Ketahui! Nama Nama Bunga Dan Artinya

Duniatumbuhan.comBunga menjadi salah satu tumbuhan yang sering digunakan untuk mengungkapkan perasaan, baik perasaan bahagia, sedih dan ucapan selamat. Karena setiap nama nama bunga memiliki maknanya sendiri.

Setiap bentuk, warna, ukuran menggambarkan maka yang tersembunyi di dalamnya, sehingga tidak heran bunga menjadi barang yang sering kali hadir dalam beragam acara, Berikut informasi tentang nama nama bunga beserta artinya, dari bunga yang paling sering ditemukan di Indonesia.

Nama Nama Bunga Beserta Makna Maknanya

1. Bunga Mawar

Bunga Mawar

Bunga Mawar menjadi bunga yang paling sering digunakan untuk berbagai acara, karena ia memiliki beberapa jenis yang semuanya memiliki makna yang berbeda.

  • Bunga Mawar Mewah – Memiliki makna cinta yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan perasaan kepada pasangan.
  • Mawar Dark Crimson – Memiliki warna merah anggap sebagai ungkapan rasa duka.
  • Mawar Merah Karang – memiliki makna kesederhanaan, persahabatan serta simpati.
  • Mawar Warna Merah Muda – Memiliki makna kebahagiaan.
  • Mawar Warna Putih – Memiliki makna keindahan, kemurnian, atau ungkapan perasaan lebih dalam ketimbang ‘aku cinta kamu’.
  • Mawar Warna Oren – Menggambarkan semangat yang membara.
  • Mawar Warna Kuning – Melambangkan kecemburuan hingga perselingkuhan.
  • Mawar Warna Lavender – Memiliki makna cinta pada pandangan pertama (Love at the first sight)

2. Bunga Tulip

Bunga Tulip

Bunga Tulip secara fisik memiliki kelopak seperti kuncup, memiliki banyak warna dan menjadi bunga paling populer di Belanda, setiap warna dari bunga tulip juga memiliki makna masing-masing, diantaranya:

  • Bunga Tulip Merah – Melambangkan cinta sejati yang sempurna.
  • Bunga Tulip Kuning – Melambangkan hasrat yang menggebu-gebu.
  • Bunga Tulip Putih – Melambangkan Permohonan maaf setulus-tulusnya.
  • Bunga Tulip Ungu – Melambangkan kekayaan/ harta.

3. Bunga Melati

Bunga Melati

Bunga Melati memiliki warna putih kekuningan lengkap dengan aroma harum yang dipancarkan, dan sering kali digunakan dalam acara pernikahan di Indonesia.

Hal ini karena bunga Melati memiliki makna yang mendalam, seperti kemurnian, kesucian, keanggunan ketulusan bahkan makna cinta yang manis dan suci.

4. Bunga Krisan

Bunga Krisan

Bunga Krisan memiliki warna yang beragam, juga makna yang beragam tergantung dimana ia berada. Di Eropa bunga Krisan biasanya digunakan untuk melambangkan rasa simpati.

Sedangkan di Asia melambangkan kelahiran kembali yang biasanya diberikan kepada hari ulang tahun atau baby shower dan di Amerika melambangkan rasa hormat yang biasa digunakan untuk melambangkan sebuah penghargaan.

Beberapa orang juga mengartikan jika bunga Krisan secara umum memiliki makna cinta, harapan umur panjang yang biasanya digunakan untuk mewakili kebahagiaan.

5. Bunga Matahari

Bunga Matahari

Bunga Matahari dengan warna cerah serta ukurannya yang besar biasanya digunakan untuk melambangkan keceriaan, kehangatan, kekaguman dan harapan untuk mendapatkan umur panjang.

Tidak hanya itu saja, bunga Matahari juga bisa dikaitkan sebagai lambang pikiran positif seseorang dengan warnanya yang cerah menunjukkan rasa cinta dan persahabatan.

Sehingga bunga Matahari ini bisa digunakan untuk merayakan hal-hal yang bahagia, seperti ulang tahun sahabat, ulang tahun jadian/ anniversary dan sejenisnya.

Baca Juga :  Bunga Merak: Cara Menanam dan Merawat (Manfaat Tanaman)

Pada zaman dahulu, beberapa masyarakat adat mempercayai bunga Matahari memiliki makna spiritual yang tinggi, bahkan mereka menggunakan bunga Matahari sebagai lambang pemujaan.

6. Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss

Bunga Edelweiss, bunga kecil yang sering ditemukan di daerah pegunungan yang tetap tumbuh dan berkembang meskipun kondisinya tidak memungkinkan.

Hal ini membuat bunga Edelweiss memiliki makna keberanian, keabadian dan pengabdian selaras dengan bagaimana kondisi bunga ini tumbuh dan berkembang.

