Home » Jenis-Jenis Rumput Liar dan Gambarnya Detail

Jenis-Jenis Rumput Liar dan Gambarnya Detail

Pernahkah Anda melihat tanaman liar tumbuh dan tidak enak dipandang mata. Beberapa di antaranya ternyata memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan, lho. Oleh karena itu, kami akan tunjukkan jenis-jenis rumput liar dan gambarnya.

Tujuan dari artikel ini adalah agar Anda tidak buru-buru membabat habis tanaman yang terlihat seperti macam-macam gulma padahal bisa jadi tanaman tersebut memiliki berbagai khasiat. Simak penjelasan dan perhatikan gambar yang ada di bawah ini.

Jenis-Jenis Rumput Liar

Sebenarnya ada puluhan rumput liar yang tumbuh bebas di Indonesia. Dan hampir semuanya mengandung manfaat yang sangat membantu kelangsungan hidup manusia, terutama dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Berikut adalah jenis-jenis rumput liar dan gambarnya.

1. Putri Malu

Anda tentu pernah tanaman yang satu ini, bukan? Selain bunganya yang mudah dikenali, daunnya yang akan mengatup ketika disentuh adalah ciri khas rumput liar yang satu ini.

Tumbuhan liar yang memiliki nama Mimosa pudica ini sangat mudah ditemukan di tanah terbuka. Banyak orang mengabaikannya bahkan membabat habis tanaman ini karena tidak tahu khasiatnya.

Berdasarkan penelitian, Putri Malu bisa merupakan obat alami untuk batuk dan pilek serta masalah pernapasan dan insomnia. Batangnya juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut dan membersihkan gigi serta memperbaiki saluran kemih.

Maka jika lain kali Anda melihat tanaman liar ini ada di halaman rumah Anda, jangan buru-buru dibabat habis, ya.

2. Anting-anting

Anting-anting adalah salah satu jenis gulma atau yang dianggap gulma karena membuat tanah telrihat berantakan. Anda biasa menjumpai Acalypha australis linn ini di taman yang tanahnya cukup lembab.

Bentuknya cukup mudah dibedakan dari tanaman liar lainnya, karena daunnya bulat dan bunganya menjuntai seperti mutiara kecil berwarna hijau.

Di masa lampau, Anting-anting sangat manjur untuk menyembuhkan luka berdarah, meluruhkan kencing, mengatasi radang, meredakan gatal-gatal, dan menghentikan diare.

Penelitian juga menyarankan untuk mengkonsumsi Anting-anting sebagai vitamin karena kandungan antioksidannya. Masih mau membabat habis tanaman ini begitu saja?

3. Wheatgrass

Di Indonesia sendiri, Wheatgrass masuk ke dalam kategori tanaman hias. Namun negara barat menganggap tanaman ini sebagai rumput liar.

Wheatgrass ternyata disukai oleh banyak penggemar makanan kesehatan. Selain kandungan vitamin dan antioksidan yang tinggi, Wheatgrass juga mengandung karbohidrat yang rendah.

4. Daun Kentut

Daun Kentut atau yang memiliki nama latin Paederia foetida ini seringkali merambat di tanah bahkan pagar. Sebagai bagian dari jenis-jenis rumput liar dan gambarnya, tanaman ini mengeluarkan aroma yang tidak enak ketika diremas.

Namun tanaman dengan aroma yang aneh ini memiliki berbagai khasiat. Salah satunya adalah untuk mengobati perut kembung, herpes, disentri, sakit lambung, dan gangguan usus. Bahkan ada juga yang menggunakannya untuk obat cacing dan anti kanker.

5. Bayam Duri

Amaranthus spinosus ini adalah daun berduri untuk obat eksim, wasir, gusi berdarah, dan lain sebagainya. Namun jenis bayam yang ini memang tidak sering dikonsumsi karena teksturnya yang keras.

Beberapa orang juga mengkonsumsi daun yang satu ini untuk memperlancar asi dan mengatasi masalah darah kotor. Luka bakar konon juga bisa diredakan dengan tanaman yang satu ini.

6. Meniran

Bicara soal rumput liar, Meniran adalah salah satu yang tumbuh dengan bebas di halaman Anda. Karena karakternya yang tumbuh bebas di tanah terbuka, Meniran sering dianggap sebagai gulma yang mengganggu.

Rumput liar yang bernama Phyllanthus urinaria ini memiliki kemampuan yang oke untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan luka bakar, dan untuk diet. Banyak masyarakat tradisional yang menggunakannya untuk mengatasi diare juga.

Sebagai bagian dari jenis-jenis rumput liar dan gambarnya, Meniran ini perlu moderasi apabila dikonsumsi. Konsumsi berlebih dapat berakibat impotensi pada pria.

7. Ilalang

Ilalang adalah rumput liar yang paling umum Anda temui di tanah kosong yang sangat lapang. Nama latin dari tanaman liar yang satu ini adalah Imperata cylindrica.

Karakternya yang tahan terhadap cuaca dan berbagai karakter lingkungan membuat tanaman ini seperti rumput liar yang tidak bisa dibasmi.

