Home » Bunga Zinnia: Ciri, Menanam, Merawat, Manfaat dan Gambar

Bunga Zinnia: Ciri, Menanam, Merawat, Manfaat dan Gambar

Supaya suasana rumah menjadi lebih indah dan nyaman dipandang, maka Anda bisa menanam beberapa bunga sebagai tanaman hias. Salah satunya adalah menanam Bunga Zinnia, bunga ini memiliki warna yang sangat cantik dan banyak disukai wanita.

Selain memiliki warna dan bentuk yang cantik, Zinnia juga sangat mudah ditanam dan beradaptasi di berbagai lingkungan. Dengan begitu, Anda bisa menanamnya dengan mudah dan pastinya perawatannya sangat mudah.

Bagi Anda yang sudah penasaran mengenai Bunga Zinnia, jangan khawatir. Pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai bunga tersebut secara detail, jadi simak sampai akhir ya!

Apa Itu Bunga Zinnia?

gambar bunga zinnia

Bunga Zinnia adalah salah satu bunga yang mampu hidup di berbagai macam tempat. Nama latin Bunga Zinnia adalah Zinnia elegans, yang berasal dari Amerika Tengah, Meksiko, dan Amerika Selatan.

Bunga yang memiliki warna cantik ini biasa dikenal dengan nama bunga kertas, bahkan banyak wanita yang menyukai bunga ini. Ketika Anda menanam bunga, maka Anda harus tahu makna dari bunga tersebut. Karena beberapa bunga memiliki makna dan arti tersendiri.

Seperti halnya Zinnia, makna Bunga Zinnia biasa dijadikan sebagai simbol sebuah rasa cinta, ketahanan diri, perpisahan yang baik, dan pengingat bagi seseorang. Maka tidak heran, jika banyak kaum hawa yang menyukainya dan menanamnya sebagai tanaman hias.

Ciri-ciri Bunga Zinnia

Nama umumBunga Kertas
Nama Latin Bunga ZinniaZinnia elegans/ Zinnia sp
Keluarga/FamilyAsteraceae
Tipe tanamanTanaman hias
Ukuran tanaman100 cm
Lebar tanaman15 cm
waktu berbungaAkhir musim semi
Warna bungaPutih, hijau, coklat, ungu, merah marun
CahayaSinar matahari penuh
AirKebutuhan air sedang
HamaKutu Daun, thrip, dan lalat putih
PenyakitInfeksi jamur
ToksisitasTidak berbahaya

Jenis-jenis Bunga Zinnia

Sebagai salah satu tanaman hias, klasifikasi Bunga Zinnia dibagi menjadi beberapa jenis. Selain itu, setiap jenis bunga memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka dari itu, ketahui jenis Zinnia lebih dalam lagi dan simak ulasan berikut ini:

Jenis-jenis Bunga Zinnia

1. Zinnia Lekuk (Zinnia Angustifolia)

Bunga lekuk atau biasa disebut Bunga Zinnia mini dapat tumbuh hingga 70 cm dan mahkota bunga ini biasanya berwarna kekuningan atau jingga, sehingga sangat cerah dan indah.

2. Zinnia Anggun (Zinnia Elegans)

Zinnia Elegans atau biasa dikenal sebagai Bunga Zinnia tumpuk ini memiliki mahkota cantik yang berwarna merah muda, merah, jingga, kuning, ungu kemerahan, dan putih.

3. Zinnia Garis (Zinnia Linearis)

Zinnia garis atau biasa disebut dengan nama Bunga Zinnia liliput mampu tumbuh hingga 60 cm.

Baca Juga: Jenis-jenis Bunga Lili

Kondisi untuk Menumbuhkan Bunga Zinnia

Untuk menanam Bunga Zinnia merah, Bunga Zinnia pink atau warna lainnya sebenarnya cukup mudah. Pada dasarnya tanaman ini mudah beradaptasi dan tumbuh diberbagai macam kondisi. Apabila Anda ingin menanamnya sebaiknya tanam pada saat awal musim semi.

Kemudian untuk lama Zinnia tumbuh biasanya membutuhkan waktu sekitar 4 sampai 6 minggu. Sedangkan untuk menanam bunga ini ada beberapa persiapan yang harus dilakukan dan diperhatikan, sehingga Bunga Zinnia dapat tumbuh dengan baik.

Beberapa persiapan menanam Zinnia yaitu menyiapkan lahan untuk menanam Zinnia, yaitu tempat yang terbuka. Kemudian siapkan juga benih Zinnia berkualitas yang masih berupa biji, lalu persiapkan pupuk organik dan air untuk menanamnya.

Bagaimana Cara Menanam Bunga Zinnia?

Bagian Bunga Zinnia yang paling menarik adalah bagian mahkota bunganya yang berbentuk unik dan memiliki warna beragam. Untuk menanam bunga cantik ini, maka Anda harus melakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Menyiapkan Benih

    Siapkan benih bunga yang berkualitas, benih ini biasanya berupa biji. Harga Bunga Zinnia tergolong terjangkau, sehingga Anda bisa mendapatkan benih bunga ini dengan harga yang murah.