7. Bunga Anggrek

Bunga Anggrek

Bunga Anggrek memiliki belasan hingga puluhan ribu spesies yang tersebar di seluruh dunia, bunga ini memiliki kesan mahal sehingga biasanya diberikan kepada orang-orang tertentu. Seperti orang yang disegani atau orang yang dihormati.

Beberapa orang memberikan makna yang berbeda sesuai dengan warna dari bunga Anggrek, diantaranya:

  • Warna Merah Muda – Memiliki makna kasih sayang yang tulus
  • Warna Kuning – Memiliki makna kekuasaan
  • Warna Putih – Memiliki makna keindahan, kemurnian, kebaikan dan sejenisnya
  • Warna Merah – Memiliki makna semangat penuh energi juga melambangkan kekuatan cinta.
  • Warna Ungu Lavender – Memiliki makna keanggunan
  • Warna Ungu – Memberikan makna ketidakpastian
  • Warna Biru – Memberikan makna kekuatan, stabilitas yang bermakna begitu dalam

8. Bunga Bugenvil

Bunga Bugenvil

Bunga Bugenvil memiliki ciri fisik tumbuh bergerombol dengan warna kelopak cerah memberikan kesan ceria. Sehingga Bunga Bugenvil ini cocok untuk melambangkan nuansa bahagia penuh keceriaan.

Perawatan bunga ini juga terbilang gampang, asalkan ditempatkan di area cukup sinar matahari dan disiram secara rutin, bunga ini akan tumbuh subur.

9. Bunga Baby’s Breath

Bunga Baby’s Breath

Bunga Baby’s Breath, memiliki bentuk kecil yang tumbuh bergerombol dalam satu tangkai besar, biasanya dan pada umumnya memiliki warna kelopak putih dan merah muda.

Makna dari Bunga Baby’s Breath sendiri adalah kesucian dan kemurnian yang melambangkan cinta sejati yang tak akan berakhir. Bentuknya yang kecil membuat kesan sederhana dan simpel namun tetap elegan.

10. Bunga Anyelir

Bunga Anyelir

Bunga Anyelir memiliki nama lain berupa Carnation yang berasal dari bahasa Inggris dan biasanya diberikan kepada orang yang terkasih, setiap warna bunga Anyelir memiliki maknanya masing-masing, diantaranya:

  • Bunga Anyelir Warna Putih – Memiliki makna manis, kemurnian, cinta yang suci dan sebuah lambang keberuntungan bagi perempuan.
  • Bunga Anyelir Merah Muda – Memiliki makna yang melambangkan kata “Aku tidak akan melupakannya” juga sebagai lambang dari keabadian perasaan.
  • Bunga Anyelir Merah – Memiliki makna kasihan, sakit hati dan hal lain yang berkaitan dengan kemalangan hati.
  • Bunga Anyelir Kuning – Memiliki makna kekecewaan, penolakan bahkan penghinaan.
  • Bunga Anyelir Belang – Memiliki makna penolakan.

11. Bunga Peony

Bunga Peony

Bunga Peony sekilas mata memiliki rupa yang hampir sama dengan bunga mawar, namun bunga ini 100 persen berbeda dengan bunga mawar, bahkan dari batang hingga asal bunga yang berasal dari tanaman rempah.

Kecantikan dari bunga Peony ini melambangkan kekayaan dan kehormatan juga keromantisan yang juga sering digunakan untuk lambang kesejahteraan dan keberuntungan.

12. Bunga Sepatu

Bunga Sepatu

Bunga Sepatu yang juga memiliki nama Hibiscus yang melambangkan sebagai keindahan dan lembut namun juga kuat.

Dengan tanaman yang mudah ditanam, bunga ini sering dijumpai di beberapa pekarangan rumah karena tidak terlalu membutuhkan perawatan khusus.

13. Bunga Dahlia

Bunga Dahlia

Bunga Dahlia membawa arti martabat dan kemewahan yang diharapkan mampu membawa kehidupan seorang dalam tingkatan martabat yang baru.

Maknanya yang mendalam, bunga Dahlia sering diberikan untuk hadiah seorang yang mendapatkan pekerjaan baru atau mereka yang merayakan kelulusan.

14. Bunga Lily

Bunga Lily

Bunga Lily merupakan salah satu dari ratusan spesies bunga Lily yang sudah dikenal sejak zaman Yunani kuno dan sering menjadi latar belakang cerita sejarah.

Baca Juga :  Bunga Mawar: Taksonomi, Jenis, Cara Menanam & Manfaatnya

Bunga ini memiliki beberapa jenis varietas dan juga warna, namun secara umum bunga Lily memiliki makna kesetiaan yang sering digunakan untuk melambangkan pertemanan dan persahabatan tulus.

