Mengenal Buah Tin, Buah Populer yang Begitu Manis

Duniatumbuhan.comDi dunia, ada berbagai macam jenis buah yang memang menjadi favorit masyarakat, salah satunya adalah buah tin. Buah ini berasal dari daerah Asia Barat dan memiliki penampilan yang bervariasi karena terkadang bentuk dan warnanya yang berbeda-beda. Di Indonesia sendiri, buah ini jauh lebih populer dengan sebuah buah ara. Untuk mengenal buah ini lebih lanjut, mari simak artikel yang ada di bawah ini.

Taksonomi Buah Tin

Pohon dari tanaman tin ini memiliki sebutan dalam bahasa latin yakni Ficus carica L. Nama ‘tin’ diambil dari bahasa Arab sedangkan dalam bahasa Inggris sendiri pohon ini disebut sebagai ‘fig’. Berdasarkan literatur yang ditulis oleh Joseph dan Raj pada tahun 2011, tanaman tin pada sistematika tumbuhan dapat diklasifikasikan seperti berikut:

Divisio Magnoliophyta
Kelas Magnoliopsida
Ordo Rosales
Famili Moraceae
Genus Ficus
Species Ficus carica L.

Jenis-Jenis

Di seluruh dunia sendiri, ada begitu banyak jenis pohon tin yang bervariasi. Bahkan, diperkirakan bahwa sekarang ini ada lebih dari 800 jenis nama nama buah yang terkenal akan dagingnya yang berwarna keunguan ini. Buah tersebut dapat ditemukan keadaan kering, segar, atau disajikan dalam bentuk jus. Berikut ini adalah beberapa jenis buahnya yang populer di dunia.

1. Chicago Hardy

Chicago hardy adalah jenis pohon tin yang pertama dan cukup populer di daerah Amerika. Buah yang ada di dalamnya terasa sangat manis, terlebih dengan dagingnya yang berair merah tua dan dikelilingi oleh kulit lembut berwarna ungu tua. Tanaman jenis ini mampu tumbuh dengan mudah pada suhu yang hangat dan dingin, sehingga tidak mengherankan jika chicago hardy sering menjadi buah yang dikonsumsi pada saat musim dingin.

Baca Juga :  20+ Nama-Nama Buah beserta Manfaat dan Kandungannya

2. Celeste

Jenis yang selanjutnya ini memiliki buah yang ukurannya sedang, dengan warna kulit yakni mulai dari berwarna cokelat muda sampai keunguan. Buah celeste pun menyajikan rasa yang sangat manis, bahkan buah ini sering dijuluki sebagai gula tin. Daging buahnya berwarna merah muda yang cukup cerah.

3. Khrutmani Palestine

Khrutmani palestine merupakan jenis tanaman pohon tin yang berasal dari daerah Mediterania dengan warna kehitaman. Ukurannya cukup besar sehingga daging yang tersimpan di dalamnya pun terbilang cukup memuaskan. Jenis khrutmani palestine ini juga sering kali dikembangkan di daerah Indonesia, dan kini sangat produktif dalam berbuah karena mudah untuk tumbuh.

4. Blue Giant

Blue giant, sama seperti namanya, memang memiliki kulit berwarna merah yang disertai oleh corak kebiruan. Buah yang satu ini memiliki tekstur yang cukup empuk dan rasanya pun sangat manis, sehingga menjadi favorit ketika disantap bersama makanan lainnya. Bahkan, ukuran dari blue giant digadang-gadang sangat besar apabila dibandingkan dengan jenis buah pohon tin yang lainnya.

5. Green Jordan

Green jordan merupakan salah satu varietas dari pohon tin yang berasal dari daerah Yordania. Namun, tanaman buah ini pun dapat dengan mudah beradaptasi terhadap iklim yang ada di Indonesia sehingga proses pertumbuhannya tidak terlalu sulit. Buah ini memiliki warna kulit kehijauan yang ukurannya cukup kecil dibandingkan dengan blue giant. Rasa yang dihasilkan oleh buah ini juga begitu manis sehingga sering diolah menjadi selai, buah kering, atau manisan.

6. Purple Jordan

Selain green jordan, jenis buah pohon tin asal Yordania yang lainnya adalah purple jordan. Sama seperti jenis green jordan, buah yang satu ini juga dapat tumbuh dengan baik di Indonesia meskipun memiliki musim dan tingkat kelembaban yang berbeda. Buah ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan green jordan dengan warna ungu kehitaman.

7. Alma

Jenis tanaman tin yang selanjutnya adalah alma, dan bentuknya sering kali disebut mirip seperti buah pir. Warna kulitnya cokelat keemasan dengan banyak buliran yang rasanya mampu memanjakan lidah. Pada umumnya, jenis alma ini lebih banyak dikembangkan di daerah Texas, Amerika Serikat.