  2. Siapkan Lahan Menanam

    Siapkan lahan menanam benih bunga di tempat terbuka dan bisa mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup. Karena tanaman ini membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh dan berkembang.

  3. Menanam Benih Zinnia

    Setelah lahan menanam sudah siap, maka Anda bisa memasukkan benih bunga dengan posisi tertidur agar nantinya batang bunga dapat tumbuh dengan tegak. Kemudian tutupi lagi dengan tanah dan taburi dengan sedikit pupuk organik, lalu siram dengan air.
    Setelah 3 hingga 7 hari biji tersebut akan tumbuh dan memiliki beberapa helai daun. Tunggu hingga sekitar 1 bulan, barulah Anda bisa memindahkan Bunga Zinnia ke media lain, seperti pot bunga sebagai hiasan di teras rumah.

Bunga Zinnia ditanam di tanah

Bagaimana Cara Merawat Bunga Zinnia?

Supaya bunga kertas atau zinnia dapat tumbuh dengan baik, maka Anda harus mengetahui beberapa panduan penting dalam perawatan tanaman ini. Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan agar bunga kertas dapat mekar dengan sempurna.

Kebutuhan Cahaya Matahari

Perlu Anda ingat, bahwa bunga kertas membutuhkan banyak sinar atau cahaya matahari untuk tumbuh. Maka, sebaiknya Anda menanamnya di tempat terbuka.

Kebutuhan Air

Untuk kebutuhan air, bunga ini membutuhkan cukup banyak asupan air setiap harinya. Jadi, pastikan Anda menyiramnya setiap hari agar tanah tetap lembab.

Suhu Tanaman yang Sesuai

Suhu yang sesuai untuk bunga kertas atau zinnia ini sekitar 23°C hingga 29°C. Akan tetapi, tanaman ini juga bisa beradaptasi di beberapa kondisi, sehingga penanamannya cukup mudah.

Kelembaban

Selanjutnya untuk kelembaban, tanaman ini lebih menyukai lingkungan yang cukup panas atau hangat.

Tanah

Untuk kondisi tanah yang tepat untuk menanam bunga kertas yaitu di tanah yang lembab, namun tetap berada di bawah sinar matahari penuh.

Mulsa

Dalam proses penanaman bunga kertas yang masih berupa biji, penambahan mulsa cukup penting. Hal ini bermanfaat agar suhu tanah tetap lembab dan benih dapat tumbuh dengan baik.

Perawatan Saat Musim Dingin

Untuk perawatan di saat musim dingin, sebaiknya Anda pindahkan ke tempat yang lebih hangat agar bunga kertas bisa bertahan hidup.

Pemangkasan Batang dan Bunga

Dalam perawatan bunga kertas, lakukan pemangkasan batang di atas daun sejati dan lakukan juga pemangkasan bunga, sehingga dapat mendorong bunga yang lain agar lebih cepat mekar.

Pupuk

Berikan pupuk organik secukupnya, sehingga kebutuhan tanaman dapat tercukupi dengan baik dan bunga kertas bisa tumbuh dengan lebih cepat.

Makanan

Berikan pupuk, air, dan cahaya matahari dengan cukup, dengan begitu bunga akan tumbuh dengan baik dan bisa menghasilkan bunga yang indah dan mempesona.

Perkembangbiakan

Bunga kertas berkembangbiak secara generatif atau menggunakan biji, sehingga Anda bisa menanam bunga ini menggunakan biji sebagai benihnya.

Hama & Penyakit

Hama bunga kertas biasanya berupa kutu daun, thrip, dan lalat putih. Sedangkan untuk penyakit yang sering menyerang tanaman ini yaitu infeksi jamur.

Baca Juga: Bagaimana Cara Merawat Bunga Matahari?

Manfaat Bunga Zinnia di Taman Anda

Manfaat Bunga Zinnia

Selain memiliki warna dan bentuk bunga yang sangat cantik, ternyata bunga kertas atau zinnia ini juga memiliki manfaat. Beberapa manfaat Bunga Zinnia yang dimaksud yaitu:

  • Mengobati Hepatitis
  • Mengatasi Datang Bulan yang Tidak Teratur
  • Mengatasi Bisul pada kulit
  • Mengatasi Keputihan
  • Mengobati rasa gatal-gatal

Baca Juga: Manfaat Bunga Merak

Apakah Bunga Zinnia Beracun?

Bunga kertas atau zinnia ini tidak beracun bagi manusia atau hewan peliharaan. Maka dari itu, Anda bisa menanamnya di sekitar rumah tanpa khawatir akan menyebabkan masalah untuk kesehatan.

Selain itu, bunga yang memiliki warna cantik ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Jadi, dengan menanam bunga ini Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai obat herbal untuk mengobati beberapa penyakit.

Kesimpulan

Ciri-ciri Bunga Zinnia ini bisa Anda lihat dari bentuk kelopak bunganya yang tipis tersusun rapi dan memiliki biji di bagian tengahnya. Bunga Zinnia memiliki warna yang sangat beragam, mulai dari warna kuning, ungu, merah, jingga, dan juga pink.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar