Home » Pohon Dadap Merah: Menanam, Merawat, Manfaat (Dengan Gambar)

Pohon Dadap Merah: Menanam, Merawat, Manfaat (Dengan Gambar)

Dadap Merah merupakan salah satu pohon yang cukup unik dan bisa ditanam di halaman rumah Anda. Pohon Dadap Merah ini sangat mudah ditemukan di daerah terbuka atau di sekitar sungai.

Tumbuhan nasional dari Uruguay dan Argentina ini juga dikenal mempunyai banyak manfaat. Di samping itu, harga Pohon Dadap Merah yang masih berukuran kecil juga tergolong mahal.

Pada pembahasan kali ini. Anda akan mengetahui mengenai apa itu Pohon Dadap Merah, kondisi menanan, cara menanam, panduan perawatan, manfaat merawat, serta apakah pohon tersebun beracun atau tidak.

Apa itu Pohon Dadap Merah?

Apa itu Pohon Dadap Merah

Pohon Dadap Merah adalah tanaman pelindung yang biasa bertumbuh tinggi di tepi jalan atau area bantaran sungai. Nama latin Pohon Dadap Merah adalah Erythrina cristagali. Pohon ini memiliki ciri-ciri bunga berwarna merah yang indah.

Pohon Dadap Merah ini bisa tumbuh menjulang, sehingga menjadi peneduh di sekitar area jalanan. Daun dadap merah mempunyai helaian berbentuk oval atau bulat dengan ukuran panjang dan lebarnya kira-kira sekitar 20 cm. Ukuran Pohon Dadap Merah sendiri bisa mencapai 25 m.

Nama umumDadap merah, dadap laut, coral tree, cangkring
Nama Latin / Nama IlmiahErythrina cristagalli
Keluarga/FamilyLeguminosae
Tipe tanamanPohon pelindung, tanaman tepi jalan
Ukuran tanaman20 - 25 meter
Lebar tanaman80 - 100 centimeter
CahayaMembutuhkan banyak sinar matahari
AirAir yang dibutuhkan sedang
HamaUlat, siput, dan serangga
PenyakitJamur
ToksisitasPeghambat sistem pernafasan

Kondisi Penanaman Pohon Dadap Merah

Ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan untuk menanam pohon dadap berduri agar tanaman ini dapat bertumbuh dengan baik. Lalu, apa saja kondisi yang harus diperhatikan saat akan menanam Pohon Dadap Merah? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Kapan harus menanam Pohon Dadap Merah?

Dadap merah atau yang disebut dengan lama lain pohon klampis ini dapat ditanam langsung pada tanah sedikit berpasir dengan menaburkan biji tumbuhan ini. Pohon Dadap Merah dapat ditanam kapanpun karena tumbuhan yang satu ini memberikan banyak manfaat.

Berapa lama Dadap Merah Bisa Tumbuh

Anda tentunya membutuhkan waktu hingga beberapa bulan agar dadap merah bisa tumbuh dengan kuat, terutama jika menanamnya mulai dari biji. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah memberikan perawatan yang berkala pada dadap merah.

Persiapan Menanam Pohon Dadap Merah

Persiapan penanaman pokok dadap merah terdiri dari beberapa hal, salah satunya adalah bibitnya. Anda bisa menanam bibit dadap merah ini di polybag dahulu, lalu dipindahkan ke media tanah atau memanfaatkan bijinya secara langsung.

Hal berikutnya yang harus Anda persiapkan tentu saja adalah media tanamnya. Tanah dengan ukuran yang cukup luas atau area terbuka bisa Anda manfaatkan untuk menanam dadap merah karena ukuran pertumbuhannya cukup besar.

Bagaimana Cara Menanam Pohon Dadap Merah?

Budidaya Pohon Dadap Merah dapat dilakukan asalkan Anda dapat menanamnya dengan cara yang benar. Dadap merah juga bisa ditanam di halaman rumah Anda agar suasana menjadi semakin terus,

Anda bisa menanam dadap merah dapat dijadikan sebagai obat malaria dan penangkal nyamuk di rumah. Berikut ini adalah ulasan mengenai cara yang harus dilakukan untuk menanam dadap merah.

  1. Siapkan air panas di dalam baskom untuk memasukkan bibit atau biji dari tanaman dadap merah. Suhu air hangat yang harus disiapkan adalah sekitar 80 derajat celcius
  2. Rendam biji atau bibit Pohon Dadap Merah di dalam air hangat selama kurang lebih 10 menit
  3. Angkat biji atau bibit dadap merah dari baskom berisi air hangat
  4. Siapkan air biasa di dalam baskom untuk merendam bibit atau biji dadap merah yang sudah diangkat
  5. Rendam biji atau bibit dadap merah selama semalaman penuh
  6. Siapkan lahan tanam berupa tanah yang sedikit berpasir dan sistem drainasenya memadai
  7. Taburkan biji atau bibit yang sudah direndam semalaman di dalam pot atau langsung di pekarangan
gambar pohon dadap

Panduan Merawat Pohon Dadap Merah

Pohon Dadap Merah memerlukan perawatan yang rutin dan berkala sejak proses penanaman agar bisa tumbuh dengan baik. Berikut ini adalah penjelasan mengenai beberapa panduan yang bisa Anda ikuti saat menanam Pohon Dadap Merah.

Kebutuhan cahaya matahari

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam perawatan dadap merah adalah tumbuhan ini harus terkena sinar matahari secara langsung. Oleh sebab itu, penting untuk menanamnya di tempat terbuka agar bisa langsung terkena sinar matahari.

Apabila Anda menanamnya di dalam pot, maka bisa memindahkannya di luar rumah yang terkena langsung cahaya matahari di pagi hari. Hal ini diperlukan agar dadap merah bisa bertumbuh lebih cepat dengan ketinggian hingga 50 cm dalam waktu 10 minggu saja.

Kebutuhan Air

Dadap merah membutuhkan sistem drainase yang baik, karena kebutuhan airnya cukup tinggi. Oleh sebab itu, Anda harus rajin menyiramnya secara berkala sebagai proses perawatan agar dadap merah bisa cepat bertumbuh.

Suhu Tanaman yang Sesuai

Kebutuhan suhu tanaman dadap merah sebenarnya cukup mudah disesuaikan dengan kondisi lingkungan tanamnya. Tanaman ini bisa tumbuh mudah, meskipun dibudidayakan di area terbuka sekalipun.

Kelembaban

Tingkat kelembaban yang dibutuhkan oleh dadap merah ini berada di tingkat sedang, yaitu tidak terlalu basah atau kering agar asupan nutrisinya tidak terganggu.

Tanah

Karakteristik tanah yang dibutuhkan oleh Pohon Dadap Merah adalah sedikit berpasir. Anda bisa menanam bibitnya dengan dalam dan memperhatikan sistem drainasenya.

Mulsa

Penambahan mulsa untuk Pohon Dadap Merah ini cukup dibutuhkan agar tanaman tersebut bisa terjaga kelembaban tanahnya. Di samping itu, mulsa ini juga dibutuhkan untuk melindungi dadap merah.

Perawatan Saat Musim dingin

Dadap merah tidak membutuhkan perawatan yang terlalu berlebihan, karena pada dasarnya tanaman ini bisa tumbuh di alam terbuka. Pada saat musim dingin atau penghujan, Anda hanya pelru mengurangi intensitas penyiramannya saja.

Pemangkasan (Batang)

Pemangkasan batang tanaman dadap merah untuk membersihkan rantingnya yang sudah kering. Hal ini dilakukan agar dadap merah dapat terlihat dengan lebih rapi.

Pupuk

perawatan berikutnya yang dibutuhkan oleh dadap merah adalah pemberian pupuk secara rutin guna menambah asupan nutrisinya. Anda bisa menggunakan jenis pupuk kompos maupun yang mengandung bahan kimia hasil pabrikan.

Makanan

Kebutuhan makanan tanaman yang satu ini berupa tercukupinya kebutuhan air, kelembaban tanah, dan pemberian pupuk secara berkala. Apabila Anda ingin Pohon Dadap Merah bisa segera tumbuh besar, maka penuhi asupan nutrisi yang dibutuhkannya.

Perkembangbiakan

Cara budidaya Pohon Dadap Merah adalah melalui biji atau bibitnya. Anda bisa langsung membudidayakan tanaman ini dengan menabur bijinya di dalam polibag. Selanjutnya Anda bisa memindahkan bibitnya ke lahan yang lebih luas.

Hama & penyakit

Penyakit yang bisa menyerang tanaman ini adalah ulat, sehingga bisa mengganggu pertumbuhan daunya,

Manfaat Pohon Dadap Merah

Manfaat Pohon Dadap Merah sangat beragam karena tanaman ini terbukti mempunyai banyak kegunaan dalam kehidupan manusia. Berikut ini adalah daftar manfaat yang akan Anda dapatkan jika merawat dadap merah di kebun.

  • Sebagai pagar hidup dan tanaman pelindung
  • Membuat tidur lebih nyenyak
  • Melancarkan haid pada wanita
  • Mampu mengobati infeksi usus
  • Meringankan gejala rematik dan asam urat

Apakah Pohon Dadap Merah Beracun?

Dadap merah juga mempunyai beberapa hal yang harus diwaspadai di balik beragam manfaatnya. Tanaman ini tidak boleh dikonsumsi berlebihan karena bisa meningkatkan resiko terhambatnya sistem pernafasan dalam tubuh.

Kesimpulan

Pohon Dadap Merah merupakan tanaman yang berukuran besar dan menyimpan segudang manfaat apabila digunakan dengan benar. Tanaman yang satu ini dapat Anda budidayakan di pekarangan atau sekeliling area rumah agar bisa dimanfaatkan sebagai pagar hidup.

Baca Juga Artikel Menarik Kami Tentang Menanam dan Merawat Aneka Tanaman :

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar