Buah Delima: Taksonomi, Jenis, Cara Menanam, dan Manfaatnya

Duniatumbuhan.com – Buah delima merupakan salah satu jenis buah-buahan yang cukup populer di dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai taksonomi dan klasifikasi buah delima, beberapa jenis buah delima populer, cara menanam dan merawat buah delima, serta manfaat buah delima bagi kesehatan.

Taksonomi dan Klasifikasi Buah Delima

Buah delima merupakan buah dari pohon delima (Punica granatum), yang berasal dari Asia Barat dan Timur Tengah. Pohon ini dapat tumbuh hingga mencapai ketinggian 5-8 meter, dan memiliki daun hijau berbentuk oval yang tumbuh di ranting-rantingnya. Buah delima sendiri biasanya berbentuk bulat dan berukuran sedang, dengan kulit keras dan berwarna merah atau merah tua.

Secara taksonomi, buah delima termasuk dalam famili Punicaceae. Beberapa spesies lain yang masuk dalam famili yang sama antara lain genus Berberis dan Lythrum. Adapun klasifikasi buah delima secara ilmiah adalah sebagai berikut:

  • Kingdom: Plantae
  • Divisi: Magnoliophyta
  • Kelas: Magnoliopsida
  • Ordo: Myrtales
  • Famili: Punicaceae
  • Genus: Punica
  • Spesies: Punica granatum

Jenis-Jenis Buah Delima

Ada beberapa jenis buah delima yang populer di dunia, di antaranya:

  • Buah delima hitam (Black pomegranate): Jenis buah delima ini memiliki kulit berwarna merah kehitaman, dan daging buahnya berwarna merah muda. Rasanya lebih manis daripada jenis buah delima lainnya.
  • Buah delima putih (White pomegranate): Jenis buah delima ini memiliki kulit berwarna hijau kekuningan, dan daging buahnya berwarna putih. Rasanya lebih asam daripada jenis buah delima lainnya.
  • Buah delima merah (Red pomegranate): Jenis buah delima ini memiliki kulit berwarna merah terang, dan daging buahnya berwarna merah tua. Rasanya paling populer dan memiliki banyak kandungan nutrisi.
  • Buah delima Madu (Honey pomegranate): Jenis buah delima ini lebih kecil dari jenis buah delima lainnya, dan rasanya lebih manis dan lembut. Daging buahnya berwarna merah muda.
Baca Juga :  Jeruk Limau: Cara Menanam, Perawatan, Manfaatnya

Cara Menanam dan Merawat Buah Delima

Dari sekian banyak nama nama buah, jika Anda tertarik untuk menanam buah delima di pekarangan rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut adalah cara menanam dan merawat buah delima:

  1. Pilih bibit buah delima yang sehat dan baik. Biasanya bibit dapat diperoleh dari toko-toko perkebunan atau petani lokal.
  2. Pilih lahan yang cukup terkena sinar matahari dan memiliki drainase yang baik. Pohon delima memerlukan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dengan baik, namun juga harus terhindar dari angin kencang.
  3. Persiapkan tanah dengan baik. Buah delima dapat tumbuh di tanah yang berpasir atau berliat, namun tetap perlu diberi pupuk organik agar tumbuh dengan baik. Pastikan pH tanah sekitar 5.5-7.0, dengan tingkat kelembapan tanah yang cukup.
  4. Tanam bibit buah delima di lubang tanam yang cukup dalam, sekitar 60-70 cm. Siram bibit setiap hari selama satu minggu pertama, kemudian sehari sekali selama satu bulan berikutnya. Setelah itu, siram bibit dua kali seminggu.
  5. Pemangkasan cabang harus dilakukan secara teratur, agar pohon delima dapat tumbuh dengan baik dan buah delima yang dihasilkan berkualitas tinggi.
  6. Pastikan buah delima terpenuhi kebutuhan airnya. Siram buah delima secara teratur, terutama pada musim kemarau. Namun, hindari penggenangan air di sekitar pohon.

Manfaat Buah Delima

Buah delima mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Beberapa manfaat buah delima antara lain:

  • Kaya akan antioksidan: Buah delima mengandung banyak antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas dan mencegah kerusakan sel tubuh.
  • Menjaga kesehatan jantung: Buah delima dapat membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi peradangan, dan mengurangi risiko penyakit jantung.
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh: Buah delima mengandung banyak vitamin C dan zat besi, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit infeksi.
  • Membantu mengatasi anemia: Buah delima mengandung banyak zat besi, yang dapat membantu mengatasi anemia dan meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.
  • Meningkatkan kesehatan kulit: Buah delima mengandung banyak vitamin C, yang dapat membantu mencerahkan kulit dan mencegah keriput.
Baca Juga :  10 Cara Cepat Menanam Buah Anggur Agar Berbuah Lebat

Kesimpulan

Buah delima adalah buah yang kaya akan nutrisi dan khasiat kesehatan. Dalam artikel ini, kita telah membahas mengenai taksonomi dan klasifikasi buah delima, beberapa jenis buah delima populer, cara menanam dan merawat buah delima, serta manfaat buah delima bagi kesehatan. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, diharapkan Anda dapat lebih mengapresiasi dan memanfaatkan buah delima dengan baik.

Bagikan Artikel :
About Ibnoe

Ibnoe penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Leave a Comment