Home » Bunga Merak: Cara Menanam dan Merawat (Manfaat Tanaman)

Bunga Merak: Cara Menanam dan Merawat (Manfaat Tanaman)

Menghiasi kebun Anda dengan bunga merak merupakan pilihan yang menarik karena warnanya warna-warni. Kembang yang berasal Amerika Serikat ini mempunyai beragam warna yang indah dan bisa mempercantik kebun Anda.

Tanaman yang mempunyai julukan lain bunga ekor merak ini cocok ditanam di kebun karena cara perawatannya cukup mudah. Lalu, apa sebenarnya kembang merak serta bagaimana cara menanamnya di kebun Anda? Simak ulasan lengkapnya sebagai berikut.

Apa Itu Bunga Merak?

Apa Itu Bunga Merak

Bunga Merak adalah tanaman hias yang mempunya banyak manfaat, sehingga cocok untuk dibudidayakan di kebun Anda. Tanaman dengan nama latin Caesalpinia Pulcherrima mempunyai banyak varian warna, salah satunya adala bunga merak ungu.

Kembang merak ini cukup unik karena bunganya yang bersifat majemuk dengan ukuran panjangnya mulai dari 15 hingga 50 centimeter. Bunga yang berasal dari famili Caesalpiniaceae akan mempercantik kebun apalagi jika Anda menanam beberapa jenis yang berbeda.

Deskripsi Bunga Merak

Nama umumBunga merak, kembang merak, bunga ekor merak
Nama Latin / Nama IlmiahCaesalpinia Pulcherrima
Keluarga/FamilyCaesalpiniaceae
Tipe tanamanTanaman hias
Ukuran tanaman2 - 4 meter
Lebar tanaman0,5 - 1,5 centimeter
CahayaMembutuhkan banyak sinar matahari
AirAir yang dibutuhkan sedang
HamaUlat, siput, dan serangga
ToksisitasAlergi dan kerusakan hati

Jenis-Jenis Bunga Merak

Ada beberapa jenis bunga merak yang perlu Anda ketahui karakteristiknya masing-masing. Berbagai jenis kembang merak ini mempunyai perbedaan mencolok pada warna bunganya. Berikut ini adalah beberaoa jenis dari tanaman kembang merak yang wajib Anda ketahui.

1. Bunga Merak Hijau

Calathea atau bunga merak hijau ini mempunyai ciri khas berupa daunnya yang berukuran oval agak lebar. Bunga calathea merak satu ini mempunyai warna hijau dengan corak putih di area daunnya.

2. Bunga Merak Putih

Kembang merak putih ini mempunyai warna yang sangat cantik dengan bunganya berukuran cukup besar. Bunga Merak putih ini akan tampak sangat cantik apabila ditanam di kebun Anda.

3. Bunga Merak Malang

Bunga Merak malang juga jenis tanaman yang cantik untuk di kebun depan rumah Anda karena warna cukup terang menyala dan tampak indah.

4. Bunga Merak Kencur

Jenis bunga merak yang satu ini mempunyai bentuk unik dan sedikit berbeda dibandingkan varian lainnya. Bunga Merak kencur mempunyai ukuran yang lebih kecil sementara daunnya berbentuk oval berwarna hijau bercorak putih.

Baca Juga Artikel Serupa: Strelitzia: Cara Menanam dan Merawatnya di Kebun Anda

Bagaimana Cara Menanam Bunga Merak?

Kondisi Menumbuhkan Bunga Merak

Anda harus memahami morfologi bunga merak terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memanamanya. Simak ulasan berikut ini mengenai beberapa kondisi yang harus diperhatikan apabila Anda ingin menanam bunga merak.

Kapan harus menanam Bunga Merak?

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah kapan waktu untuk menanam kembang merak tersebut. Sebenarnya tanaman ini cukup mudah untuk tumbuh, sehingga Anda bisa menanam bunga merak kapanpun asalkan sudah menyiapkan lahan dan perlengkapannya.

Berapa Lama Bunga Merak Bisa Tumbuh?

Anda bisa menanam bunga merak mulai dari bijinya dan menunggunya tumbuh menjadi kecambah dalam kurun waktu 3 hingga 4 hari. Hal ini akan Anda dapatkan terutama apabila kelembaban media tanam kembang merak tersebut terjaga konsistensinya.

Persiapan Menanam Bunga Merak

Hal pertama yang harus disiapkan sebelum menanam kembang merak atau bunga bedak adalah menyiapkan media tanamnya terlebih dahulu. Selanjutnya Anda harus menyiapkan bibit nya, yaitu bisa mulai dari yang berbentuk biji.

Anda juga perlu mempersiapkan pupuk yang digunakan untuk membantu menutrisi bibit bunga tersebut. Jangan lupa untuk menyiapkan pot sebagai wadah bibit sementara sampai tanaman ini sudah cukup kuat untuk dipindahkan ke wadah permanen.

Cara Menanam Bunga Merak: Langkah demi Langkah

Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan dalam proses penanaman dan menumbuhkan bunga merak. Berikut ini adalah penjelasan mengenai langkah-langkah dalam menanam dan menumbuhkan kembang merak.