Padahal, ilalang ini bisa mengatasi panas dalam, demam, bahkan mengatasi ginjal yang bermasalah.

8. Rumput Teki

Cyperus rotundus adalah nama latin rumput teki. Tanaman ini lebih banyak tumbuh di tanah yang kering. Rumput ini sering dianggap sebagai gulma sehingga keberadaannya langsung dibabat habis begitu saja.

Namun sebenarnya Rumput Teki ini adalah salah satu bahan untuk bioetanol dan menjadi etanol apabila difermentasi menggunakan bakteri tertentu. Jenis-jenis rumput liar dan gambarnya akan terasa kurang jika tidak menyertakan tanaman yang satu ini.

9. Rumput Grinting

Pernah dengar tentang Rumput Grinting? Rumput ini mudah ditemukan tumbuh di alam terbuka yang kering, terutama di mana musim kemarau terjadi cukup panjang. Hewan ternak tidak menyukai Rumput Grinting.

Namun manfaat rumput liar yang satu ini ternyata cukup besar. Rumput Grinting mampu menahan erosi terutama di tanah yang miring. Tanaman liar ini memiliki akar serabut yang cukup kuat dan padat.

10. Rumput Gajah

Pennisetum purpureum atau Rumput Gajah adalah tanaman liar lain yang harus disebutkan di jenis-jenis rumput liar dan gambarnya.

Meskipun tergolong liar, sapi mau makan rumput yang satu ini. Beberapa pengrajin menggunakan batang rumput liar ini sebagai pembuatan serat. Berdasarkan penelitian, Rumput Gajah menyukai tanah yang basah.

11. Crabgrass

Crabgrass mendapatkan namanya karena bentuknya yang seperti kepiting ketika tumbuh subur di tanah. Tanaman liar ini menyukai tanah yang kering dan keras, apalagi ketika musim kemarau panjang sedang berlangsung.

Meskipun begitu, rumput yang bernama Digitaria ini akan dengan mudah tumbuh setiap waktu namun akan mengering di musim tanam.

12. Pisang Buckorn

Meskipun namanya pisang, tanaman ini bukan seperti pisang yang Anda bayangkan. Daunnya berbentuk sempit dan akan mudah tumbuh di halaman yang memiliki rumput. Masyarakat banyak yang memakannya ketika daunnya masih muda dan lunak.

13. Ranting Domba

Jenis rumput liar berikutnya adalah ranting domba. Tanaman ini memiliki batang yang besar dan tebal serta tumbuh tegak lurus. Rumput ini memiliki bunga berwarna putih yang apabila ditiup akan berguguran.

14. Bindweed

Bindweed atau yang bernama Convolvulus ini memiliki bunga yang cantik. Warnanya kadang biru, ungu, dan juga putih. Batangnya tebal dan memiliki serabut halus. Daunnya pun unik, berbentuk hati. Tapi tetap saja, ini tanaman liar.

15. Pegagan

Pegagan memiliki nama lain Centella asiatica. Tanaman ini banyak tumbuh di tanah terbuka dan sering dijadikan lalapan oleh banyak orang.

Namun karena manfaatnya banyak, banyak juga yang memakannya langsung. Tanaman ini bagus untuk meningkatkan daya ingat dan memperbaiki sirkulasi darah. Beberapa orang menjadikan tanaman ini jamu untuk berbagai keperluan kesehatan.

16. Tempuyung

Tanaman liar selanjutnya adalah Tempuyung. Tanaman yang satu ini sangat mudah ditemukan di sekitar rumah.

Nama bunga liar yang satu ini adalah Sonchus arvensis menawarkan berbagai manfaat kesehatan yang luar biasa. Selain melancarkan peredaran darah, tanaman ini juga meluruhkan kencing batu. Selain untuk jamu, tanaman ini juga bisa langsung dimakan sebagai lalap.

17. Benalu The

Benalu Teh disebut sebagai benalu karena memang hidup menumpang di tanaman lain. Tanaman ini mampu tumbuh di mana-mana karena disebarkan oleh burung. Meskipun terlihat liar, nyatanya tanaman ini memiliki banyak khasiat.

Di dunia pengobatan herbal, tanaman ini dapat mengobati sinusitis dan mengatasi masalah saraf dan memperbaiki kualitas otak dalam berpikir. Tanaman ini juga berkhasiat dalam menurunkan kadar gula darah, kolesterol, dan lain sebagainya.

Apabila Anda menemukan tanaman ini tumbuh di pohon di taman Anda, mungkin sebaiknya jangan langsung dibuang, ya. Jenis-jenis rumput liar dan gambarnya yang kami sajikan semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Akhir Kata

Anda telah mencapai akhir dari artikel ini. Semoga setelah membaca jenis-jenis rumput dan nama latinnya di atas ada informasi yang bisa Anda dapatkan, ya.

Demikian penjelasan dan penjabaran tentang jenis-jenis rumput liar dan gambarnya. Apakah Anda pernah melihat salah satunya di rumah Anda? Pastikan tidak langsung membabat habis tanaman tersebut, karena khasiatnya tidak main-main.

cornelia monel
Tentang Penulis

Cornelia Monel – penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Tinggalkan komentar