15. Bunga Gerbera

Bunga Gerbera

Nama Bunga Gerbera mungkin saja asing di kalangan orang awal bunga. Namun, siapa sangka bunga cantik ini sering dijual belikan di Indonesia sama seperti bunga mawar dan bunga-bunga umum lainnya, yang mungkin kita tahu namun tidak tahu maknanya.

Bunga cantik ini memiliki makna cinta yang akan terikat selamanya dan direkomendasikan untuk diberikan kepada pasangan kalian yang telah mendampingi dalam waktu lama. Bunga ini juga melambangkan kesetiaan, dan sebagai lambang wujud janji akan selalu bersama pasangan tanpa penghianatan.

16. Bunga Aster

Bunga Aster

Bunga Aster atau yang juga dikenal dengan nama bunga Daisy memiliki banyak varietas, namun yang paling umum digunakan adalah bunga Aster putih, karena memiliki warna yang cantik dan simpel.

Bunga Aster putih ini memiliki makna kesetiaan, kemurnian, kecantikan, kesederhanaan dan lambar dari rasa sabar yang begitu pas dengan kecantikan dari bunga Aster.

17. Bunga Lavender

Bunga Lavender

Bunga Lavender memiliki warna ungu yang terdiri dari sekumpulan bunga kecil yang menggerombol dalam satu tangkai dengan harumnya yang khas membuat bunga Lavender semakin menarik.

Warna kelopaknya yang ungu memiliki makna yang menyimbolkan sesuai yang hebat, royalti yang berkaitan dengan keanggunan dalam berbicara, halus dan kemewahan.

Beberapa orang juga memberikan arti bunga Lavender sebagai lambang pengabdian, kemurnian, keanggunan serta ketenangan.

18. Bunga Kamelia

Bunga Kamelia

Bunga Kamelia sudah populer sejak zaman Victoria, yang menganggap bunga Kamelia sebagai tanda Takdir ada di tangan Anda. Bunga Kamelia memiliki banyak varietas dan setiap warnanya memiliki warna yang berbeda.

  • Bunga Kamelia Putih – Memiliki makna seorang yang kalian sukai.
  • Bungan Kamelia Merah Muda – Sebagai tanda jika seorang yang kamu berikan adalah sosok yang paling kalian rindukan.
  • Bunga Kamelia Merah – Memiliki makna kesetiaan dan cocok untuk pasangan yang sudah bersama.

19. Bunga Akasia

Bunga Akasia

Kecantikan bunga Akasia dengan warna kuning cerah, sering dilambangkan makna cinta yang begitu mendalam, atau cinta dalam diam yang telah lama tersembunyi.

Tidak hanya cantik, bunga ini juga memiliki harum yang menggoda juga mengandung manfaat, dimana kayu dari pohon akasia sering digunakan untuk bahan furnitur, mangkuk dan peralatan rumah tangga lainnya.

20. Bunga Chamomile

Bunga Chamomile

Bunga Chamomile secara fisik memiliki warna putih di bagian kelopak dan kuning di bagian tengah. Eksistensi bunga Chamomile sudah ada sejak dulu, bahkan sering dimanfaatkan sebagai teh bunga yang membawa kedamaian.

Seperti makna dari bunga ini yang melambangkan energi dalam satu kesatuan yang berkaitan dengan nuansa renang dan damai.

21. Bunga Morning Glory

Bunga Morning Glory

Bunga Morning Glory secara fisik memiliki warna biru dengan bentuk seperti trompet, bunga Morning Glory memiliki makna sepasang kekasih yang hanya bertemu sehari dalam setahun seperti yang disampaikan dalam cerita rakyat China zaman dahulu.

Tidak hanya itu saja, bunga ini juga ada pada batu nisan Victoria sebagai tanda cinta tidak berakhir, dengan pesan kegigihan, kelembutan dan berpegang teguh untuk mencapai tujuan.

22. Bunga Hydrangea

Bunga Hydrangea

Bunga Hydrangea secara fisik memiliki ukuran yang besar dan tergolong dalam tanaman semak yang bahkan memiliki tinggi sampai 1 – 3 Meter.

Memiliki warga yang beragam, mulai dari warna ungu, biru terang, kuning, merah muda, putih. Warna dari bunga ini tergantung tingkat keasaman dimana ia butuh.

Baca Juga :  Cara Menanam Bunga Lotus Seroja Dan Khasiatnya Bagi Kesehatan

Jika disimbolkan bunga Hydrangea memiliki makna terima kasih, rasa syukur dan hal-hal yang berkaitan dengan makna tersebut.

23. Bunga Forget Me Not

Bunga Forget Me Not

Bunga cantik bergerombol dengan ukuran kecil berwarna biru ini memiliki lambang cinta sejati, seperti namanya yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia disebut “Jangan lupakan aku”.

