20+ Nama-Nama Buah beserta Manfaat dan Kandungannya

Duniatumbuhan.comMasih ada nama-nama buah yang jarang diketahui oleh banyak orang. Pada dasarnya, setiap jenis buah-buahan ini akan memiliki manfaat dan kandungannya masing-masing. Maka dari itu, buah-buahan menjadi salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh manusia. Dengan banyaknya nutrisi yang ada di buah tersebut, membuat kesehatan tubuhmu bisa lebih terjaga dengan baik.

Umumnya, setiap buah akan memiliki kandungan lemak dan kalori yang sangat rendah, sehingga jenis makanan sehat yang satu ini sangat aman untuk dikonsumsi ketika sedang diet. Tidak hanya itu, sebagian besar buah-buahan juga mengandung serat yang tinggi, sehingga kandungan ini dapat melancarkan sistem pencernaan di tubuh.

Sementara itu, karena setiap jenis buah akan memiliki manfaat dan kandungan yang berbeda-beda, jadi kamu harus mengetahui nama-namanya dengan baik.

20+ Nama-Nama Buah dengan Manfaatnya yang Tinggi

Buah adalah salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi setiap hari. Sebab, buah mengandung beragam jenis nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Buah-buahan yang kaya akan nutrisi tidak hanya apel, mangga, anggur, jeruk, pisang, dan jenis-jenis buah seperti ini lainnya. Namun, masih ada beberapa jenis buah lainnya yang memiliki manfaat tinggi, yaitu:

1. Pepaya

Pepaya
Pepaya

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang dapat menguatkan sistem imun dalam tubuh. Pepaya mengandung vitamin C dan vitamin A yang tinggi, sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit dan infeksi dalam tubuh. Tidak hanya itu, buah yang cukup unik ini juga dipercaya mampu menyehatkan tulang, mencegah penyakit jantung, dan melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.

2. Kesemek

Kesemek

Untuk buah yang satu ini memang sulit untuk ditemui. Namun, hal ini tidak membuatnya jarang dikonsumsi oleh orang-orang Indonesia. Ada begitu banyak orang di Indonesia yang menyukai rasa dari buah ini. Selain itu, kesemek juga mengandung serat yang tinggi, sehingga buah ini memiliki bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh.

3. Anggur

Anggur

Kandungan utama dari anggur adalah flavonoid. Kandungan flavonoid dalam anggur tergolong sangat tinggi, sehingga jenis buah yang satu ini dapat meredakan sakit maag yang sedang dialami oleh seseorang. Selain itu, anggur juga memiliki rasa yang manis dan lezat, sehingga tidak mengherankan jika ada banyak orang yang menyukai jenis buah yang satu ini.

4. Apel

Apel

Jika membahas tentang jenis buah-buahan, maka kita tidak boleh melewatkan apel begitu saja. Apel adalah salah satu jenis buah-buahan yang sering dikonsumsi oleh banyak orang. Sebab, apel dapat ditemukan dengan mudah di berbagai negara. Apel mengandung vitamin A yang tinggi, sehingga kandungan ini dapat menjaga kesehatan kulitmu secara lebih baik lagi.

5. Raspberry (Rasberi)

Raspberry

Raspberry dikenal sebagai salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, kamu bisa mencegah terjadinya penyakit berbahaya dalam tubuhmu, seperti kanker, diabetes, dan jenis-jenis penyakit berbahaya seperti ini lainnya. Dengan kandungan anti oksidan yang ada di dalamnya ini, membuat buah ini semakin sering dikonsumsi oleh banyak orang.

Baca Juga :  Jeruk Limau: Cara Menanam, Perawatan, Manfaatnya

6. Mangga

Mangga

Mangga sering disebut sebagai raja dari seluruh buah-buahan, karena kandungan nutrisi buah ini sangatlah tinggi. Kandungan vitamin A, C, dan E yang ada di buah mangga dapat mengurangi dehidrasi dan memperlancar sirkulasi darah. Tidak hanya itu, kandungan ini juga dapat mengobati beragam jenis penyakit seperti demam, penyakit kulit, dan lain sebagainya.

7. Pisang

Pisang

Kandungan nutrisi yang ada dalam pisang dapat menurunkan risiko terjadinya kanker, asma, dan penyakit jantung. Sebab, kandungan nutrisi dalam pisang dapat menurunkan tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung. Selain itu, pisang juga dapat melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan mata, dan membantu pencernaan pada usus. Jadi, dapat dipastikan bahwa mengonsumsi pisang setiap hari bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap tubuh.

8. Stroberi

Stroberi

Stroberi atau lebih dikenal dengan nama strawberry ini adalah salah satu jenis buah yang mengandung provitamin A, vitamin B1, vitamin B, dan vitamin C. Setiap kandungan vitamin yang ada dalam buah ini akan berperan sebagai antioksidan untuk melawan zat radikal bebas dalam tubuh. Selain berperan sebagai antioksidan, kandungan-kandungan ini juga memiliki fungsi kesehatan lainnya, yaitu mengobati gangguan kesehatan seperti stroke, asma, hingga hipertensi.

9. Jeruk

Jeruk

Jeruk mengandung vitamin A, B1, B2, C, dan serat yang cukup tinggi. Dengan banyaknya nutrisi yang ada dalam jeruk, membuat beberapa orang sering disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara rutin. Tidak hanya baik untuk menghilangkan sumbatan lendir dalam tenggorokan saja, tapi jeruk juga memiliki fungsi kesehatan lain seperti menstimulasi sistem kekebalan tubuh, membersihkan liver, hingga menghilangkan rasa sakit yang dialami oleh pasien influenza.

10. Buah Naga

Buah Naga

Tidak hanya memiliki nama yang unik saja, tapi buah naga juga memiliki bentuk yang tidak kalah unik. Di balik nama dan bentuknya yang unik ini, buah naga mengandung banyak nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Buah naga memiliki kalori yang cukup rendah serta mengandung vitamin C, vitamin B, kalsium, serat, fosfor, protein, hingga antioksidan yang tinggi. Dengan melihat fakta tersebut, dapat dipastikan bahwa buah naga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi banyak orang.

11. Aprikot

Aprikot

Buah aprikot memang masih terdengar asing bagi sebagian besar orang-orang Indonesia. Namun, tidak menutup kemungkinan ada beberapa di antaranya yang menyukai buah aprikot. Sebab, buah aprikot memiliki cita rasa yang manis dan menyegarkan. Selain itu, buah ini juga mengandung beragam nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, sebut saja seperti protein, serat, karbohidrat, kalsium, kalium, magnesium, dan zat besi. Buah aprikot dapat menjaga kesehatan usus serta menjaga kadar gula dan kolesterol dalam tubuh.

12. Alpukat

Alpukat

Alpukat adalah buah tropis yang berasal dari Amerika Serikat. Jenis buah yang satu ini tidak hanya memiliki cita rasa yang lezat saja, tapi juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan utama dari buah alpukat adalah vitamin C dan E. Selain itu, alpukat juga mengandung protein, kalium, lemak, zat besi, dan karbohidrat yang cukup tinggi. Dengan beragam kandungan yang ada di dalam buah ini, membuatnya dapat menjaga kesehatan jantung dengan sangat baik.

13. Belimbing

Belimbing

Manfaat belimbing untuk kesehatan tubuh sudah tidak perlu diragukan lagi, karena buah yang satu ini mengandung beragam nutrisi seperti serat, vitamin C, vitamin B5, vitamin B9, dan kalsium yang tinggi. Selain beberapa kandungan tersebut, buah belimbing juga mengandung beragam antioksidan seperti beta karoten, asam galat, dan quercetin. Jadi, tidak mengherankan jika buah ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan baik.

Baca Juga :  Buah Naga: Taksonomi, Jenis, Manfaat, dan Cara Menanam

14. Bengkuang

Bengkuang

Dengan rasanya yang unik dan menyegarkan, membuat buah yang satu ini sering dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bengkuang dipercaya mampu meningkatkan kesehatan jantung, karena buah ini mengandung antioksidan vitamin C, vitamin E, selenium, dan beta-karoten yang cukup tinggi. Kandungan-kandungan ini nantinya bisa membantu mencegah kerusakan sel yang dapat membahayakan tubuh.

15. Blueberry (Bluberi)

Blueberry

Blueberry atau bluberi sering dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang diet. Sebab, jenis buah yang satu ini mengandung kalori yang rendah, sehingga tidak akan menaikkan berat badan secara signifikan. Tidak hanya itu, blueberry juga dipercaya mampu mencegah terjadinya penyakit jantung, karena kandungan anthocyanidins yang ada dalam buah ini dapat mendukung sistem kardiovaskular dan mengurangi kekakuan arteri yang berhubungan dengan penuaan.

16. Ceri

Ceri

Jika membahas tentang buah yang memiliki banyak manfaat kesehatan, maka kita tidak boleh melewatkan buah ceri. Kandungan serat, protein, dan vitamin C yang ada dalam buah ini dipercaya mampu memperbaiki kondisi kulit dan menjaga kesehatan usus dalam tubuh. Selain itu, buah ceri juga dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung, karena buah ini merupakan buah padat gizi yang baik untuk dikonsumsi secara rutin.

17. Kelengkeng

Kelengkeng

Buah kelengkeng adalah salah satu jenis buah yang sangat disukai oleh anak-anak. Sebab, buah yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis, sehingga rasa tersebut akan sangat cocok di lidah anak-anak. Kelengkeng mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, serat tinggi, magnesium, kalium, dan protein. Jenis buah yang satu ini dapat melawan efek radikal bebas dan baik untuk tulang. Jadi, kamu bisa mengonsumsi buah ini setiap hari.

18. Duku

Duku

Tidak banyak orang yang tahu bahwa buah duku juga dapat berguna sebagai obat anti-malaria. Ya, sesuai dengan hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal phytochemistry, terdapat ekstrak biji buah duku yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria falciparum. Selain dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria, buah duku juga dapat mencegah penyakit kanker serta penyakit jantung, karena buah duku mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

19. Delima

Delima

Buah delima dapat meringankan arthritis dan nyeri persendian. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat buah delima itu sendiri memiliki sifat anti-peradangan yang dapat membantu banyak orang dalam mengatasi permasalahan sendi. Kandungan antioksidan flavonoid yang terkandung di dalamnya dapat membantu menghambat peradangan yang diakibatkan oleh osteoarthritis dan kerusakan tulang rawan.

20. Durian

Durian

Durian adalah salah satu jenis buah yang banyak disukai namun ada banyak orang juga yang tidak menyukainya. Sebab, bau dari buah durian tergolong sangat menyengat, sehingga ada banyak orang yang merasa terganggu dengan aroma tersebut. Di balik aromanya yang sangat menyengat seperti ini, buah durian memiliki banyak manfaat seperti meredakan demam, membantu meredakan gejala penyakit liver, meredakan gejala tekanan darah tinggi, hingga mempercepat penyembuhan luka.

21. Nangka

Nangka

Buah nangka tidak hanya dapat melancarkan sistem pencernaan dalam tubuh saja, tapi buah ini juga dapat mencegah terjadinya penyakit kardiovaskular yang cukup berbahaya. Kandungan serat dan antioksidan yang ada dalam buah ini dapat berguna untuk mengurangi kadar kolesterol dalam darah, sehingga kandungan tersebut bisa mencegah terjadinya pembuluh darah tersumbat. Selain itu, kandungan vitamin C yang ada dalam buah ini juga dapat memelihara kesehatan kulit secara lebih baik lagi.

Baca Juga :  Mengenal Buah Tin, Buah Populer yang Begitu Manis

22. Kiwi

Kiwi

Meski rasanya tidak semanis kelengkeng dan anggur, tapi buah kiwi juga banyak yang suka. Buah dengan kulit berwarna kecokelatan ini mengandung karbohidrat, protein, dan lemak yang dapat mengoptimalkan fungsi dari berbagai organ dalam tubuh. Kiwi dipercaya mampu meningkatkan sistem imun, sehingga daya tahan tubuh dapat lebih terjaga dengan baik. Selain itu, kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam buah ini juga dapat menjaga tekanan darah dalam tubuh.

23. Semangka

Semangka

Semangka tidak hanya memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, tapi buah ini juga memiliki beragam manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin C yang ada pada semangka dipercaya dapat menurunkan risiko kanker dengan melawan radikal bebas dalam tubuh. Sementara untuk kandungan likopen yang ada dalam buah ini dipercaya mampu mencegah degenerasi makula pada mata. Jadi, kesehatan tubuh dan mata bisa lebih terjaga dengan mengonsumsi buah semangka secara rutin.

24. Jambu Biji

Jambu Biji

Jambu biji adalah salah satu jenis buah yang mengandung antioksidan dan vitamin berlimpah. Buah yang satu ini dikenal sebagai buah tropis yang banyak tumbuh di daerah-daerah Meksiko, Amerika Tengah, Karibia, hingga Amerika Selatan. Salah satu manfaat dari jambu biji adalah dapat menurunkan tekanan darah serta kolesterol. Selain itu, jambu biji masih memiliki fungsi kesehatan lainnya seperti melancarkan saluran pencernaan, melawan radikal bebas dalam tubuh, menjaga kesehatan mata, dan memperkuat daya tahan tubuh.

25. Jambu Air

Jambu Air

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh agar tetap kuat adalah dengan mengonsumsi jambu air secara rutin. Sebab, jambu air mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan dapat meningkatkan fungsi serta produksi sel darah putih dalam tubuh. Jambu air juga sering disebut sebagai buah yang kaya akan zat besi. Jadi, tidak mengherankan jika ada banyak ibu hamil yang mengonsumsi buah ini untuk memenuhi kebutuhan zat besinya masing-masing.

26. Lemon

Lemon

Di balik rasanya yang sangat asam, lemon memiliki beragam manfaat yang baik untuk tubuh. Salah satu manfaat dari buah lemon adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Pasalnya, lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan bersifat antioksidan. Tidak hanya itu, buah lemon juga dipercaya mampu mencegah terjadinya batu ginjal. Jadi, tubuh bisa lebih terjaga dari segala jenis penyakit yang berbahaya.

27. Nanas

Nanas

Beberapa manfaat dari nanas adalah meningkatkan daya tahan tubuh, menjaga kesehatan tulang, mengurangi risiko kanker, membantu penyembuhan luka pasca operasi, dan menjaga kesehatan mata. Nanas mengandung beragam nutrisi seperti vitamin C, zat besi, vitamin A, vitamin K, dan fosfor. Dengan mengonsumsi buah ini secara rutin, kebutuhan nutrisimu bisa lebih terpenuhi dengan baik.

28. Sirsak

Sirsak

Sirsak memiliki tekstur dan rasa yang cukup unik. Buah dengan nama latin Annona Muricata ini merupakan buah yang bisa ditemukan di negara beriklim tropis. Sirsak mengandung vitamin C, fosfor, kalium, kalsium, dan serat yang tinggi, sehingga tidak mengherankan jika jenis buah ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat dari buah ini adalah dapat membantu meredakan nyeri. Sebab, sirsak memiliki sifat anti-radang dan dapat menurunkan tekanan darah.

Itulah nama-nama buah yang memiliki beragam nutrisi di dalamnya. Dengan mengonsumsi salah satu buah di atas secara rutin. kesehatan tubuhmu bisa lebih terjaga dengan baik. Jadi, tunggu apa lagi? Mulai sekarang terapkan gaya hidup sehat yang tepat.

Bagikan Artikel :
About Ibnoe

Ibnoe penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Leave a Comment