Baca Juga :  Buah Naga: Taksonomi, Jenis, Manfaat, dan Cara Menanam

8. Kadota

Jenis buah yang satu ini memiliki warna hijau disertai oleh daging dengan warna ungu. Daging buahnya terasa manis dan sangat halus, sehingga mudah untuk dikonsumsi secara langsung tanpa melalui proses pengolahan apa pun. Jenis buah kadota dianggap sudah ada di dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Bahkan, kadota diklaim menjadi buah pohon tin yang rasanya paling manis apabila dibandingkan di antara semua jenis buah pohon tin yang lainnya.

9. Calimyrna

Jenis buah calimyrna memiliki warna kuning kehijauan pada bagian luar, dan di bagian dalamnya ada warna merah muda yang mencolok. Buah ini memiliki bentuk dan ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan jenis buah yang lain, terlebih buah ini juga memiliki rasa kacang yang cukup unik dan kuat.

10. Brown Turkey

Buah brown turkey memiliki daging yang berwarna merah dengan kulit ungu gelap. Bentuk buahnya menyerupai buah pir dan sedikit memanjang. Jenis buah ini sangat populer di seluruh dunia dan sering kali buahnya dijual dalam kondisi buah kering atau buah segar. Rasanya memang kurang manis jika dibandingkan dengan jenis lain, namun hal itu tidak mengurangi kelezatan yang ditawarkannya.

11. Black Mission

Buah black mission memiliki bentuk yang cukup kecil, sebab daging merah muda yang lebat dan bertabur dengan biji-bijian sehingga memberikan sensasi rasa renyah pada daging bertekstur halus. Rasa yang dihasilkan sangat manis dan mampu mengeluarkan air yang banyak layaknya sirop. Karena itu, black mission sangat cocok jika disantap sebagai minuman karena kandungan airnya yang melimpah.

12. Adriatic

Jenis buah pohon tin yang terakhir adalah adriatic yang memiliki kulit berwarna hijau muda dengan daging merah muda. Rasa dari buah adriatic sangat manis dan sangat sempurna jika digunakan sebagai hidangan penutup. Adriatic sering disebut sebagai buah ara putih karena warnanya yang sangat kering. Kandungan gulanya yang begitu tinggi membuat buah ini sering dikeringkan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Baca Juga :  Cara Mudah Budidaya Matoa di Rumah

Cara Menanam dan Merawat Buah Tin

Buah ara memiliki karakteristik yang hampir sama seperti tanaman yang berasal dari negara Arab lainnya seperti zaitun dan kurma. Artinya, tanaman ini sangat menyukai paparan sinar matahari sehingga jika ingin tanaman ini cepat berbuah, Anda harus melindunginya dari paparan sinar matahari langsung. Setelah berumur 2 tahun, Anda baru bisa memberi pupuk kandang. Lalu, jangan disirami setiap hari.

Manfaat Buah Tin

Tanaman ini menghadirkan banyak sekali manfaat, salah satunya adalah mengatasi herpes dan mengusir penyakit. Bahkan, buah ara pun mampu mencegah terjadinya TBC dan menurunkan kadar gula darah sehingga risiko kesehatan bisa berkurang.

FAQ Seputar Buah Tin

Loader image

Kedudukan buah tin dalam Al Quran sangat istimewa, ternyata sama halnya kurma, buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh, terutama jika dikonsumsi selama menjalankan puasa Ramadhan, baik saat sahur maupun berbuka puasa.

Buah tin kerap disebut sebagai buah surga atau buah nirwana. Bukan hanya karena tertulis dalam Al-Qur'an, melainkan juga karena buah ini memang kaya nutrisi. Mulai dari serat, beragam jenis vitamin, sampai antioksidan tinggi ada dalam buah ini.

Nama “Tin” berasal dari bahasa Arab akan tetapi sebagian masyarakat menyebutnya dengan nama ara atau buah ara dan dalam bahasa Inggris disebut dengan fig. Tanaman ini berasal dari Timur Tengah dan sudah tersebar hingga dataran Eropa dan Amerika bahkan sudah menyebar hingga dataran Asia, termasuk Indonesia.

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa dipelajari mengenai buah tin. Tidak bisa dipungkiri lagi, tanaman yang penuh oleh berbagai macam manfaat ini sangat sempurna jika dijadikan sebagai sumber makanan baru dan membantu tubuh agar tetap sehat.

Bagikan Artikel :
About Ibnoe

Ibnoe penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Leave a Comment