Bunga ini bisa menjadi rekomendasi bunga untuk pasangan, selain cantik bunga ini juga aesthetic yang cocok digunakan untuk berfoto.

24. Bunga Asoka

Bunga Asoka

Bunga Asoka memiliki bentuk kecil yang bergerombol menjadi dalam satu tangkai sehingga menjadi bulatan besar dengan warna yang beragam.

Nama Asoka sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang memiliki makna tanpa kesedihan, dengan keindahan warnanya bunga ini diharapkan mampu menjadi pelipur lara.

Selain itu, bunga ini juga kerap digunakan untuk kepentingan medis yang sudah terjadi sejak zaman dahulu.

25. Bunga Bakung

Bunga Bakung

Bunga Bakung yang juga dikenal dengan Daffodil, yang secara fisik memiliki warna kuning cerah. Yang melambangkan kesan awal kehidupan baru, rasa hormat dan kesatria yang tangguh.

Dengan maknanya ini, bunga Bakung sering diberikan kepada mereka yang sedang mengawali kehidupan baru atau ingin melepas kenangan lama demi masa depan dengan cerita baru.

26. Bunga Freesia

Bunga Freesia

Bunga Freesia memiliki lambang kepercayaan dan persahabatan dengan aroma jeruk yang membuat bunga ini semakin menawan.

Lambang ini selaras dengan nama Friedrich Freese, nama sahabat dari penemu bunga Freesia Christian P Ecklon, seorang ahli botani.

27. Bunga Marigold

Bunga Marigold

Bunga Marigold memiliki warna yang cukup cerah, dengan bentuk lingkaran dan bunga yang menggerombol. bunga ini terlihat cantik dan unik.

Marigold sering digunakan untuk lambang semangat dan kreativitas. Selain itu, bunga ini juga sering dimanfaatkan dalam bidang medis.

Untuk varietas bunga Marigold calendula digunakan untuk antibakteri, antiseptik dan anti-inflamasi, bahkan sebagai lotion dan salep.

Sedangkan varietas Tagetes kebalikannya, varietas bunga Marigold Tagetes beracun dan sebaiknya hindari.

28. Bunga Magnolia

Bunga Magnolia

Bunga Magnolia, memiliki warna merah muda kalem yang melambangkan martabat dan kebangsawanan. Nama ini diberikan oleh seorang ahli botani Prancis Pierre Magnol pada abad ke 17.

29. Bunga Kamboja

Bunga Kamboja

Di Indonesia, khususnya di Bali bunga Kamboja menjadi bunga yang cukup sakral. Bunga ini selalu hadir dalam setia upacara keagamaan yang menunjukkan lambang kesucian hati saat memuja Sang Hyang Widhi Wasa, Para guru spiritual dan para leluhur.

Bunga ini juga dipercaya memiliki kekuatan pembawa keberuntungan, bahkan filosofi Feng Shui menyatakan jika bunga Kamboja bisa mendatangkan rezeki bagi pemilik rumah.

30. Bunga Alamanda

Bunga Alamanda

Warnanya yang kuning cerah seperti trompet dengan aromanya yang harum, bunga Alamanda memiliki makna kebahagiaan, khususnya simbol dari perasaan berbahagia bagi seorang yang bernostalgia.

Beberapa juga mengatakan jika Bunga Alamanda melambangkan suatu hal yang suci dan harus dijaga.

31. Bunga Sakura

Bunga Sakura

Bunga nasional Jepang ini memiliki warna yang cantik, merah muda dan putih yang selalu tumbuh di musim semi.

Pertumbuhan bunga Sakura di setiap musim semi ini memberikan arti, bunga Sakura bermakna janji yang ditepati. Seperti kehadirannya yang selalu ada di setiap musim semi.

Bunga ini juga bisa tumbung di daerah Indonesia, khususnya daerah pegunungan yang memiliki suhu berkisar pada 5 – 12 derajat celsius.

Dari deretan makna bunga yang di atas mana yang paling mewakili perasaan kalian, dan mana yang paling cocok untuk diberikan kepada orang tersayang?

Pastikan untuk memilih bunga yang memiliki makna yang tepat, agar mereka tidak salah paham dengan perasaan yang ingin kita sampaikan. Sekian nama nama bunga dan artinya, semoga bermanfaat.

Bagikan Artikel :
About Ibnoe

Ibnoe penulis DuniaTumbuhan.com, adalah seorang tukang kebun berusia 40 tahun, memulai perjalanan saya di dunia tanaman saat remaja. Melalui pengalaman luas saya dalam berkebun, saya cenderung memberikan konten berkebun dengan kualitas terbaik dan paling mendalam di internet.

Leave a Comment