Cara Menanam Bunga Merak dengan gambar
  1. Menyiapkan bibit kembang merak yang masih berupa biji
  2. Siapkan air bersih di dalam baskom dan rendam biji bunga merak selama 8 jam
  3. Siapkan media tanam berupa polybag atau pot, lalu isi dengan tanah berketinggian 1 centimeter saja
  4. Angkat bibit bunga merak dan tanam di media yang sudah disiapkan
  5. Tutup dengan tanah dan siram menggunakan air. Anda hanya perlu menyiram hingga media tanah menjadi lembab
  6. Tutup media tanam, baik polybag atau pot menggunakan kertas hingga bibit kembang merak mulai tumbuh menjadi kecambah
  7. Buka penutup media tanam setelah beberapa hari dan pastikan bahwa bibit sudah tumbuh menjadi kecambah
  8. Letakkan bibit tanaman yang sudah berkecambah di bawah sinar matahari di pagi hari secara rutin
  9. Lakukan penyiraman secara rutin selama 2 kali sehari
  10. Pindahkan bibit dari media tanam ke kebun saat dirasa pertumbuhannya sudah cukup kuat

Cara Merawat Bunga Merak di Taman Anda?

Bunga Merak dan bagian – bagiannya tentu saja harus mendapatkan perawatan yang maksimal dan dilakukan benar. Bagi Anda yang membudidayakan kembang merak di kebun rumah, maka perlu mengetahui bagaimana panduan untuk merawatnya, yaitu sebagai berikut.

1. Kebutuhan Cahaya Matahari

Perawatan pertama yang dibutuhkan oleh bunga merak adalah intensitas cahaya matahari tinggi, terutama apabila masih baru berkecambah. Anda harus memindahkan ppt ke daerah yang terkena cahaya matahari di saat pagi air.

2. Kebutuhan Air

Kebutuhan air kembang merak ini cukup dalam kapasitas yang sedang saja. Pada saat musim kemarau, Anda hanya perlu menyiramnya secara rutin dua kali sehari saja. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban media tanam.

3. Suhu Tanaman yang Sesuai

Bunga Merak tidak terlalu mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Tanaman ini juga mudah menyesuaikan diri dengan suhu yang ada di sekitar lahan tanamnya.

4. Kelembaban

Perawatan kembang merak berikutnya adalah menjaga kelembaban media tanamnya yang bisa dilakukan dengan menyiramnya secara rutin setiap pagi dan sore. Anda hanya perlu memastikan media tanamnya lembab dan tidak terlalu basah.

5. Tanah

Media tanam dari bunga merak adalah berupa tanah yang tidak terlalu padat agar memudahkan pertumbuhan bijinya. Di samping itu, Anda tidak perlu menanamnya terlalu dalam di dalam tanah.

6. Mulsa

Perawatan berikutnya yang Anda dibutuhkan adalah mulsa sebagai pelindung pot atau polybag saat baru selesai proses tanam. Mulsa yang dibutuhkan adalah berbahan kertas untuk menutup polybag atau pot hingga bibit kembang merak ini berkecambah.

7. Perawatan Saat Musim Dingin

Pada saat musim dingin sebenarnya memudahkan Anda untuk melakukan perawatan bunga merak karena tidak perlu menyiramnya dua kali sehari. Anda hanya perlu menyiramnya sedikit saat dirasa kelembabannya berkurang.

8. Pemangkasan (Batang)

Bunga Merak tidak memerlukan pemangkasan batang yang berarti karena bisa tumbuh dengan cukup tapi. Anda bisa memangkas batang tanaman ini apabila tidak menginginkan pertumbuhan yang terlalu lebar.

9. Pemangkasan Bunga

Anda juga bisa memangkas bunga dari kembang merak apabila ingin merangkainya atau menjadikannya sebagai hiasan. Hal ini akan semakin menarik apabila Anda mempunyai beberapa varian warna kembang merak.

10. Pupuk

Pemupukan bunga merak dapat dilakukan dengan jangka minimal satu kali dalam satu bulan. Anda bisa menggunakan pupuk kandang atau dari bahan kimia yang dijual khusus untuk tanaman hias.

11. Makanan

Kebutuhan makanan tanaman hias yang satu ini cukup dengan penyiraman secara rutin, intensitas cahaya matahari, dan pemupukan berkala. Kembang merak akan bertumbuh lebih cepat apabila kebutuhan makanan tersebut dapat Anda penuhi dengan baik.

12. Perkembangbiakan

Tanaman hias yang satu ini bisa Anda kembangbiakkan melalui biji. Anda bisa menanam biji tersebut di pot atau polybag hingga menjadi kecambah. Selanjutnya Anda bisa memindahkannya ke media tanah secara langsung di kebun saat tanaman ini sudah mulai besar.

13. Hama dan Penyakit

Pengganggu utama dari tanaman bunga merak ini tentu saja adalah ulat dan serangga. Hama tersebut akan mengganggu proses pertumbuhan tanaman ini karena bisa merusak daun yang baru muncul.

Manfaat Bunga Merak

Manfaat Bunga Merak

Merawat bunga merak di kebun atau pekarangan rumah Anda akan memberikan banyak manfaat yang tentunya akan dinikmati. Berikut ini adalah daftar mengenai apa saja manfaat yang akan didapatkan apabila Anda merawat bunga merak di kebun.

  • Mengobati hepatitis
  • Mengatasi bau mulut
  • Mengobati sariawan
  • Mengatasi sakit diare
  • Meredakan demam

Apakah Bunga Merak Beracun?

Mengkonsumsi bunga merak bagi manusia sebenarnya juga menimbulkan efek samping apabila Anda tidak cocok. Salah satu dampak dari mengkonsumsi tanaman ini adalah menimbulkan alergi di kulit yang menyebabkan gatal-gatal hingga bengkak.

Kesimpulan

Bunga Merak adalah tanaman hias dengan kembang yang warna-warni dan menyimpan banyak manfaat. Anda bisa menanam kembang merak ini di kebun rumah dan menjadikannya sebagai bahan obat alami.

Baca Juga Artikel Serupa:

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar