin untuk menjaga kelembaban tanah.

Tanah

Kondisi tanah yang sesuai untuk tanaman ini adalah tanah yang lembab. Karena pada dasarnya tanaman ini aslinya hidup di kawasan beriklim sejuk, maka kelembaban tanahnya harus selalu terjaga agar bisa tumbuh dengan baik.

Mulsa

Penambahan mulsa dalam penanaman bibit trengguli yang berupa biji juga dibutuhkan. Dengan menggunakan mulsa, maka kelembaban tanah akan lebih stabil.

Perawatan Saat Musim dingin

Apabila suhu ruangan tidak di bawah -1° C, maka tanaman ini tidak perlu dipindahkan ke dalam ruangan. Namun jika suhu berada di bawah suhu -1° C, sebaiknya pindahkan trengguli di dalam ruangan seperti ruang tamu.

Pemangkasan Batang

Untuk pemangkasan dalam perawatan pohon trengguli hanya sekedar merapikan batang yang sudah terlalu panjang atau kering saja. Dengan begitu, tanaman akan terlihat lebih rapi dan indah dipandang.

Pupuk

Pupuk yang digunakan dalam perawatan tanaman trengguli bisa berupa pupuk organik. Pupuk yang menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Pemberian pupuk secara rutin akan mempercepat pertumbuhan trengguli.

Makanan

Pastikan pemberian pupuk, air dan cahaya yang dibutuhkan tumbuhan tercukupi, sehingga dapat tumbuh dengan baik.

Perkembangbiakan

Perkembangbiakan trengguli ini dilakukan secara generatif atau menggunakan biji untuk berkembang.

Hama & penyakit

Hama yang biasa menyerang tanaman ini biasanya seperti ulat, uret, dan serangga. Sedangkan untuk penyakit yang biasa menyerang adalah jamur.

Manfaat Merawat Pohon Trengguli di Kebun Anda

Dalam perawatan trengguli, tentunya selain indah dipandang tanaman ini juga memiliki manfaat lain. Beberapa manfaat tanaman trengguli untuk kesehatan yaitu:

  • Mengobati Luka Dan Bisul
  • Mengobati Gatal-Gatal Kulit
  • Anti-Malaria
  • Anti-Kanker
  • Menyembuhkan Radang Sendi

Apakah Cassia Javanica Beracun?

Tanaman trengguli(Cassia Javanica) adalah tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan tidak beracun. Akan tetapi, jika penggunaan trengguli ini berlebihan dari dosis yang seharusnya, maka hal ini juga bisa menyebabkan beberapa gangguan kesehatan, seperti alergi dan diare.

Kesimpulan

Tanaman trengguli atau biasa dikenal pohon bobondelan ini memiliki banyak manfaat, mulai dari biji, daun, hingga akarnya dapat dimanfaatkan untuk obat herbal. Untuk mendapatkan bibit pohon Trengguli berkualitas, maka Anda bisa mendapatkannya di tempat jual pohon trengguli.

Baca Juga Artikel Kami Tentang Menanam dan Merawat Aneka Tanaman:

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar