Home » Strelitzia: Cara Menanam dan Merawatnya di Kebun Anda

Strelitzia: Cara Menanam dan Merawatnya di Kebun Anda

Bunga Strelitzia adalah yang berasal dari Afrika dan memiliki nama ilmiah Strelitzia Reginae. Bunga ini juga biasa dikenal dengan nama bunga burung cendrawasih atau tanaman Bird Of Paradise, karena memiliki warna dan bentuk yang unik.

Ketika bunga burung cendrawasih ini mekar, bunga ini memiliki berbagai macam jenis warna yaitu orange, ungu, dan putih. Selain itu, aroma yang dikeluarkan juga sangat harum dan mampu menenangkan pikiran.

Menumbuhkan Sterlitzia membuat suasana rumah semakin nyaman dan asri. Pada artikel ini saya telah menjelaskan panduan lengkap tentang cara menanam dan merawat Sterlitzia.

Strelitzia: Ikhtisar Cepat

Nama umumStrelitzia atau Bird Of Paradise
Nama IlmiahStrelitzia Reginae
Keluarga/FamilyMusaceae
Tipe tanamanTanaman berbunga indah
Ukuran tanaman70 cm
Lebar tanaman20 – 35 cm
waktu berbungaMusim semi
Warna bungaOrange, putih, dan ungu
CahayaMembutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak
AirMembutuhkan sedikit air
HamaSiput, tungau, laba-laba
PenyakitJamur
ToksisitasBeracun bagi hewan peliharaan

Jenis Strelitzia

Untuk jenis bunga burung cendrawasih ini dibedakan menjadi 5 spesies. Kemudian setiap spesies ini memiliki ukuran dan warna yang berbeda. Untuk mengetahuinya simak pembahasan berikut ini:

1. Strelitzia Alba

Bunga jenis ini juga biasa dikenal dengan nama bunga Cendrawasih Putih. Bunga ini mampu tumbuh hingga 10 meter dan memiliki lebar daun 2 meter.

2. Strelitzia Caudata

Kembang cendrawasih jenis ini mampu tumbuh hingga 6 meter dan memiliki daun hingga 1,5 m dengan warna hijau keabu-abuan. Bunga ini berwarna kebiruan dan bertunas di musim gugur.

3. Strelitzia Juncea

Bunga ini dibedakan berdasarkan bentuk daunnya. Bunga jenis ini memiliki bentuk daun seperti jarum dan memiliki ketinggian sekitar 1,2 meter.

4. Strelitzia Nicolai

Varietas bunga ini mirip dengan S. Alba, serta memiliki ketinggian sekitar 4-5 meter. Bunga S. Nicolai ini berwarna biru dan lebih banyak mekar pada musim panas.

5. Reginae Strelitzia

Bunga ini juga dikenal sebagai tanaman cendrawasih. Strelitzia Nicolai vs reginae memiliki tinggi tidak lebih 1 m dan nicolai sekitar 4 m, serta memiliki warna bunga orange yang cantik.

Baca Artikel Serupa: Bunga Merak: Cara Menanam dan Merawat (Manfaat Tanaman)

Kondisi Penanaman Strelitzia

Untuk menanam bunga bunga cendrawasih ini sebenarnya cukup mudah. Namun apabila Anda belum pernah melakukannya, maka Anda harus memperhatikan beberapa hal penting sebelum menanamnya.

  • Waktu terbaik untuk menanam bunga ini adalah saat musim semi. Pada waktu ini, bunga akan lebih mudah tumbuh dan tingkat kesuksesannya lebih besar. Bunga Cendrawasih ini membutuhkan waktu sekitar 7 tahun, untuk tumbuh dan mampu berbunga dengan indah.
  • Sebelum menanam bunga ini, maka Anda harus melakukan beberapa persiapan. Beberapa persiapan tersebut diantaranya yaitu mempersiapkan bibit bunga Bird of Paradise, mempersiapkan lahan menanam dan pupuk secukupnya.

Bagaimana Cara Menanam Strelitzia?

Apakah Anda ingin menanam Bird of paradise flower di rumah? Untuk menanam bunga ini Anda harus mempersiapkan beberapa hal penting seperti yang disebutkan sebelumnya. Kemudian lakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Menyiapkan Bibit yang Akan Ditanam

    Sebelum menanam Strelitzia reginae atau jenis yang lainnya, maka Anda harus mempersiapkan benih atau bibit bunga tersebut. Ketika Anda menanam bungan Bird of Paradise ini dari benih, maka setidaknya membutuhkan waktu 7 tahun hingga mampu berbunga dengan indah.

    Sedangkan apabila Anda sudah tidak sabar melihat bunga ini, maka Anda bisa menanamnya dari bibit tanaman yang sudah dewasa. Dengan begitu, tidak akan membutuhkan waktu lama agar tanaman ini berbunga.

    Ketika Anda menanam bunga ini dari benih, maka Anda harus merendam benih bunga Cendrawasih ini selama 3 hari. Pastika selama 3 hari ini Anda mengganti air rendaman, agar benih yang dihasilkan berkualitas.

  2. Menyiapkan Media Atau Lahan Tanam

    Apabila proses merendam benih sudah selesai, lalu siapkan lahan untuk menanam benih. Dalam proses ini, pastikan temperatur suhu lingkungan kurang lebih sekitar 10º – 23º C. Namun, jika suhu di lingkungan tidak sesuai maka Anda bisa menanamnya di pot.

  3. Pastikan Sinar Matahari Cukup

    Kemudian yang tidak kalah penting adalah memastikan sinar matahari cukup untuk tanaman. Hal ini dikarenakan bunga Bird of Paradise ini membutuhkan cahaya matahari yang cukup banyak untuk bertahan hidup.

  4. Pemberian Pupuk

    Setelah beberapa minggu, benih akan mulai tumbuh dan memiliki akar. Pada masa ini, Anda bisa memberikan pupuk pada tanaman secukupnya saja. Dengan begitu, benih bunga akan cepat tumbuh dan berkembang.

Cara Menanam Strelitzia

Bagaimana Cara Merawat Strelitzia?

Dalam merawat bunga ini ada beberapa panduan yang wajib Anda patuhi yaitu:

Kebutuhan Cahaya Matahari

Dalam penanaman bunga bird of paradise, sebaiknya Anda menanamnya di tempat terbuka. Karena bunga ini membutuhkan banyak cahaya matahari untuk bertahan hidup.

Kebutuhan Air

Untuk kebutuhan air tanaman ini hanya membutuhkan sedikit air. Pastikan jangan terlalu banyak menyirami air, karena dapat menyebabkan akar pohon membusuk.

Suhu Tanaman Yang Sesuai

Ketika Anda menanam bunga Strelitzia, maka pastikan suhu lingkungan sekitarnya kurang lebih 10º – 23º C. Hal ini tentu mempengaruhi pertumbuhan bunga burung cendrawasih ini.

Kelembaban

Kemudian untuk kelembaban, tanaman ini tidak menyukai kelembaban dan lebih menyukai sinar matahari yang cukup setiap hari.

Tanah

Tanah yang digunakan untuk menanam bunga ini sebenarnya cukup mudah, namun yang terpenting tanah ini tidak terlalu lembab dan berair.

Penambahan Mulsa

Saat menanam bunga ini Anda tidak membutuhkan mulsa, karena tanaman ini tidak terlalu membutuhkan kelembaban pada tanah.

Perawatan Saat Musim Dingin

Untuk perawatan bunga Strelitzia pada musim dingin, sebaiknya Anda pindahkan pada pot dan masukkan ke dalam ruangan.

Cara Merawat Strelitzia

Pemangkasan Batang dan Bunga

Untuk pemangkasan batang dan bunga bisa dilakukan hanya pada bagian batang atau bunga yang sudah layu. Hal ini dilakukan agar tanaman tetap terlihat indah dan segar.

Pupuk

Dalam pemupukan tanaman ini, sebaiknya Anda menggunakan pupuk organik cair. Sehingga zat dalam pupuk dapat terserap oleh tanaman dengan lebih mudah.

Makanan

Pastikan Anda memberikan sinar matahari, pupuk dan air dengan cukup dan tidak berlebihan. Dengan begitu, tanaman bisa tumbuh dan menghasilkan bunga yang indah.

Perkembangbiakan

Untuk berkembangbiak bungaini menggunakan perkembangbiakan generatif, yaitu melalui biji. Kemudian dari biji ini akan tumbuh dan menjadi tanaman baru.

Hama & penyakit

Ketika Anda menanam bunga ini waspadai terhadap beberapa hama berbahaya seperti siput, tungau, laba-laba yang bisa merusak daun tanaman. Kemudian salah satu penyakit yang bisa mengganggu perkembangan bunga ini adalah jamur.

Manfaat Strelitzia di Kebun Anda

Untuk melakukan perawatan tanaman hias Strelitzia, Anda wajib mengetahui beberapa hal penting berikut ini agar tanaman bird of paradise bisa tumbuh dengan baik.

  • Penyiraman tanaman bisa dilakukan 2 minggu sekali. Kemudian pada saat musim dingin, kurangi intensitas penyiraman.
  • Apabila Anda menanamnya di pot, maka pastikan Anda selalu membuang genangan air di bagian bawah pot.
  • Jangan lupa berikan pupuk di dasar tanaman, kira-kira 2 kali seminggu.
  • Kemudian untuk mengatasi hama uret, usahakan untuk membasminya secara langsung dan jangan menggunakan pestisida.

Apakah Strelitzia Beracun?

Bagi Anda yang memiliki hewan peliharaan, maka sebaiknya Anda berhati-hati dan jangan sampai biji bunga ini tertelan oleh hewan peliharaan. Biji bunga ini beracun dan dapat menyebabkan sakit perut dan muntah-muntah.

Kesimpulan

Berbeda dengan Strelitzia apus, bunga ini memiliki warna yang sangat cantik. Dalam perawatan bunga Strelitzia, pastikan sinar matahari cukup dan hindari menyiram bunga secara berlebihan. Dengan begitu, bunga dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang indah.

Baca Juga Panduan Utama kami untuk Menanam dan Merawat Berbagai Bunga:

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar